Breaking News

cara menambahkan background di coreldraw x7

cara menambahkan background di coreldraw x7

Cara menambahkan background di CorelDRAW X7: pilih Objek, lalu klik Background dan pilih warna atau gambar untuk dijadikan background.

Berita terbaru dari teknologi desain grafis, CorelDRAW X7 kini hadir dengan fitur terbaru yaitu penambahan background. Bagi para desainer grafis, penambahan background merupakan hal yang sangat penting untuk membuat desain menjadi lebih menarik dan menampilkan pesan yang jelas. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menambahkan background di CorelDRAW X7 secara mudah dan praktis.

Pertama-tama, untuk menambahkan background di CorelDRAW X7, Anda perlu membuka file dokumen yang ingin ditambahkan background. Setelah itu, pilih opsi Page pada menu bar dan klik Add. Kemudian, pilih gambar atau warna yang ingin digunakan sebagai background. Dalam opsi Fill, pilih Bitmap atau Solid untuk memilih gambar atau warna solid sebagai background.

Selanjutnya, tentukan posisi background pada dokumen dengan memilih opsi Position. Anda dapat memilih posisi Center, Tile, Stretch, Fit to Page, atau Custom. Pilihlah posisi yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep desain Anda. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Dengan cara yang mudah dan praktis tersebut, Anda dapat menambahkan background pada dokumen di CorelDRAW X7. Jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi fitur-fitur lainnya yang tersedia pada aplikasi desain grafis ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para desainer grafis yang ingin meningkatkan kualitas desain mereka.

Pendahuluan

Dalam dunia desain grafis, CorelDRAW X7 merupakan salah satu software yang banyak digunakan oleh para desainer. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam CorelDRAW X7 adalah menambahkan background pada sebuah desain. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menambahkan background di CorelDRAW X7. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menambahkan background di CorelDRAW X7.

Langkah Pertama: Membuat Dokumen Baru

Langkah pertama adalah membuat dokumen baru dengan ukuran yang diinginkan. Caranya adalah dengan membuka CorelDRAW X7, lalu klik File > New. Setelah itu, pilih ukuran dokumen yang diinginkan dan klik OK.

Langkah Kedua: Menambahkan Background Warna Solid

Cara pertama untuk menambahkan background adalah dengan menggunakan warna solid. Caranya adalah dengan mengklik Rectangle Tool dan membuat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, klik Fill Color dan pilih warna yang diinginkan untuk menjadi background.

Baca Juga  rekomendasi buku desain grafis

Langkah Ketiga: Menambahkan Background Gambar

Cara kedua untuk menambahkan background adalah dengan menggunakan gambar. Caranya adalah dengan mengklik Rectangle Tool dan membuat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, klik Object > PowerClip > Place Inside Container dan pilih gambar yang ingin digunakan sebagai background.

Langkah Keempat: Menambahkan Background Gradien

Cara ketiga untuk menambahkan background adalah dengan menggunakan gradien. Caranya adalah dengan mengklik Rectangle Tool dan membuat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, klik Fill Color dan pilih Gradien. Setelah itu, atur warna dan arah gradien sesuai dengan keinginan.

Langkah Kelima: Menambahkan Background Transparan

Cara keempat untuk menambahkan background adalah dengan menggunakan transparan. Caranya adalah dengan mengklik Rectangle Tool dan membuat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, klik Fill Color dan pilih None. Setelah itu, klik Outline Color dan pilih warna yang diinginkan untuk garis tepi.

Langkah Keenam: Mengganti Background

Jika sudah menambahkan background tapi ingin menggantinya dengan background lain, caranya sangat mudah. Cukup klik Rectangle Tool dan buat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan pada langkah kedua, ketiga, atau keempat.

Langkah Ketujuh: Mengatur Opacity Background

Jika ingin mengatur opacity background, caranya adalah dengan mengklik Rectangle Tool dan membuat persegi panjang sesuai dengan ukuran dokumen. Lalu, klik Fill Color dan pilih warna yang diinginkan. Setelah itu, klik Transparency Tool dan atur opacity sesuai dengan keinginan.

Langkah Delapan: Mengatur Layer Background

Mengatur layer background bisa dilakukan dengan mengklik Background layer dan menariknya ke bawah. Hal ini berguna jika ingin menambahkan objek lain di atas background.

Langkah Sembilan: Menyimpan Dokumen

Setelah selesai menambahkan background, jangan lupa untuk menyimpan dokumen. Caranya adalah dengan klik File > Save As dan pilih format file yang diinginkan. Setelah itu, beri nama pada dokumen dan klik Save.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara untuk menambahkan background di CorelDRAW X7. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para desainer yang sedang belajar menggunakan CorelDRAW X7. Selamat mencoba!

Cara Menambahkan Background di CorelDRAW X7

CorelDRAW X7 adalah salah satu software desain grafis yang populer digunakan oleh para desainer dan pelaku bisnis kreatif. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap, CorelDRAW X7 memungkinkan pengguna untuk membuat desain yang menarik dan profesional. Salah satu hal penting dalam membuat desain adalah menambahkan background atau latar belakang yang sesuai dengan tema desain tersebut. Berikut adalah langkah-langkah cara menambahkan background di CorelDRAW X7.

1. Mengenal CorelDRAW X7

Sebelum memulai langkah-langkah menambahkan background di CorelDRAW X7, pastikan Anda sudah mengenal dasar-dasar penggunaan software ini. Anda dapat mempelajari fitur-fitur dan fungsi dari setiap tool yang ada di CorelDRAW X7 melalui tutorial atau panduan yang tersedia di internet atau buku-buku panduan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan software ini untuk membuat desain yang lebih baik.

