Breaking News

cara memakai background sendiri di canva

cara memakai background sendiri di canva

Cara memakai background sendiri di Canva adalah dengan mengunggah gambar latar belakang ke dalam aplikasi dan menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan. #Canva #desaingrafis

Cara memakai background sendiri di Canva menjadi salah satu cara untuk membuat desain yang lebih personal dan unik. Dengan menggunakan background sendiri, kamu bisa menampilkan karakter atau merek yang ingin kamu tonjolkan dalam desainmu. Namun, sebelum itu kamu harus tahu bagaimana caranya.

Pertama-tama, kamu perlu login ke akun Canva kamu dan mulai membuat desain. Kemudian, klik tab background di sebelah kiri layar dan pilih opsi upload. Di sana, kamu bisa memilih file background yang ingin kamu gunakan dari komputer atau laptopmu.

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan ukuran dan posisi background sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga bisa menambahkan efek atau tekstur pada background agar desainmu lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat desain yang lebih personal dan unik sesuai dengan karakter atau merek yang ingin kamu tonjolkan. Jangan ragu untuk mencoba dengan berbagai macam background dan eksplorasi kreativitasmu!

Cara Memakai Background Sendiri di Canva

Canva adalah platform desain grafis yang populer digunakan oleh para desainer, pelaku bisnis, dan pemilik merk untuk membuat berbagai konten visual seperti poster, undangan, brosur, hingga desain media sosial. Dalam menggunakan Canva, salah satu elemen penting dalam sebuah desain adalah background atau latar belakang. Terkadang, menggunakan background bawaan dari Canva tidak cukup memenuhi kebutuhan desain kita sehingga kita perlu menggunakan background sendiri. Berikut adalah cara memakai background sendiri di Canva.

1. Persiapkan gambar background

Langkah pertama dalam menggunakan background sendiri di Canva adalah menyiapkan gambar atau foto yang akan digunakan sebagai background. Pastikan gambar tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi dan sesuai dengan ukuran desain yang akan dibuat. Selain itu, pastikan juga gambar tersebut memiliki hak cipta yang sah untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari.

2. Buka Canva dan buat desain baru

Setelah gambar background siap, buka Canva dan buat desain baru dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika ingin membuat desain poster dengan ukuran A4, pilih opsi ‘Poster’ dan pilih ukuran ‘A4’.

Baca Juga  cara membuat logo mudah di coreldraw x7

3. Tambahkan elemen ‘Background’

Pada tampilan desain Canva, tambahkan elemen ‘Background’ dengan cara klik menu ‘Elements’ pada sisi kiri dan pilih ‘Background’. Kemudian, pilih opsi ‘Uploads’ untuk mengunggah gambar background yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Unggah gambar background

Pada tampilan ‘Uploads’, klik tombol ‘Upload an image or video’ dan pilih gambar background yang sudah dipersiapkan. Setelah itu, gambar background akan muncul di dalam Canva dan siap untuk digunakan sebagai latar belakang desain.

5. Atur posisi dan skala gambar background

Sesuaikan posisi dan skala gambar background dengan cara klik gambar tersebut dan geser atau ubah ukuran sesuai kebutuhan. Jika ingin mengganti warna background, klik gambar tersebut dan pilih opsi ‘Filter’ pada sisi kiri kemudian atur warna sesuai keinginan.

6. Tambahkan elemen lainnya

Setelah gambar background sudah diatur, tambahkan elemen lainnya seperti teks, ikon, atau gambar lainnya untuk melengkapi desain. Canva menyediakan berbagai macam elemen yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan desain.

7. Simpan dan unduh desain

Setelah desain selesai dibuat, simpan dan unduh desain dengan cara klik menu ‘File’ pada sisi kiri dan pilih opsi ‘Unduh’. Pilih format file yang diinginkan dan desain siap untuk digunakan.

8. Bagikan desain

Jika ingin membagikan desain ke sosial media atau mengirimkan ke orang lain, Canva menyediakan fitur untuk membagikan desain secara langsung. Klik tombol ‘Share’ pada sisi kanan atas tampilan desain dan pilih opsi ‘Link’ atau ‘Social Media’ untuk membagikan desain.

