Breaking News

Apa perbedaan inovasi, teknologi dan modernisasi ? jelaskan !

Apa perbedaan inovasi, teknologi dan modernisasi ? jelaskan !​

Mapel IPS, Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perbedaan inovasi, teknologi, dan modernisasi yaitu :

Dilihat dari pengertiannya inovasi adalah sebuah bentuk dari perwujudan suatu hal yang baru atau membuat pembaharuan terhadap suatu hal yang telah ada sebelumnya. Sedangkan untuk teknologi adalah sarana atau alat yang terbentuk dari pengetahuan yang mana dapat memberikan kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan manusia. Lalu untuk modernisasi adalah suatu proses dari perubahan sosial dan selalu ada serta sangat diperlukan di setiap negara sebagai bentuk perubahan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern, atau dapat juga dikatakan proses dari perubahan hidup manusia dari yang sederhana menjadi yang lebih kompleks.

Pembahasan

Pada zaman sekarang ini tentunya sangat tidak lepas dari adanya tiga unsur ini yaitu inovasi, teknologi, dan modernisasi. Dimana akibat manusia selalu melakukan pembaharuan ide terkait ilmu pengetahuan ini dapat menghasilkan sebuah teknologi baru yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan manusia saat ini. Akibatnya lagi banyaknya teknologi dunia saat ini mulai bergeser yang dulunya merupakan tradisional sekarang semua lini kehidupan menjadi modern. Nah apa kalian mengetahui perbedaan terkait inovasi, teknologi, dan modernisasi, berikut adalah penjelasannya.

Inovasi merupakan sebuah bentuk dari kreativitas yang tidak hanya menciptakan sebuah ide yang baru saja namun dapat diimplementasikan atau diterapkan dan dikomersialkan yang kemudian akan memiliki suatu dampak yang cukup besar. Contoh bentuk inovasi diantaranya seperti adanya penciptaan lampu, ide adanya lampu membantu untuk menyelesaikan permasalahan terkait sumber pencahayaan pada saat malam hari, dimana pada saat itu merupakan bentuk pembaharuan dari lilin atau lainnya yang dirasa penerangannya masih kurang maksimal.

Teknologi adalah sebuah bentuk sarana untuk memudahkan kehidupan manusia. Sampai saat ini teknologi terus berkembang dan tentunya sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari karena hampir setiap hari kita menggunakannya karena memiliki pengaruh yang sangat penting. Contoh teknologi yang sering kita gunakan saat ini adalah handphone, komputer, internet, televisi, dan masih banyak lagi.

Modernisasi berasal dari kata “modo” yang berarti cara dan “ernus” yang berarti masa kini atau dalam artian menyangkut waktu. Saat ini sedang terjadi bentuk modernisasi dalam lingkungan masyarakat, dalam lingkungan masyarakat sudah mulai berkembang yang dulunya dalam hidupnya masih bersifat sederhana sekarang menjadi modern. Contoh bentuk modernisasi adalah pada zaman dahulu untuk menanam padi masih menggunakan tenaga kita namun sekarang tinggal menggunakan alat kita sudah dapat menanaminya.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang inovasi dapat disimak pada link
  • Materi tentang teknologi dapat disimak pada link
  • Materi tentang modernisasi dapat disimak pada link

Detail jawaban

Kelas : XII

Mapel : Sosiologi

Bab : Globalisasi

Kode : 12.20.2

#AyoBelajar

#SPJ2

Pertanyaan Baru di IPS


Kebudayaan yg terkenal di zaman Neo lithikum​

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

Kebudayaan Kapak Persegi dan Kebudayaan Kapak Lonjong

Penjelasan:

Semoga Membantu :)

Jangan lupa follow

Jawaban:

Hasil kebudayaan yang terkenal pada Zaman Neolitikum secara garis besar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu.

1.Kebudayaan Kapak Persegi. Nama kapak

persegi pertama kali disebutkan oleh von Heine Geldern.

2.Kebudayaan Kapak Lonjong. Nama kapak lonjong berasal dari bentuk penampang alat ini yang berbentuk lonjong.

