Breaking News

cara membuat logo windows di coreldraw

Cara membuat logo Windows di CorelDRAW:

Buat layout persegi panjang putih, gambar bendera Windows, tambahkan teks Windows. Simpel! #CorelDRAW #LogoWindows

Bagi seorang desainer grafis, membuat logo merupakan salah satu tugas yang harus dikuasai. Salah satu logo yang paling ikonik dan dikenal di dunia adalah logo Windows. Logo ini terlihat sederhana, namun memiliki makna yang mendalam. Bagi Anda yang ingin belajar cara membuat logo Windows di CorelDRAW, berikut adalah panduan yang dapat diikuti.

Pertama-tama, pastikan Anda telah mengunduh font bernama Segoe UI. Font ini digunakan dalam logo Windows dan dapat dengan mudah ditemukan di internet. Selanjutnya, buatlah lingkaran dengan menggunakan tool Ellipse. Setelah itu, tambahkan pola persegi di dalam lingkaran dengan menggunakan tool Rectangle. Jangan lupa untuk memastikan ukuran persegi sesuai dengan lingkaran yang telah dibuat.

Setelah itu, buatlah sebuah trapesium dengan menggunakan tool Polygon. Trapesium ini akan menjadi elemen penting dalam logo Windows. Pastikan bahwa trapesium yang dibuat memiliki sudut-sudut yang tepat dan simetris. Selanjutnya, tambahkan tulisan Windows di bagian bawah logo dengan menggunakan font Segoe UI yang telah diunduh tadi.

Terakhir, atur warna dan tata letak dari logo Windows yang telah dibuat. Pastikan bahwa semua elemen saling berpadu dan menciptakan kesan yang harmonis. Dengan mengikuti panduan di atas, maka Anda dapat membuat logo Windows sendiri di CorelDRAW dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah Membuat Logo Windows di CorelDRAW

Jika Anda ingin membuat logo windows yang keren dan menarik, Anda bisa menggunakan software CorelDRAW. Software ini sangat populer dan mudah digunakan untuk membuat berbagai macam desain grafis termasuk membuat logo windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Dokumen Baru

Langkah pertama adalah membuat dokumen baru dengan cara klik File > New atau tekan Ctrl + N pada keyboard. Pilih ukuran dokumen sesuai keinginan Anda.

2. Buat Lingkaran Dasar

Setelah dokumen baru terbuka, buat lingkaran dasar dengan cara klik ellipse tool pada toolbox dan buat lingkaran di tengah-tengah dokumen. Atur ukuran lingkaran agar pas dengan ukuran dokumen.

3. Buat Garis Tepi Lingkaran

Selanjutnya, buat garis tepi lingkaran dengan cara klik outline tool pada toolbox dan atur ketebalan garis sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa memilih warna garis tepi sesuai selera.

4. Buat Bagian Dalam Lingkaran

Untuk membuat bagian dalam lingkaran, buatlah oval dengan menggunakan ellipse tool dan buat oval tersebut di dalam lingkaran dasar. Setelah itu, klik shape tool pada toolbox dan atur bentuk oval agar sesuai dengan lingkaran dasar.

5. Buat Garis Di Bagian Dalam Lingkaran

Setelah oval selesai dibuat, buat garis di bagian dalam lingkaran dengan cara klik outline tool pada toolbox dan atur ketebalan garis sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa memilih warna garis sesuai selera.

6. Buat Logo Windows

Untuk membuat logo windows, buatlah empat persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool pada toolbox. Atur ukuran dan posisi masing-masing persegi panjang agar membentuk logo windows.

7. Buat Garis Tepi Persegi Panjang

Setelah empat persegi panjang selesai dibuat, buat garis tepi persegi panjang dengan cara klik outline tool pada toolbox dan atur ketebalan garis sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa memilih warna garis tepi sesuai selera.

8. Buat Bagian Dalam Logo Windows

Setelah garis tepi selesai dibuat, buat bagian dalam logo windows dengan cara klik shape tool pada toolbox dan atur bentuk persegi panjang agar sesuai dengan logo windows.

9. Buat Garis Di Bagian Dalam Logo Windows

Setelah bagian dalam logo windows selesai dibuat, buat garis di bagian dalam logo windows dengan cara klik outline tool pada toolbox dan atur ketebalan garis sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa memilih warna garis sesuai selera.