9. Gunakan template Canva

Jika tidak ingin repot membuat desain dari awal, Canva menyediakan berbagai macam template yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih template yang sesuai dengan tema dan ukuran desain yang diinginkan dan customise sesuai dengan keinginan.

10. Pelajari lebih lanjut tentang Canva

Canva memiliki banyak fitur dan tools yang bisa digunakan untuk membuat desain yang menarik dan profesional. Pelajari lebih lanjut tentang Canva dengan mengikuti tutorial atau kursus online yang tersedia secara gratis di internet.

Cara Memakai Background Sendiri di Canva

Bagi para pengguna Canva, memasukkan background sendiri ke dalam desain yang dibuat dapat menjadi cara untuk memberikan sentuhan personal pada karya. Berikut adalah langkah-langkah cara memakai background sendiri di Canva:

1. Mengakses fitur Background

Pertama-tama, untuk memakai background sendiri di Canva, pengguna harus mengakses fitur Background yang tersedia pada platform tersebut. Fitur ini dapat ditemukan di bagian toolbar Canva.

2. Pilih jenis background

Setelah berhasil mengakses fitur Background, pengguna kemudian diharuskan memilih jenis background yang diinginkan. Misalnya, apakah ingin memakai background abstrak, floral, atau plain. Langkah ini dapat membantu pengguna mempertimbangkan tema desain yang sedang dibuat.

Baca Juga  apa perbedaan motion graphic dan animasi

3. Klik tombol Uploads

Untuk memakai background sendiri, pengguna harus mengklik tombol Uploads pada bagian bawah tampilan Canva. Tombol ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah file background dari perangkat mereka.

4. Pilih file background

Setelah mengklik tombol Uploads, pengguna kemudian diharuskan memilih file background yang ingin dimasukkan ke dalam Canva. Pastikan bahwa file sudah sesuai dengan format dan ukuran yang diinginkan.

5. Drag file ke dalam Canva

Setelah berhasil memilih file background, maka pengguna dapat men-drag file tersebut ke dalam Canva. Pastikan bahwa posisi dan ukuran background sudah sesuai dengan desain yang sedang dibuat.

6. Cek kualitas file

Sebelum menggunakan background sendiri, pastikan bahwa kualitas file sudah baik dan tidak pecah-pecah. Hal ini akan mempengaruhi kualitas gambar akhir pada desain yang dibuat. Jika perlu, pengguna dapat melakukan perbaikan pada foto sebelum mengunggahnya ke Canva.

7. Atur ukuran dan posisi

Setelah berhasil memasukkan file background ke dalam Canva, pengguna dapat mengatur ukuran dan posisi background sesuai dengan keinginan. Pengguna juga dapat memutar atau membalikkan gambar untuk menciptakan efek yang diinginkan.

8. Edit background

Pengguna dapat mengedit background yang sudah dimasukkan dengan menambahkan atau menghapus elemen di atasnya, seperti teks atau gambar. Canva menyediakan berbagai macam elemen yang dapat digunakan untuk memperindah desain.

9. Simpan desain

Setelah selesai mengedit background dan menambahkan elemen lainnya, pastikan untuk menyimpan desain agar dapat digunakan kembali di kemudian hari. Canva menyediakan fitur penyimpanan online yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan desain mereka secara otomatis.

10. Publish desain

Terakhir, setelah benar-benar puas dengan hasil desain, pengguna dapat mempublish desain tersebut agar dapat digunakan dan dibagikan ke orang lain. Canva menyediakan berbagai macam opsi untuk mempublish desain, seperti mengunduhnya dalam format gambar atau PDF, atau membagikannya langsung di media sosial.

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer di kalangan jurnalis. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Canva adalah kemampuan untuk memakai background sendiri pada desain Anda. Namun, apakah benar-benar efektif untuk digunakan? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Pro Cara Memakai Background Sendiri di Canva

  1. Memberikan keunikan pada desain Anda. Dengan menggunakan background sendiri, Anda dapat membuat desain yang lebih personal dan unik.
  2. Memperlihatkan branding. Jika Anda seorang jurnalis yang memiliki brand sendiri, maka memakai background sendiri dapat membantu memperkenalkan brand Anda kepada publik.
  3. Dapat disesuaikan dengan tema. Dengan menggunakan background yang relevan dengan tema artikel, Anda dapat menambahkan nilai estetis pada desain Anda.

