Breaking News

cara blur foto di coreldraw

Cara blur foto di CorelDRAW mudah dilakukan dengan menggunakan tool Gaussian Blur. Ikuti langkah-langkahnya hanya di sini!

Cara blur foto di CorelDRAW sangat berguna bagi para desainer grafis yang ingin memberi efek kabur pada gambar. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat gambar terlihat lebih dramatis dan fokus pada objek tertentu. Namun, sebelum memulai proses blur, pastikan Anda sudah memahami teknik-teknik dasar penggunaan CorelDRAW.

Pertama-tama, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka program CorelDRAW dan memilih gambar yang akan di-blur. Setelah itu, pilihlah objek yang ingin diberikan efek blur dengan menggunakan tool pick atau select. Selanjutnya, klik pada menu effect dan pilihlah artistic. Di sana Anda akan menemukan opsi untuk blur.

Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan level blur yang diinginkan dengan menggeser slider. Pastikan untuk mengecek tampilan preview pada layar agar dapat melihat hasil yang dihasilkan. Jika sudah sesuai dengan keinginan, klik ok dan simpan gambar dalam format yang diinginkan.

Menggunakan fitur blur pada CorelDRAW memang sangat mudah dan praktis. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan efek blur juga harus sesuai dengan tujuan gambar yang dibuat. Jangan sampai efek blur malah merusak tampilan gambar. Semoga tips ini bermanfaat bagi para desainer grafis Indonesia!

Pengenalan

CorelDRAW merupakan salah satu software yang sering digunakan dalam dunia desain grafis. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam CorelDRAW adalah blur. Blur sendiri memiliki fungsi untuk mengaburkan bagian tertentu pada gambar. Dalam artikel ini, akan dibahas cara blur foto di CorelDRAW.

Tahapan Pertama

Tahapan pertama dalam cara blur foto di CorelDRAW adalah dengan membuka gambar yang ingin di-blur. Setelah itu, pilih objek atau bagian gambar yang ingin di-blur.

Tahapan Kedua

Setelah memilih objek atau bagian gambar yang ingin di-blur, langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke menu Effect > Blur.

Tahapan Ketiga

Pada tahapan ketiga, akan muncul beberapa pilihan jenis blur. Pilihlah jenis blur yang diinginkan. Beberapa jenis blur yang tersedia antara lain Gaussian Blur, Motion Blur, dan Radial Blur.

Baca Juga  cara masukan foto di canva

Tahapan Keempat

Setelah memilih jenis blur, tentukan nilai blur yang diinginkan. Nilai blur dapat diatur dengan menggeser slider yang ada pada menu Blur.

Tahapan Kelima

Untuk memperhalus hasil blur, bisa dilakukan dengan mengklik tombol More Options. Selanjutnya, atur nilai Smoothness dan Feather.

Tahapan Keenam

Jika ingin menghilangkan blur pada bagian tertentu, bisa dilakukan dengan menggunakan mask. Caranya adalah dengan membuat mask pada area yang ingin dihilangkan blur, lalu pilih menu Effect > Blur > Gaussian Blur.

Tahapan Ketujuh

Pada menu Gaussian Blur, ubah nilai blur menjadi 0. Setelah itu, masuk ke menu Object > Clipping Mask > Set.

Tahapan Kedelapan

Setelah membuat mask, hasil blur bisa disimpan dalam bentuk file gambar dengan cara memilih menu File > Export.

Kesimpulan

Cara blur foto di CorelDRAW cukup mudah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dengan adanya fitur blur, dapat memperindah tampilan gambar dan menekankan fokus pada objek yang diinginkan.

Cara Blur Foto di CorelDRAW: Langkah demi Langkah

Langkah Pertama: Buka CorelDRAW

Sebelum memulai proses blur pada foto dengan menggunakan CorelDRAW, pastikan program tersebut sudah terpasang di komputer Anda. Setelah itu, buka aplikasi CorelDRAW dan siapkan foto yang akan diberi efek blur.

Langkah Kedua: Buka Foto yang Ingin di-Blur

Setelah berhasil membuka CorelDRAW, langkah selanjutnya adalah membuka foto yang ingin di-blur. Caranya cukup mudah, klik File > Open dan cari foto yang ingin diolah. Pastikan foto yang dipilih dalam format yang didukung oleh CorelDRAW seperti JPEG, PNG, atau TIFF.

Langkah Ketiga: Pilih Tool Rectangular Marquee

Setelah memilih foto yang ingin diolah, langkah selanjutnya adalah memilih tool rectangular marquee pada toolbar. Tool ini berguna untuk membuat seleksi pada area yang ingin di-blur. Temukan tool rectangular marquee pada toolbar di sebelah kiri layar dan klik untuk memilihnya.

Langkah Keempat: Buat Seleksi pada Area yang Ingin di-Blur

Setelah memilih tool rectangular marquee, buat seleksi pada area yang ingin di-blur. Caranya cukup mudah, klik dan tarik pointer mouse pada area yang ingin di-blur. Pastikan seleksi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Kelima: Pilih Menu Effects dan Cari Gaussian Blur

Setelah berhasil membuat seleksi pada area yang ingin di-blur, langkah selanjutnya adalah memilih menu effects dan mencari Gaussian blur. Temukan menu effects pada toolbar di sebelah kiri layar dan klik untuk membukanya. Setelah itu, cari Gaussian blur pada daftar efek yang tersedia.

Baca Juga  cara buat canvas fb

Langkah Keenam: Atur Level Blur Sesuai yang Diinginkan

Setelah berhasil menemukan Gaussian blur pada menu effects, langkah selanjutnya adalah mengatur level blur sesuai dengan kebutuhan. Caranya cukup mudah, pilih level blur yang diinginkan pada menu Gaussian blur. Pastikan level blur yang dipilih tidak terlalu tinggi atau rendah sehingga menghasilkan efek blur yang terlalu berlebihan atau kurang jelas.

Langkah Ketujuh: Klik OK untuk Menyimpan Perubahan

Setelah berhasil mengatur level blur yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menyimpan perubahan dengan mengklik OK. Pastikan tidak ada kesalahan pada setiap pengaturan yang telah dilakukan sebelum mengklik OK.

Langkah Kedelapan: Pastikan untuk Melakukan Preview Sebelum Menyimpan

Sebelum menyimpan foto yang telah diberi efek blur, pastikan untuk melakukan preview terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, klik preview pada menu yang tersedia dan lihat hasil blur yang telah dibuat. Jika hasilnya sudah sesuai dengan keinginan, maka lanjutkan proses penyimpanan.

Langkah Kesembilan: Menjaga Proporsi Foto sehingga Tidak Terdistorsi

Sebelum menyimpan foto yang telah diberi efek blur, pastikan untuk menjaga proporsi foto sehingga tidak terdistorsi. Caranya cukup mudah, pilih menu resize pada toolbar dan atur dimensi foto sesuai dengan kebutuhan. Pastikan dimensi foto yang diatur tidak merubah proporsi foto asli.

Langkah Terakhir: Simpan Foto dan Gunakan Sesuai Kebutuhan

Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, langkah terakhir adalah menyimpan foto dan gunakan sesuai kebutuhan. Caranya cukup mudah, klik File > Save As dan pilih format file yang diinginkan. Setelah itu, simpan foto dengan nama yang sesuai dan gunakan sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah memberikan efek blur pada foto menggunakan CorelDRAW. Selamat mencoba!

Berikut adalah cara blur foto di CorelDRAW serta kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya:

  1. Buka aplikasi CorelDRAW dan buka file foto yang ingin di-blur.

  2. Pilih objek atau area pada foto yang ingin di-blur.

  3. Klik pada menu Effect, kemudian pilih Lens.

  4. Pilih opsi Gaussian Blur pada drop-down menu.

  5. Atur tingkat keburaman (blur) yang diinginkan dengan menggeser slider.

  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Kelebihan menggunakan cara blur foto di CorelDRAW adalah:

  • Mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun.
  • Hasil blur yang dihasilkan cukup baik dan profesional.
  • Memiliki banyak opsi untuk mengatur tingkat keburaman (blur) sesuai kebutuhan.

Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam menggunakan cara blur foto di CorelDRAW, di antaranya:

  • Tidak memiliki opsi untuk mempertajam area yang tidak di-blur.
  • Memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan blur pada area yang lebih luas.
  • Dalam beberapa kasus, hasil blur dapat terlihat kurang natural atau terlihat seperti efek filter.
Baca Juga  cara mencari histori canva

Secara keseluruhan, cara blur foto di CorelDRAW dapat menjadi pilihan yang baik untuk menghasilkan foto yang blur dengan hasil yang cukup baik dan profesional. Namun, pengguna harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Dalam dunia desain grafis, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat gambar atau foto menjadi lebih menarik dan berkualitas. Salah satu teknik yang umum digunakan adalah dengan menggunakan efek blur atau kabur pada foto. Efek ini bisa membuat fokus pada objek tertentu dan memberikan kesan dramatis pada gambar. Jika Anda menggunakan software CorelDRAW, cara blur foto di CorelDRAW cukup mudah dilakukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka foto yang ingin di-blur pada CorelDRAW. Setelah itu, pilih objek atau area yang ingin di-blur menggunakan tool Pick. Kemudian, pilih menu Effects > Gaussian Blur. Akan muncul jendela dialog Gaussian Blur, di mana Anda dapat mengatur tingkat blur yang diinginkan. Setelah selesai, klik OK dan efek blur akan langsung terlihat pada foto yang dipilih.

Dalam menggunakan efek blur, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua foto cocok dengan efek ini. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti kualitas foto, jenis objek yang ingin di-highlight, dan tema keseluruhan dari desain grafis yang dibuat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba-coba dengan variasi tingkat blur dan objek yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Demikianlah cara blur foto di CorelDRAW yang dapat Anda coba sendiri di rumah atau tempat kerja Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar desain grafis atau ingin memperbaiki kualitas gambar yang Anda miliki. Jangan lupa untuk terus mengembangkan kreativitas dan kemampuan Anda dalam bidang desain grafis sehingga dapat menciptakan karya-karya yang lebih unik dan menarik di masa depan.

Video cara blur foto di coreldraw

Visit Video

Banyak orang yang ingin tahu cara blur foto di CorelDRAW. Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

1. Apa itu blur?

  • Blur adalah efek visual yang mengaburkan gambar sehingga terlihat lebih samar atau tidak jelas.

2. Apa kegunaan blur dalam desain grafis?

  • Blur dapat digunakan untuk memberikan fokus pada objek tertentu dalam gambar atau untuk membuat latar belakang gambar menjadi lebih samar dan tidak mengganggu.

3. Bagaimana cara blur foto di CorelDRAW?

  • Pilih objek gambar yang ingin diblur.
  • Klik pada menu Effects dan pilih Blur.
  • Pilih jenis blur yang diinginkan, misalnya Gaussian Blur.
  • Setelah itu, atur tingkat blur dengan menggeser slider sesuai dengan keinginan.
  • Terakhir, klik OK untuk menerapkan efek blur pada gambar.

4. Apakah ada alternatif cara untuk membaurkan gambar?

  • Iya, selain menggunakan efek blur, Anda juga bisa mencoba menggunakan efek Blend.
  • Pilih dua objek gambar yang ingin digabungkan.
  • Klik pada menu Effects dan pilih Blend.
  • Pilih jenis blend yang diinginkan, misalnya Transparency.
  • Setelah itu, atur tingkat transparansi dengan menggeser slider sesuai dengan keinginan.
  • Terakhir, klik OK untuk menerapkan efek blend pada gambar.

Demikianlah cara blur foto di CorelDRAW dan alternatif cara membaurkan gambar. Semoga bermanfaat!