Penjelasan:

semoga membantu

jangan lupa follow

jangan lupa jadikan jawaban yang tercerdas ya


A. 2 dan 3

B. 4 dan 5

C. 1 dan 5

D. 3 dan 6​

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban:

jawabanya c. 1 dan 5

Penjelasan:

Kerja sama melalui kawasan perdagangan bebas, ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang bertujuan membangun produsen dari sektor produksi di tingkat lokal untuk mendapatkan fasilitas yang bersifat khusus

Jawaban:

C. 1 dan 5

AFTA adalah bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang EKONOMI dan PERDAGANGAN agar tercipta situasi perdagangan yanh stabil.

ASEAN adalah perhimpunan atau perkumpulang negara² yang ada di kawasan Asia Tenggara


Minimal 3 aspek yang harus diobservasi oleh pak Andre dalam tugas kelompok tersebut

IPS, Sekolah Menengah Atas

Pertanyaan kurang lengkap karena tidak ada artikelnya mungkin artikel yang dimaksud seperti gambar diatas dengan menyebutkan minimal 3 aspek yang harus diobservasi oleh pak Andre dalam tugas kelompok tersebut adalah aspek kerjasama , Aspek Kualitas hasil karya , Aspek Kecocokan gambar dengan tema kliping.

PEMBAHASAN

Observasi adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Tujuan observasi adalah mendapatkan informasi yang bersifat objektif, nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada contoh soal tersebut 3 aspek yang harus diamati Pak Andre antara lain:

  • Kerjasama karena tugas tersebut merupakan tugas kelompok.
  • Hasil karya dari kliping seperti kerapian dan keindahan.
  • Kecocokan gambar dengan tema karena tugas tersebut adalah tugas kliping berati gambar yang dipilih harus sesuai dengan tema yang di tentukan

Kliping adalah kegiatan menggunting dan menempel bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti koran untuk dijadikan bahan dokumentasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang observasi

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

3 aspek observasi yang dilakukan oleh pak Andre:

  • Menentukan tujuan observasi yaitu target atau harapan yang akan dicapai dalam observasi.
  • Menentukan kegiatan observasi agar observasi lebih terarah dan mengetahui dari bentuk kegiatan observasi.
  • Menentukan tempat observasi.

Pembahasan

Observasi adalah proses pengumpulan data dalam sebuah penelitian. Sementara itu, pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara. Observasi adalah alat yang sangat penting dalam penelitian, dan sering digunakan bersama dengan teknik lain seperti observasi partisipan, desain penelitian eksperimental, dan wawancara.

Menurut Johnson (1975), setiap orang dapat melakukan pengamatan, dari yang paling sederhana hingga tingkat pengamatan yang paling kompleks. Metode observasi yang digunakan dalam setiap kegiatan penelitian berbeda-beda, tergantung pada setting, kebutuhan dan tujuan penelitian.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang observasi

#BelajarBersamaBRainly #SPJ1


Perhatikan gambar! Kelapa sawit termasuk sumber daya alam yang

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban: alam

Penjelasan:tumbuhan industri sebagai bahan baku penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar. Kelapa sawit ini memiliki peranan yang penting dalam industri minyak yaitu dapat menggantikan kelapa sebagai sumber bahan bakunya

Mff kalau salah yya

Jawaban:

kelapa sawit termasuk sumber daya alam yang dapat di perbaharui


Q. 1.Kepanjangan PLN
2.Kepanjangan PLTA
3.Kepanjangan PLTB
4.Kepanjangan PLTG
5.Kepanjangan PLTU​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Penjelasan:

Pertanyaan :

1.Kepanjangan PLN

2.Kepanjangan PLTA

3.Kepanjangan PLTB

4.Kepanjangan PLTG

5.Kepanjangan PLTU

Penyelesaian :

1. PLN

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara.

2. PLTA

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang biasanya disingkat PLTA adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan air dengan mengubahnya dari energi potensial dan energi kinetik air.

3. PLTB

  • Bayu atau angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang terdapat di daerah dengan potensi hembusan angin yang besar.
  • Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) mengonversikan energi bayu menjadi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin sebagai generator.

4. PLTG

  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) atau Gas Power Plant
  • PLTG merupakan jenis pembangkit yang menggunakan “udara panas” untuk memutar turbin. Udara panas ini dihasilkan melalui pemanasan udara dengan menggunakan gas di dalam ruang bakar. Udara panas kemudian dialirkan ke turbin.

5. PLTU

  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.
  • Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang seporos dengan turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering.