Breaking News

cara memotong foto lingkaran pada canva

cara memotong foto lingkaran pada canva

Cara memotong foto lingkaran pada Canva: Pilih foto, klik Crop, pilih Circle, sesuaikan posisi, klik Apply. Selesai!

Cara memotong foto lingkaran pada Canva bisa menjadi hal yang sangat berguna bagi para desainer grafis. Dengan fitur ini, mereka dapat membuat karya seni yang lebih menarik dan profesional. Namun, bagi pemula, mungkin sulit untuk memahami cara menggunakan fitur ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana memotong foto lingkaran pada Canva.

Pertama-tama, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai proses memotong foto. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki akun Canva. Jika belum, Anda dapat mendaftar secara gratis di situs web Canva. Kedua, pastikan Anda telah memilih foto yang ingin dipotong dan menyiapkan desain Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memotong foto lingkaran pada Canva.

Pertama-tama, buka Canva dan klik opsi Create a design. Kemudian pilih opsi Custom dimensions dan masukkan ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu, klik opsi Create new design. Selanjutnya, tambahkan foto yang ingin Anda potong ke dalam desain Anda.

Setelah foto ditambahkan, klik foto tersebut untuk membuka opsi pemotongan. Pilih opsi Crop dan pilih bentuk lingkaran. Atur lingkaran sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan dan klik Apply. Setelah itu, klik tombol Unduh untuk mengunduh desain Anda.

Dengan panduan langkah demi langkah ini, Anda sekarang dapat dengan mudah memotong foto lingkaran pada Canva. Selamat mencoba!

Cara Memotong Foto Lingkaran pada Canva

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki foto yang ingin dipotong lingkaran. Buka situs Canva dan login ke akun Anda. Setelah itu, buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai dengan tujuan penggunaan foto.

Memasukkan Foto ke dalam Dokumen

Pada tab Element, pilih opsi Uploads dan klik tombol Upload an image or video. Pilih foto yang ingin digunakan dan klik Open. Foto akan muncul di area kerja Canva.

Baca Juga  cara mengubah format ke horizontal di canva

Membuat Lingkaran

Pada tab Element, pilih opsi Shapes. Pilih lingkaran atau ellipse dan letakkan di atas foto. Sesuaikan ukuran dan posisi lingkaran sesuai keinginan.

Menyeting Background

Klik gambar foto dan pilih opsi Background. Pilih opsi Remove background dan atur opacity menjadi 0%.

Menyatukan Foto dan Lingkaran

Klik foto dan lingkaran secara bersamaan lalu pilih opsi Group. Foto dan lingkaran akan tergabung menjadi satu objek.

Menyalin Foto dan Lingkaran

Klik objek foto dan lingkaran lalu pilih opsi Copy dan Paste. Objek baru akan muncul di area kerja Canva.

Mengatur Ukuran Objek Baru

Klik objek baru dan atur ukuran lingkaran menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Pastikan posisi lingkaran tetap di tengah foto.

Menjadikan Foto Terlihat Seperti Lingkaran

Klik objek baru lalu pilih opsi Background. Pilih warna yang sama dengan background dokumen atau pilih opsi Transparent.

Memposisikan Foto dan Lingkaran Terakhir

Klik objek baru dan atur posisi lingkaran terakhir di atas foto. Pastikan posisi lingkaran tetap di tengah foto.

Menyimpan Hasil Akhir

Setelah selesai, klik Unduh untuk menyimpan hasil akhir. Pilih format file yang diinginkan dan tunggu hingga proses download selesai.

Dengan menggunakan Canva, memotong foto lingkaran menjadi lebih mudah dan praktis. Dalam beberapa langkah saja, Anda sudah dapat membuat foto dengan bentuk lingkaran yang cantik dan menarik. Selamat mencoba!

Cara Memotong Foto Lingkaran pada Canva – Teknik Mudah dan Praktis

Canva adalah software desain grafis yang sangat populer dan sering digunakan oleh para pelaku bisnis online, penyedia konten, dan desainer grafis. Salah satu teknik desain grafis yang sering digunakan adalah memotong foto menjadi bentuk lingkaran. Bagi yang belum tahu, di sini akan dijelaskan dengan detail cara memotong foto lingkaran pada Canva.

Aplikasi Canva

Langkah pertama adalah mengakses laman Canva dengan menggunakan akun pengguna Anda atau bisa mendaftar jika belum punya akun. Setelah itu, pilih menu create a design atau buat desain untuk membuat dokumen desain baru.

Persiapkan Dokumen Desain

Setelah memilih menu create a design, akan muncul berbagai jenis dokumen desain yang bisa dipilih. Untuk memotong foto, pilihlah jenis dokumen Custom dimensions atau Ukuran khusus. Setelah itu, tentukan ukuran dokumen desain sesuai dengan ukuran foto yang ingin dipotong agar proporsional dan tidak terlalu besar atau kecil.

Baca Juga  cara grup dengan canva andro

Tambahkan Foto

Setelah mempersiapkan dokumen desain, tambahkan foto yang ingin dipotong dengan menekan tombol Uploads di bagian kiri menu. Pilih foto sesuai ukuran dan proporsi Anda. Tambahkan foto ke dalam desain dengan menariknya ke dalam dokumen desain.

Pilih Menu Shape

Lalu, klik menu Shape atau Bentuk di bagian samping kiri aplikasi Canva. Di sana, akan muncul berbagai bentuk yang tersedia. Pilihlah bentuk lingkaran jika ingin memotong foto dalam bentuk lingkaran.

Tempatkan Bentuk Lingkaran Di Atas Foto

Setelah memilih bentuk lingkaran, tarik dan letakkan di atas foto yang ingin Anda potong. Pastikan bentuk lingkaran menutupi seluruh bagian foto yang ingin dipotong.

