Breaking News

cara membuat persentasi dengan canva

Cara membuat presentasi keren dengan Canva hanya butuh beberapa langkah mudah. Dapatkan tutorialnya di sini dan buat presentasi yang berkesan!

Bagi seorang jurnalis, membuat presentasi yang menarik dan informatif merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki. Namun, tidak semua jurnalis memiliki keahlian desain grafis untuk membuat presentasi yang menarik. Oleh karena itu, hadirnya Canva sebagai platform desain grafis online yang mudah digunakan sangat membantu para jurnalis untuk membuat presentasi yang profesional.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat presentasi dengan Canva. Pertama-tama, setelah masuk ke dalam akun Canva, pilih opsi Presentation pada menu utama. Kemudian, pilih template presentasi yang sesuai dengan tema atau topik yang akan disajikan. Setelah itu, tambahkan teks, gambar, atau video yang ingin ditampilkan dan atur layout presentasi dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai macam elemen desain yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan presentasi, seperti ikon, bentuk, dan latar belakang. Tidak hanya itu, Canva juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh presentasi dalam format PDF atau PNG, sehingga dapat dengan mudah dibagikan kepada audiens.

Dengan panduan cara membuat presentasi dengan Canva yang kami berikan di atas, diharapkan para jurnalis dapat memperoleh keterampilan baru yang bermanfaat dalam pekerjaannya. Selain itu, presentasi yang menarik dan profesional juga dapat membantu para jurnalis dalam menyampaikan informasi dengan lebih efektif dan persuasif kepada audiens.

Canva sebagai Alat Pembuat Presentasi Online

Berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan penting di era digital ini, terutama dalam dunia bisnis dan pendidikan. Salah satu cara untuk memperkuat presentasi yang disampaikan adalah dengan menggunakan visualisasi.

Canva, platform desain online, dapat digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah cara membuat presentasi dengan Canva:

Mendaftar Akun Canva

Langkah pertama adalah mendaftar akun Canva. Pengguna dapat mendaftar dengan alamat email pribadi atau akun Google. Setelah mendaftar, pengguna dapat mengakses berbagai pilihan template presentasi.

Menggunakan Template Presentasi

Setelah masuk ke halaman Canva, pengguna dapat mencari template presentasi dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Canva menawarkan beragam template presentasi yang bisa digunakan dengan gratis.

Mengubah Desain Template

Pengguna juga dapat mengubah desain template presentasi dengan fitur editing Canva. Beberapa bagian dari template yang bisa diubah mulai dari warna latar belakang, font, hingga ukuran gambar.

Baca Juga  cara membuat kanvas baru di photoshop

Menambahkan Isi Presentasi

Selanjutnya, pengguna dapat menambahkan isi presentasi pada slide yang telah tersedia. Canva menyediakan berbagai pilihan bentuk dan ikon yang bisa ditambahkan ke slide presentasi.

Menambahkan Gambar

Pengguna juga dapat menambahkan gambar ke dalam slide presentasi. Canva memiliki layanan pencarian gambar yang memungkinkan pengguna mencari gambar sesuai dengan tema presentasi.

Menambahkan Video dan Audio

Canva juga dapat digunakan untuk menambahkan video dan audio ke dalam slide presentasi. Pengguna dapat mengunggah file video atau audio dari komputer mereka atau mencari file dari layanan penyedia konten seperti Youtube atau Soundcloud.

Menyimpan dan Berbagi Presentasi

Setelah selesai membuat presentasi, pengguna dapat menyimpannya di akun Canva mereka atau mengunduhnya sebagai file PDF atau gambar. Pengguna juga dapat membagikan presentasi mereka melalui tautan berbagi atau memasukkan kode semat pada situs web mereka.

Menyimpan Presentasi

Untuk menyimpan presentasi, pengguna dapat memilih opsi Simpan yang terletak di sudut kanan atas halaman Canva. Presentasi akan disimpan otomatis di akun pengguna.

Mengunduh Presentasi

Jika pengguna ingin mengunduh presentasi, mereka dapat memilih opsi Unduh dan memilih format file yang diinginkan. Canva menawarkan format file PDF, PNG, dan JPEG.

Berbagi Presentasi

Pengguna juga dapat membagikan presentasi mereka dengan orang lain. Pengguna dapat memilih opsi Bagikan untuk mendapatkan tautan berbagi atau kode semat yang dapat dimasukkan ke dalam situs web mereka.