Cons Cara Memakai Background Sendiri di Canva

  • Kualitas gambar yang buruk. Jika Anda menggunakan gambar yang kualitasnya kurang bagus, maka desain Anda akan terlihat buram dan tidak profesional.
  • Kesalahan dalam memilih warna. Warna yang dipilih untuk background dapat mempengaruhi kesan yang diberikan pada pembaca. Jika warna yang dipilih tidak sesuai dengan tema dan konten, maka desain akan terlihat tidak serasi.
  • Tidak cocok untuk semua jenis artikel. Beberapa jenis artikel mungkin lebih cocok dengan desain yang simpel dan tidak terlalu banyak unsur, sehingga penggunaan background sendiri justru dapat mengganggu fokus pembaca.
Baca Juga  cara memasang iklan fb canvas ad 2018

Kesimpulannya, cara memakai background sendiri di Canva memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik apakah cocok untuk desain Anda atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para jurnalis yang ingin memperbaiki desain grafis mereka.

Bagi para blogger dan desainer grafis, Canva adalah sebuah platform yang sangat berguna dalam memudahkan mereka membuat berbagai macam karya seperti poster, spanduk, brosur, dan lain-lain. Namun, bagaimana jika Anda ingin menggunakan background sendiri di Canva? Tenang saja, karena pada artikel ini kami akan memberikan panduan cara memakai background sendiri di Canva.

Pertama-tama, pastikan bahwa file background yang ingin Anda gunakan sudah tersimpan di komputer atau perangkat Anda. Setelah itu, buka Canva dan pilih jenis desain yang ingin Anda buat. Pada halaman desain, klik menu Uploads di sebelah kiri layar. Kemudian, klik tombol Upload an image or video dan pilih file background yang ingin Anda gunakan dari komputer atau perangkat Anda.

Setelah file background berhasil diunggah, Anda dapat menambahkannya ke dalam desain dengan cara mengklik gambar tersebut dan menariknya ke posisi yang diinginkan. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran dan penempatan gambar dengan menggesernya atau menggunakan fitur zoom di Canva. Dengan memakai background sendiri, Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi pada desain Anda dan membuatnya lebih menarik.

Demikianlah panduan cara memakai background sendiri di Canva. Dengan menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan background sendiri pada desain Anda di Canva. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa untuk mengunjungi blog kami lagi untuk mendapatkan informasi dan tips menarik seputar desain grafis.

Video cara memakai background sendiri di canva

Visit Video

Banyak orang yang bertanya cara memakai background sendiri di Canva untuk membuat desain yang lebih personal dan unik. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. 1. Bagaimana cara mengupload gambar latar belakang ke Canva?
  2. Untuk mengupload gambar latar belakang ke Canva, ikuti langkah-langkah berikut:

    • – Buka Canva dan masuk ke akun Anda
    • – Klik tombol Create a design dan pilih jenis desain yang ingin Anda buat
    • – Klik tab Uploads di panel sisi kiri layar
    • – Klik tombol Upload an image or video dan pilih gambar latar belakang yang ingin Anda gunakan
    • – Setelah gambar berhasil diupload, seret dan taruh gambar tersebut ke area kerja Canva
  3. 2. Bagaimana cara mengatur ukuran gambar latar belakang di Canva?
  4. Untuk mengatur ukuran gambar latar belakang di Canva, ikuti langkah-langkah berikut:

    • – Klik gambar latar belakang yang ingin Anda atur ukurannya
    • – Klik dan tahan salah satu ujung gambar untuk memperbesar atau memperkecil ukuran
    • – Atau, masukkan ukuran yang diinginkan di menu Size di bagian atas layar Canva
  5. 3. Bagaimana cara mengubah warna atau efek gambar latar belakang di Canva?
  6. Untuk mengubah warna atau efek gambar latar belakang di Canva, ikuti langkah-langkah berikut:

    • – Klik gambar latar belakang yang ingin Anda ubah warna atau efeknya
    • – Klik tombol Filter di menu Image di bagian atas layar Canva
    • – Pilih warna atau efek yang diinginkan dari menu filter yang tersedia

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat desain yang lebih personal dan unik dengan menggunakan gambar latar belakang sendiri di Canva.