Breaking News

cara export coreldraw hanya bagian canvas

cara export coreldraw hanya bagian canvas

Cara ekspor CorelDRAW hanya bagian canvas dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkahnya dan hasilkan file eksport yang sempurna.

Bagi para desainer grafis atau pelaku bisnis dalam industri kreatif, kemampuan untuk mengekspor bagian tertentu dari desain adalah suatu hal yang sangat penting. Namun, terkadang memilih bagian mana yang harus diekspor pada program seperti CorelDRAW bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Namun, jangan khawatir! Ada cara untuk mengekspor hanya bagian canvas yang diinginkan dalam program CorelDRAW. Pertama-tama, pastikan Anda telah memilih area kerja yang ingin Anda ekspor dengan menggunakan alat Selection atau Pick tool. Setelah itu, gunakan perintah Export Selection yang dapat ditemukan pada menu File. Setelah Anda mengklik perintah tersebut, pilih format file yang diinginkan dan klik tombol Export. Voila! Bagian tertentu dari desain Anda siap untuk diekspor dan digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan saat mengekspor hanya bagian tertentu dari desain Anda di CorelDRAW. Yuk, coba praktikkan langkah-langkah di atas dan lihat hasilnya sendiri!

Cara Export Hanya Bagian Canvas di CorelDRAW

CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis terkenal yang sering digunakan oleh para desainer. Salah satu fitur penting dari CorelDRAW adalah kemampuannya untuk melakukan export file dengan berbagai format.

Memilih Bagian Canvas

Saat kita ingin melakukan export hanya bagian tertentu dari gambar, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bagian canvas yang akan diekspor. Caranya dengan menggunakan tool Selection atau Pick Tool dan menandai area yang ingin diekspor.

Menggunakan Crop Tool

Jika ingin menghapus bagian yang tidak ingin diekspor, bisa menggunakan Crop Tool. Pilih Crop Tool dan gunakan untuk memotong area yang tidak ingin diekspor.

Membuat Outline

Untuk memperjelas area yang akan diekspor, bisa membuat outline pada bagian yang dipilih. Gunakan Outline Tool dan atur ketebalan garis sesuai keinginan.

Mengatur Ukuran Gambar

Sebelum melakukan export, pastikan ukuran gambar sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengatur ukuran gambar, bisa menggunakan menu Resize dari Properties Bar.

Pilih Format Export

Selanjutnya, pilih format export yang diinginkan. CorelDRAW menyediakan banyak pilihan format seperti JPG, PNG, PDF, dan lain-lain.

Export Hanya Bagian Canvas

Setelah semua pengaturan selesai, tinggal melakukan export hanya pada bagian canvas yang sudah dipilih sebelumnya. Pilih menu File > Export atau tekan Ctrl + E untuk membuka jendela Export.

Memilih Area Export

Pada jendela Export, pastikan memilih bagian Selection pada bagian Export Range. Dengan begitu, akan diekspor hanya bagian canvas yang telah dipilih sebelumnya.

Menentukan Nama dan Lokasi File

Terakhir, tentukan nama dan lokasi file yang akan diekspor. Pastikan juga format file sudah sesuai dengan pilihan sebelumnya.

Selesai

Sekarang, export hanya bagian canvas di CorelDRAW sudah berhasil dilakukan. Dengan fitur ini, kita bisa menghemat waktu dan menghasilkan file yang lebih efisien.

Cara Export CorelDRAW Hanya Bagian Canvas

Jakarta, 15 Agustus 2021 – Salah satu keunggulan CorelDRAW adalah kemampuannya untuk membuat desain yang kompleks dan menarik secara mudah. Setelah Anda selesai dengan desain, Anda dapat mengexport hanya sebagian dari gambar Anda tanpa harus menyertakan seluruh elemen yang terdapat pada lembar kerja.

Langkah-Langkah Cara Export CorelDRAW Hanya Bagian Canvas

Berikut ini adalah cara export CorelDRAW hanya bagian canvas dengan mudah:

  1. Blok gambar yang ingin diexport
  2. Pertama, blok gambar yang ingin Anda export. Pastikan elemen-elemen lain di luar gambar yang ingin di export tidak terblokir.

  3. Aktifkan fitur ‘Selection’
  4. Setelah itu, aktifkan fitur ‘Selection’ yang terdapat pada ‘Tool Property’.

  5. Pilih tool ‘Shape’
  6. Gunakan tool ‘Shape’ pada menu sebelah kiri untuk membuat jendela ‘Shape’.

  7. Buat box sesuai kebutuhan
  8. Dalam jendela ‘Shape’, buat box untuk menandai area yang ingin diexport.

  9. Ubah setting
  10. Setelah Anda membuat box, ubah setting pada ‘Selection’ menjadi ‘Object’.

  11. Klik tombol ‘Export’
  12. Setelah menentukan area yang ingin diexport, klik tombol ‘Export’ pada menu utama.

  13. Pilih format file
  14. Pilih format file yang ingin digunakan untuk export pada jendela ‘Export’.

  15. Pilih option ‘Selection’
  16. Pilih option ‘Selection’ pada jendela ‘Export’ untuk export hanya area yang telah Anda pilih.

  17. Klik ‘Export’
  18. Setelah memilih format dan option pada jendela ‘Export’, klik ‘Export’ untuk menyelesaikan proses.

  19. Cek hasil export
  20. Cek hasil export pada folder penyimpanan yang telah Anda tentukan. File yang dihasilkan hanya akan berisi area yang diexport, tanpa elemen-elemen lain yang tidak Anda inginkan.