Dalam kesimpulan, Canva adalah alat yang sangat berguna untuk membuat presentasi online yang menarik dan mudah dipahami. Dengan berbagai fitur dan pilihan template yang tersedia, pengguna dapat membuat presentasi yang kreatif dan profesional tanpa harus memiliki kemampuan desain grafis yang tinggi.

Pengenalan Canva sebagai Aplikasi Presentasi

Canva merupakan sebuah aplikasi desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis konten, termasuk presentasi. Dalam proses pembuatan presentasi di Canva, pengguna dapat menikmati beragam fitur dan tampilan menarik yang akan membuat presentasi terlihat lebih profesional dan berkualitas.

Membuat Akun Canva

Langkah pertama dalam membuat presentasi menggunakan Canva adalah dengan membuat sebuah akun di situs resmi Canva. Dalam proses mendaftar, pengguna bisa memilih untuk membuat akun gratis atau menggunakan fitur-fitur tambahan dengan meng-upgrade akun ke versi berbayar.

Memilih Template Presentasi yang Sesuai

Canva menyediakan berbagai macam template presentasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tema presentasi yang akan dibuat. Pengguna dapat mengakses beragam template tersebut di menu ‘presentasi’ di halaman utama Canva. Pilihlah template yang sesuai dengan tema presentasi anda sehingga presentasi terlihat lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Menambahkan Konten Presentasi

Setelah memilih template yang sesuai, pengguna bisa mulai menambahkan konten presentasi seperti teks, gambar, video, dan lain sebagainya. Canva menyediakan beragam fitur desain yang memudahkan pengguna dalam menambahkan konten tersebut dengan tampilan yang menarik. Pastikan konten yang ditambahkan relevan dan mudah dipahami oleh audiens.

Mengedit Tampilan Konten Presentasi

Selain menambahkan konten, pengguna juga bisa mengedit tampilan dari konten presentasi dengan beragam fitur desain yang tersedia di Canva. Dalam proses edit, pengguna dapat mengubah warna, ukuran, jenis font dan lain sebagainya sehingga presentasi terlihat lebih menarik. Hal ini akan membuat audiens lebih tertarik dan fokus pada presentasi yang sedang disampaikan.

Baca Juga  cara ubah ukuran canvas di photoshop

Mengatur Tampilan Presentasi

Canva juga menyediakan fitur untuk mengatur tampilan dari presentasi secara keseluruhan. Pengguna bisa mengubah tata letak, warna, gambar latar dan lain sebagainya sehingga presentasi terlihat lebih profesional. Pastikan tampilan presentasi mudah dibaca dan tidak terlalu ramai agar audiens lebih fokus pada materi presentasi.

Menambahkan Efek Animasi

Tidak hanya tampilan, Canva juga menyediakan fitur untuk menambahkan efek animasi pada presentasi. Pengguna bisa memilih efek animasi yang sesuai dengan presentasi yang dibuat agar terlihat lebih menarik dan menarik perhatian. Hal ini akan membuat presentasi lebih dinamis dan membuat audiens lebih terlibat dalam presentasi yang disampaikan.

Menyimpan dan Membagikan Presentasi

Setelah selesai membuat presentasi, pengguna bisa menyimpannya ke dalam format yang diinginkan seperti PDF atau PNG. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan presentasi tersebut dengan orang lain melalui link yang disediakan oleh Canva. Dengan cara ini, audiens dapat mengakses presentasi kapan saja dan di mana saja.

Mengakses Fitur Tambahan dengan Versi Berbayar

Canva menawarkan fitur-fitur tambahan seperti mengakses lebih banyak template dan desain, mengunduh tanpa watermark dan lain sebagainya dengan menggunakan versi berbayar. Pengguna bisa mengupgrade akun menjadi versi berbayar dengan membayar biaya yang ditentukan. Jika memerlukan fitur-fitur tersebut, upgradelah akun anda ke versi berbayar untuk mendapatkan pengalaman penggunaan Canva yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Dalam membuat presentasi menggunakan Canva, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur desain yang tersedia agar presentasi terlihat lebih menarik dan profesional. Selain itu, aplikasi Canva juga menyediakan berbagai macam template dan fitur animasi yang siap digunakan bagi pengguna yang ingin membuat presentasi yang lebih dinamis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, presentasi yang dibuat akan terlihat lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam konten visual seperti poster, undangan, brosur, dan yang akan kita bahas kali ini adalah persentasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat persentasi dengan Canva serta pro dan kontra dari menggunakan Canva dalam pembuatan persentasi.

