ads

Advertisement

Desain Banner / Daftar Menu Dawet Ireng Purworejo cdr

Dawet Ireng adalah es cendol yang berasal dari daerah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Kata ireng dari bahasa Jawa berarti hitam. Butiran dawet berwarna hitam, karena diperoleh dari abu bakar jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.
Dawet ini memiliki keunikan yaitu penyajian dawet yang jumlah dawetnya jauh lebih banyak dibanding kuahnya (santan ditambah air gula). Hal unik lainya, santan biasa diperas langsung dari bungkusan serabut kelapa. (wikipedia)
Berkembangnya es dawet selain populer dengan Es Dawet Ayu Banjarnegara nya, kini es dawet pun di kreasikan menjadi lebih menarik dan unik. seperti Es Dawet Ireng Khas Purworejo yang resepnya akan kami bagikan kali ini. Es Dawet Ireng atau yang dalam arti bahasa Indonesia nya Es Dawet Hitam merupakan minuman segar dingin yang khas dari Purworejo. maka jangan heran lagi bila anda melintasi jalan raya Banyumas-Purworejo banyak sekali pedangan dawet yang berjejer di pinggiran jalan sawah.

Warna hitam atau ireng yang khas dari dawet ireng purworejo ini bukan dari pewarna makanan, namun menggunakan air abu merang. nah, bagi anda yang tidak tahu abu merang itu apa akan kami jelaskan sedikit agar anda tidak bingung mencarinya. abu merang dibuat dari daun padi kering atau yang sering disebut oman dalam bahasa jawanya, lalu dibakar hingga menjadi abu. kemudian abu itu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam pekat yang alami tanpa bahan pewarna lainnya.

Penggunaan abu merang pada dawet ireng membuat rasa dan aromanya menjadi berbeda dari dawet-dawet biasanya. selain sebagai pewarna hitam alami, penggunaan air abu merang ini juga membuat tekstur dawet menjadi sedikit lebih kenyal dan enak. dengan ini membuat abu merang sering digunakan di aneke jajanan pasar tradisional, karena selain sebagai pewarna hitam alami bisa juga menjadi bahan pengenyal alami. wah, keren ya, ternyata abu yang merupakan limbah selain sebagai pupuk alami disawah bagus juga untuk pewarna makanan dan minuman. (http://resephariini.com)

Paparan di atas merupakan pengertian dan cara singakat mengapa dawet bisa hitam. Namun inti pada posting kali ini tetep berkaitan dengan desain. Kami akan mencontohkan satu desain brosur / daftar menu / daftar harga daripada dawet ireng, semoga menjadi inspirasi bagi anda yang mau membuat brosur seperti.

Contoh desain Brosur Dawet Ireng cdr gratis

untuk file cdrnya silakan download melalui link di bawah ini
 klik tautan ini

0 Response to "Desain Banner / Daftar Menu Dawet Ireng Purworejo cdr"

Posting Komentar

Kumpulan Jasa Desain Grafis Terbaik