Demikianlah cara export CorelDRAW hanya bagian canvas. Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat mengexport hanya elemen yang ingin Anda tunjukkan tanpa harus menyertakan elemen-elemen lain yang mungkin akan mengacaukan tampilan desain Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara export CorelDRAW hanya bagian canvas serta pro dan kontra dari penggunaannya.

Cara Export CorelDRAW Hanya Bagian Canvas

  1. Buka dokumen CorelDRAW yang ingin diekspor.
  2. Pilih bagian canvas yang ingin diekspor dengan menggunakan alat seleksi.
  3. Klik File > Ekspor atau tekan Ctrl + E pada keyboard Anda.
  4. Pilih jenis file yang ingin diekspor, misalnya JPEG atau PNG.
  5. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file tersebut.
  6. Pilih opsi Area yang terpilih atau Hanya bagian dari gambar pada jendela Ekspor.
  7. Klik Ekspor untuk menyelesaikan proses.

Pro dan Kontra dari Cara Export CorelDRAW Hanya Bagian Canvas

Pro:

  • Memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan usaha karena Anda tidak perlu mengekspor seluruh dokumen jika hanya ada bagian tertentu yang ingin Anda gunakan.
  • Memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih efisien karena Anda dapat fokus pada bagian tertentu dari dokumen Anda.
  • Dapat membantu menghemat ruang penyimpanan karena hanya bagian yang diperlukan saja yang diekspor.

Kontra:

  • Jika Anda hanya mengekspor bagian tertentu dari dokumen, Anda mungkin kehilangan konteks dan tidak dapat melihat gambar secara keseluruhan.
  • Mungkin sulit untuk mengetahui bagian mana yang akan diekspor jika dokumen Anda kompleks atau memiliki banyak layer.
  • Jika Anda perlu melakukan perubahan pada bagian lain dari dokumen, Anda harus membuka dokumen asli dan mengekspornya lagi.

Demikianlah ulasan tentang cara export CorelDRAW hanya bagian canvas serta pro dan kontra dari penggunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam bekerja dengan CorelDRAW.

Bagi pengguna CorelDRAW, seringkali kita dihadapkan pada kebutuhan untuk mengekspor hanya bagian dari canvas tanpa judul. Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama-tama, pilih objek yang ingin diekspor dengan menggunakan fitur pick tool. Setelah itu, klik kanan pada objek tersebut dan pilih copy. Kemudian, buat dokumen baru dengan ukuran yang sama seperti dokumen asli dan pastikan tidak terdapat objek atau gambar apapun di dalamnya. Selanjutnya, klik kanan pada kanvas dan pilih paste. Objek yang tadi telah dicopy akan muncul di dokumen baru ini.

Setelah itu, atur tampilan agar hanya menampilkan objek yang ingin diekspor dengan menggunakan fitur zoom. Pastikan untuk mengecek apakah objek tersebut berada di tengah kanvas dan tidak terpotong oleh batas kanvas. Setelah dirasa sudah tepat, klik File > Export. Pilih format file yang diinginkan dan jangan lupa untuk memberikan nama pada file tersebut. Kemudian, klik export dan voila! Objek yang hanya ingin diekspor sudah berhasil dipisahkan dari dokumen utama.

Demikianlah cara sederhana untuk mengekspor hanya bagian dari canvas tanpa judul di CorelDRAW. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog kami untuk mendapatkan tips dan trik menarik seputar desain grafis dan teknologi digital lainnya.

Video cara export coreldraw hanya bagian canvas

Visit Video

Sebagai seorang desainer grafis, Anda mungkin pernah mengalami masalah saat ingin mengekspor file CorelDRAW hanya bagian canvas saja. Hal ini sering terjadi karena beberapa alasan seperti ingin mengirimkan hanya bagian tertentu dari desain kepada klien atau ingin membagikan hanya bagian spesifik dari desain kepada rekan kerja.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang mengenai cara mengekspor CorelDRAW hanya bagian canvas:

  1. Bagaimana cara mengekspor hanya bagian tertentu dari desain di CorelDRAW?

    Untuk mengekspor hanya bagian tertentu dari desain di CorelDRAW, Anda dapat menggunakan fitur Crop Tool. Pertama, pilih Crop Tool dari toolbox dan gunakan untuk menandai area yang ingin diekspor. Setelah itu, pilih File > Export untuk mengekspor bagian yang telah ditandai.

  2. Bisakah saya mengekspor hanya bagian canvas saja di CorelDRAW?

    Ya, Anda dapat mengekspor hanya bagian canvas saja di CorelDRAW. Pertama, pastikan untuk memilih opsi Selected Only di jendela Export. Kemudian, pilih area yang ingin diekspor dengan menggunakan Crop Tool dan tekan tombol Export.

  3. Apakah saya bisa mengekspor hanya bagian spesifik dari desain di CorelDRAW?

    Tentu saja! Anda dapat mengekspor hanya bagian spesifik dari desain di CorelDRAW dengan menggunakan Crop Tool. Pilih area yang ingin diekspor dan tekan tombol Export. Pastikan untuk memilih opsi Selected Only di jendela Export untuk memastikan bahwa hanya bagian yang dipilih yang akan diekspor.

Dengan menggunakan Crop Tool dan opsi Selected Only, Anda dapat dengan mudah mengekspor hanya bagian tertentu dari desain di CorelDRAW. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengekspor CorelDRAW hanya bagian canvas saja.