Cara membuat persentasi dengan Canva

  1. Buka Canva dan pilih template persentasi yang tersedia atau mulai dari awal dengan template kosong.
  2. Tambahkan gambar, grafik, teks, dan elemen visual lainnya sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda.
  3. Atur tata letak, warna, dan jenis huruf sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Simpan dan unduh presentasi dalam format yang diinginkan.

Pro dan kontra menggunakan Canva dalam pembuatan persentasi

Pro

  • Canva menyediakan berbagai macam template persentasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.
  • Anda dapat menambahkan elemen visual seperti gambar, grafik, dan ikon untuk membuat presentasi lebih menarik dan interaktif.
  • Canva mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan desain grafis yang tinggi.
  • Anda dapat mengunduh presentasi dalam berbagai format file seperti PDF, JPEG, PNG, dan PowerPoint.
  • Canva dapat diakses secara online sehingga Anda dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja.
Baca Juga  Cara Membuat Garis Potong di CorelDRAW X7 dengan Mudah dan Cepat

Kontra

  • Canva memiliki keterbatasan dalam hal fitur dan fungsionalitas yang tidak sebanyak software presentasi khusus seperti Microsoft PowerPoint.
  • Beberapa elemen visual yang tersedia di Canva mungkin tidak sesuai dengan tema atau tujuan presentasi Anda.
  • Jika Anda ingin menambahkan video atau animasi ke presentasi, Canva mungkin tidak menjadi pilihan terbaik.
  • Beberapa fitur dan template di Canva hanya tersedia jika Anda berlangganan versi premium.

Dalam kesimpulan, Canva dapat menjadi alternatif yang baik untuk membuat persentasi dengan cepat dan mudah. Namun, jika Anda membutuhkan fitur dan fungsionalitas yang lebih lengkap, maka software presentasi khusus seperti Microsoft PowerPoint masih menjadi pilihan yang lebih tepat.

Berbicara tentang presentasi, tentunya kita harus memiliki gambaran yang jelas dan terstruktur mengenai materi yang akan disampaikan. Salah satu cara membuat presentasi yang menarik dan efektif adalah dengan menggunakan Canva. Canva merupakan salah satu platform desain grafis online yang mudah digunakan dan memiliki berbagai macam template presentasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Salah satu kelebihan Canva dalam membuat presentasi adalah penggunaannya yang sangat mudah dan intuitif. Kita dapat langsung memilih template presentasi yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan, lalu mengeditnya sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai macam elemen desain seperti gambar, ikon, dan font yang dapat digunakan untuk mempercantik presentasi kita.

Untuk membuat presentasi dengan Canva, kita hanya perlu mengakses situs Canva.com, membuat akun atau login menggunakan akun Google atau Facebook, lalu memilih template presentasi yang diinginkan. Setelah itu, kita dapat mengganti teks, gambar, dan elemen desain lainnya sesuai dengan kebutuhan kita. Kemudian, kita dapat mengunduh presentasi dalam format PDF atau PNG untuk kemudian dipresentasikan secara offline atau online.

Jadi, bagi Anda yang ingin membuat presentasi yang menarik dan efektif, tidak perlu khawatir lagi karena Canva telah menyediakan berbagai macam template dan fitur desain yang dapat membantu Anda dalam membuat presentasi yang profesional. Selamat mencoba!

Video cara membuat persentasi dengan canva

Visit Video

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara membuat presentasi dengan Canva. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apakah Canva benar-benar gratis?

    Jawabannya adalah ya, Canva memiliki versi gratis yang dapat digunakan untuk membuat presentasi. Namun, ada juga versi berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur dan opsi desain.

  2. Bagaimana cara memulai membuat presentasi di Canva?

    Anda dapat memulai dengan memilih template presentasi yang sudah tersedia di Canva atau membuat desain presentasi Anda sendiri dari awal. Setelah itu, tambahkan teks, gambar, grafik, dan elemen desain lainnya sesuai kebutuhan Anda.

  3. Apakah Canva mudah digunakan untuk membuat presentasi?

    Ya, Canva dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan sehingga siapa saja dapat membuat desain presentasi yang menarik dengan cepat dan mudah.

  4. Apakah saya bisa mengunduh presentasi yang saya buat di Canva?

    Ya, Anda dapat mengunduh presentasi dalam format PDF atau PNG. Anda juga dapat membagikan presentasi langsung dari Canva melalui tautan berbagi atau memasukkan kode sematan ke situs web atau blog Anda.

Dengan Canva, membuat presentasi yang menarik dan profesional tidak perlu sulit atau mahal. Dengan beberapa klik, Anda dapat membuat presentasi yang akan memukau audiens Anda. Coba sekarang!