10. Simpan Hasil Desain

Setelah semua elemen logo windows selesai dibuat, jangan lupa untuk menyimpan hasil desain dengan cara klik File > Save atau tekan Ctrl + S pada keyboard. Anda bisa menyimpan desain dalam format CorelDRAW atau format lainnya seperti PNG, JPEG, atau PDF.

Demikianlah langkah-langkah membuat logo windows di CorelDRAW. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuat Logo Windows di CorelDRAWMembuat sebuah logo yang menarik dan mudah diingat adalah suatu hal yang penting dalam dunia bisnis. Salah satu logo yang sudah sangat populer dan dikenal luas di seluruh dunia adalah logo Windows. Sebagai seorang desainer grafis, membuat logo Windows tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan menggunakan software CorelDRAW. Berikut ini adalah cara membuat logo Windows di CorelDRAW.

Membuat Garis Horizontal untuk Logo Windows

Langkah pertama dalam membuat logo Windows adalah dengan membuat garis horizontal. Garis ini akan menjadi dasar dari logo Windows. Gunakan perintah Line Tool dan buatlah garis horizontal di tengah-tengah area kerja.

Menggunakan Alat Lain untuk Bentuk yang Tepat

Setelah membuat garis horizontal, gunakan alat-alat lain seperti Rectangle Tool atau Ellipse Tool untuk membuat bentuk yang tepat. Misalnya, gunakan Rectangle Tool untuk membuat bentuk persegi panjang pada bagian bawah garis horizontal.

Menambahkan Teks ‘Windows’ pada Logo

Selanjutnya, tambahkan teks ‘Windows’ pada logo. Gunakan alat Text Tool dan ketik kata ‘Windows’. Setelah itu, atur jenis font, ukuran, dan warna teks sesuai dengan keinginan.

Menggabungkan Garis-Garis untuk Membentuk Jendela pada Logo

Logo Windows terkenal dengan jendela berbentuk persegi panjangnya. Untuk membuatnya, gabungkan garis-garis yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Gunakan perintah Join untuk menggabungkan garis-garis tersebut.

Membuat Lingkaran untuk Logo Windows

Selanjutnya, buatlah lingkaran di atas jendela pada logo. Gunakan perintah Ellipse Tool dan buatlah lingkaran di atas jendela. Pastikan bahwa lingkaran tersebut berada di atas jendela.

Menambahkan Bayangan pada Lingkaran Logo

Setelah membuat lingkaran, tambahkan bayangan pada lingkaran tersebut. Gunakan perintah Drop Shadow pada menu Effects untuk menambahkan bayangan pada lingkaran. Atur ukuran dan kecerahan bayangan sesuai dengan keinginan.

Menggunakan Alat ‘Shape Tool’ untuk Membentuk Jendela

Selanjutnya, gunakan alat Shape Tool untuk memodifikasi bentuk jendela pada logo. Gunakan alat ini untuk menarik atau mendorong sudut-sudut jendela sehingga bentuknya menjadi lebih simetris dan sesuai dengan keinginan.

Menggabungkan Bentuk-Bentuk untuk Membentuk Logo Windows

Setelah semua bentuk sudah dibuat dan dimodifikasi, gabungkan semua bentuk tersebut untuk membentuk logo Windows. Gunakan perintah Weld atau Combine pada menu Object untuk menggabungkan semua bentuk tersebut.

Mengatur Warna dan Efek pada Logo Windows

Setelah semua bentuk sudah digabungkan, atur warna dan efek pada logo sesuai dengan keinginan. Misalnya, gunakan perintah Gradient Fill untuk memberikan efek gradasi pada logo.

Mehasilkan File Logo Windows dalam Berbagai Format

Terakhir, hasilkan file logo Windows dalam berbagai format. Gunakan perintah Export pada menu File untuk mengekspor logo dalam format yang diinginkan seperti JPEG, PNG, atau SVG.Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat logo Windows dengan mudah menggunakan software CorelDRAW. Ingatlah untuk selalu memperhatikan detail dan keselarasan bentuk serta warna pada logo agar terlihat profesional dan menarik.