Klik Menu Mask

Menu mask memiliki fungsi untuk memotong bagian foto yang berada di dalam lingkaran. Kliklah menu mask dan pilih opsi Clip agar foto terpotong sesuai dengan bentuk lingkaran yang telah Anda pilih sebelumnya.

Jangan Lupa Simpan Desain

Setelah memotong foto, simpan desain dan gunakan untuk keperluan desain Anda. Ada beberapa format file yang bisa diunduh dari menu download atau unduh. Sekarang, Anda sudah bisa melakukan teknik memotong foto lingkaran pada Canva dengan mudah dan praktis.

Berita terkini tentang dunia desain grafis, Canva kembali mengeluarkan fitur baru yaitu cara memotong foto lingkaran pada Canva. Fitur ini diharapkan dapat membantu para desainer dalam membuat desain yang lebih menarik dan estetik.

Sebagai jurnalis, kami telah melakukan penelitian dan evaluasi terhadap fitur baru ini. Berikut adalah beberapa pros dan cons dari cara memotong foto lingkaran pada Canva:

Pros:

  1. Mudah digunakan: Fitur ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Mempercepat proses desain: Dengan fitur ini, desainer dapat memotong foto dengan cepat dan efisien.
  3. Memberikan variasi pada desain: Dengan memotong foto menjadi lingkaran, desainer dapat memberikan variasi pada desain yang lebih menarik dan estetik.
  4. Fitur gratis: Cara memotong foto lingkaran pada Canva merupakan fitur gratis yang tersedia untuk semua pengguna Canva.

Cons:

  1. Keterbatasan ukuran: Saat menggunakan fitur ini, desainer hanya dapat memotong foto menjadi lingkaran dengan ukuran standar yang tersedia pada Canva.
  2. Batasan editing: Setelah foto dipotong menjadi lingkaran, desainer tidak dapat mengedit bagian lingkaran tersebut.
  3. Tidak cocok untuk semua jenis desain: Fitur ini mungkin tidak cocok untuk semua jenis desain, terutama jika desain tersebut membutuhkan bentuk foto yang berbeda.
Baca Juga  cara bikin banner di canva

Secara keseluruhan, cara memotong foto lingkaran pada Canva adalah fitur yang berguna bagi desainer grafis terutama untuk membuat desain yang lebih menarik dan estetik. Namun, desainer harus mempertimbangkan keterbatasan dan kelemahan fitur ini sebelum menggunakannya dalam desain mereka.

Bagi kamu yang sering bekerja dengan desain grafis, pasti sudah tidak asing lagi dengan Canva. Aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk membuat berbagai macam desain mulai dari poster, undangan, hingga story Instagram. Salah satu fitur yang sering digunakan di Canva adalah memotong foto lingkaran. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memotong foto lingkaran pada Canva tanpa judul. Yuk, simak penjelasannya!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Canva dan memilih template yang diinginkan. Setelah itu, pilih gambar yang ingin kamu potong. Kemudian, klik pada menu Crop yang ada di sebelah kiri layar. Pilih Crop to Shape dan pilih lingkaran. Kamu juga bisa menyesuaikan ukuran lingkaran yang diinginkan dengan menggeser pegangan yang ada di lingkaran tersebut. Setelah itu, klik Done untuk menyimpan perubahan.

Setelah berhasil memotong foto menjadi lingkaran, kamu bisa menambahkan judul atau teks pada desain tersebut. Namun, jika kamu ingin menggunakan foto lingkaran tanpa judul, kamu bisa langsung mengunduhnya dengan cara klik pada tombol Unduh yang ada di kanan atas layar. Selain itu, kamu juga bisa membagikan desain tersebut ke media sosial atau mengirimkannya melalui email.

Nah, itulah cara memotong foto lingkaran pada Canva tanpa judul. Sangat mudah, bukan? Dengan fitur ini, kamu bisa membuat desain yang lebih menarik dan estetik. Selamat mencoba!

Video cara memotong foto lingkaran pada canva

Visit Video

Banyak orang yang ingin memotong foto lingkaran pada Canva, namun tidak tahu caranya. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum mengenai cara memotong foto lingkaran pada Canva:

  1. Bagaimana cara memotong foto lingkaran pada Canva?
  2. Untuk memotong foto lingkaran pada Canva, ikuti langkah-langkah berikut:

    • Pilih gambar yang ingin Anda potong di Canva
    • Klik tombol Crop di bagian atas layar
    • Pilih opsi Circle di bagian bawah layar
    • Sesuaikan ukuran lingkaran dengan menyeret sudut lingkaran ke arah dalam atau keluar
    • Klik tombol Apply dan simpan gambar
  3. Apakah saya perlu membayar untuk memotong foto lingkaran pada Canva?
  4. Tidak, fitur memotong foto lingkaran pada Canva tersedia secara gratis.

  5. Bisakah saya menggunakan fitur memotong foto lingkaran pada Canva di perangkat seluler?
  6. Ya, Anda dapat menggunakan fitur ini pada aplikasi Canva di perangkat seluler Anda.

  7. Apakah saya dapat memotong foto lingkaran pada Canva secara otomatis tanpa harus menentukan ukuran lingkaran?
  8. Tidak, Anda harus menentukan ukuran lingkaran sendiri saat memotong foto pada Canva.

  9. Apakah saya dapat memotong foto lain selain bentuk lingkaran pada Canva?
  10. Ya, Canva memiliki berbagai bentuk potongan gambar yang dapat Anda pilih, termasuk segitiga, persegi, dan bentuk-bentuk lainnya.