Berikut ini adalah cara membuat logo windows di coreldraw:

  1. Buka program CorelDRAW di komputer Anda.
  2. Pilih File dan kemudian New untuk membuat dokumen baru.
  3. Pilih Rectangle Tool dari menu alat dan buat persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan.
  4. Tambahkan logo Windows dengan mengunduhnya dari internet atau menggunakan gambar yang sudah ada di komputer Anda.
  5. Sesuaikan ukuran dan posisi logo Windows sesuai dengan persegi panjang yang telah dibuat.
  6. Tambahkan teks Windows di bawah logo dengan memilih Artistic Text Tool dari menu alat dan mengetikkan kata Windows.
  7. Sesuaikan font, ukuran, dan warna teks sesuai dengan keinginan Anda.
  8. Setelah selesai, simpan file dengan format yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara membuat logo windows di CorelDRAW:

Kelebihan:

  • Memungkinkan pengguna untuk membuat logo dengan tampilan yang lebih profesional.
  • Memiliki banyak fitur dan alat yang dapat membantu dalam proses pembuatan logo.
  • Dapat menghasilkan logo dengan resolusi tinggi dan kualitas yang baik.
  • Dapat menyimpan logo dalam berbagai format, seperti PNG, JPEG, atau PDF.

Kekurangan:

  • Mengharuskan pengguna untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menggunakan program CorelDRAW.
  • Mungkin memakan waktu dan tenaga yang banyak dalam proses pembuatan logo.
  • Dapat menjadi mahal jika pengguna harus membeli lisensi untuk menggunakan program CorelDRAW.

Dalam dunia desain grafis, membuat logo adalah salah satu hal yang paling penting. Logo menjadi identitas sebuah merek atau perusahaan. Salah satu logo yang paling terkenal di dunia adalah logo Windows dari Microsoft. Jika Anda ingin membuat logo Windows sendiri menggunakan CorelDRAW, berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama-tama, buka CorelDRAW dan buatlah dokumen baru dengan ukuran yang Anda inginkan. Kemudian, buat sebuah lingkaran sebagai dasar logo Windows. Anda dapat menggunakan alat ellipse untuk membuat lingkaran yang sempurna. Setelah itu, buatlah beberapa garis vertikal dan horizontal di dalam lingkaran menggunakan alat garis. Pastikan jarak antara setiap garis sama.

Langkah selanjutnya adalah memberikan warna pada logo. Pilihlah warna biru dan hijau yang menjadi ciri khas logo Windows. Anda dapat menggunakan palet warna di CorelDRAW untuk memilih warna yang tepat. Setelah itu, tambahkan teks Windows menggunakan alat teks. Anda dapat memilih jenis huruf yang Anda suka dan menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan logo.

Itulah cara membuat logo Windows di CorelDRAW. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat logo yang mirip dengan logo asli. Namun, pastikan untuk tidak menyalin logo secara identik karena dapat melanggar hak cipta. Selamat mencoba!

Video cara membuat logo windows di coreldraw

Visit Video

Sebagai jurnalis, pertanyaan dari pembaca tentang cara membuat logo windows di CorelDRAW seringkali muncul. Berikut beberapa jawaban atas people also ask tentang cara membuat logo windows di CorelDRAW:

  1. Apakah CorelDRAW bisa digunakan untuk membuat logo windows?

    Jawabannya tentu saja bisa. CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis terbaik yang banyak dipakai untuk membuat berbagai macam desain termasuk logo.

  2. Bagaimana langkah-langkah membuat logo windows di CorelDRAW?

    Langkah-langkahnya adalah:

    • Buka CorelDRAW dan buat dokumen baru dengan ukuran yang diinginkan.
    • Pilih alat gambar seperti rectangle tool, ellipse tool atau polygon tool untuk membuat bentuk dasar logo.
    • Tambahkan teks atau tulisan pada logo jika diperlukan dengan menggunakan alat teks.
    • Atur warna pada logo dengan memilih palet warna yang tersedia.
    • Simpan logo yang telah dibuat dalam format file yang diinginkan seperti .cdr, .eps atau .pdf.
  3. Apakah ada template atau contoh logo windows di CorelDRAW yang bisa digunakan?

    Ya, CorelDRAW menyediakan beberapa template dan contoh logo windows yang dapat digunakan sebagai referensi atau bahan belajar.

  4. Apakah ada tips dan trik untuk membuat logo windows di CorelDRAW?

    Tips dan triknya adalah:

    • Pilih font atau jenis huruf yang sesuai dengan tema logo.
    • Hindari penggunaan terlalu banyak warna agar logo terlihat simpel dan mudah diingat.
    • Gunakan alat efek seperti drop shadow, bevel atau gradient untuk membuat logo terlihat lebih menarik.
    • Gunakan fitur snap to grid agar posisi objek pada logo lebih rapi dan simetris.