2. Langkah Pertama: Buka Aplikasi CorelDRAW X7

Langkah pertama untuk menambahkan background di CorelDRAW X7 adalah membuka aplikasi CorelDRAW X7 di komputer Anda. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat tampilan awal yang terdiri dari beberapa menu dan toolbar yang tersedia.

Baca Juga  cara membuat foto menjadi bentuk lingkaran di canva

3. Langkah Kedua: Pilih Background atau Latar Belakang

Setelah masuk ke dalam aplikasi CorelDRAW X7, langkah selanjutnya adalah memilih background atau latar belakang untuk desain Anda. Anda dapat memilih background dari pilihan yang tersedia di dalam software ini, atau membuat sendiri dengan menggunakan tool yang ada.

4. Langkah Ketiga: Tambahkan Objek dan Pilih Warna pada Background

Setelah memilih background atau latar belakang, langkah selanjutnya adalah menambahkan objek atau gambar pada background tersebut. Anda juga dapat memilih warna yang sesuai dengan tema desain yang ingin Anda buat.

5. Langkah Keempat: Menambahkan Tekstur pada Background

Untuk membuat background yang lebih menarik, Anda dapat menambahkan tekstur pada background tersebut. CorelDRAW X7 menyediakan berbagai macam tekstur yang dapat Anda gunakan untuk membuat background yang unik dan menarik.

6. Langkah Kelima: Menggunakan Gradient pada Background

Anda juga dapat menggunakan gradient pada background untuk membuat efek gradasi warna yang menarik. Dalam CorelDRAW X7, Anda dapat mengatur gradient sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari warna, arah, hingga intensitas gradasi warna tersebut.

7. Langkah Keenam: Memanipulasi Background dengan Transformasi

Untuk membuat background yang lebih kreatif, Anda dapat memanipulasi background tersebut dengan menggunakan tool transformasi yang ada di CorelDRAW X7. Anda dapat mengubah ukuran, memutar, atau memiringkan background tersebut agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan tema desain yang Anda buat.

8. Langkah Ketujuh: Menambahkan Image atau Foto pada Background

Selain menggunakan gambar atau objek, Anda juga dapat menambahkan image atau foto pada background tersebut. Anda dapat memilih foto atau image yang sesuai dengan tema desain yang ingin Anda buat, dan menempatkannya di atas background yang sudah dibuat sebelumnya.

9. Langkah Kedelapan: Menambahkan Efek pada Background

Untuk membuat background yang lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan efek pada background tersebut. Beberapa efek yang bisa Anda tambahkan antara lain efek bayangan, efek 3D, atau efek transparan. Dalam CorelDRAW X7, Anda dapat mengatur efek tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

10. Langkah Terakhir: Menyimpan Hasil Desain dengan Background yang Telah Ditambahkan

Setelah selesai menambahkan background pada desain Anda, langkah terakhir adalah menyimpan hasil desain tersebut. Anda dapat menyimpan desain dengan format yang berbeda-beda, seperti JPEG, PNG, atau PDF. Pastikan Anda telah mengatur ukuran dan resolusi gambar sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara menambahkan background di CorelDRAW X7 di atas, Anda dapat membuat desain yang lebih menarik dan profesional. Ingatlah untuk selalu menggali lebih dalam tentang fitur-fitur yang ada di CorelDRAW X7, sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan software ini dalam membuat desain yang lebih baik.

Dalam dunia desain grafis, CorelDRAW X7 dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat berbagai karya seni. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah menambahkan background pada desain. Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya untuk mengetahui cara menambahkan background di CorelDRAW X7 serta pro dan kontra penggunaannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menambahkan background di CorelDRAW X7:

  1. Buka aplikasi CorelDRAW X7
  2. Pilih menu File kemudian klik New
  3. Pilih ukuran kertas atau canvas yang diinginkan
  4. Klik Background pada panel sisi kiri
  5. Pilih jenis background yang diinginkan, seperti warna solid atau gambar
  6. Atur posisi dan ukuran background sesuai keinginan
  7. Klik OK untuk menyimpan perubahan
Baca Juga  cara menambah emotikon seperti instagram line di canva

Setelah mengetahui cara menambahkan background di CorelDRAW X7, ada beberapa pro dan kontra penggunaannya:

Pro

  • Menambahkan background dapat memberikan kesan yang lebih menarik pada desain
  • Background dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan pada desain
  • Memiliki banyak pilihan jenis background yang dapat disesuaikan dengan tema desain

Kontra

  • Jika background terlalu mencolok, dapat mengalihkan perhatian dari elemen utama pada desain
  • Jika background terlalu rumit, dapat membuat desain terlihat berantakan dan sulit dibaca
  • Memilih background yang kurang tepat dapat membuat desain terlihat tidak profesional

Dalam penggunaannya, cara menambahkan background di CorelDRAW X7 dapat memberikan nilai tambah pada desain jika digunakan dengan tepat. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan jenis background yang tepat juga sangat penting untuk menciptakan desain yang berkualitas.

Berikut ini adalah cara menambahkan background di CorelDRAW X7 tanpa menggunakan judul. Jika Anda ingin membuat desain yang menarik, maka menambahkan background yang sesuai dengan tema desain sangatlah penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa langkah mudah untuk menambahkan background di CorelDRAW X7.

Langkah pertama adalah membuka file CorelDRAW X7 dan memilih dokumen yang akan dijadikan latar belakang. Setelah itu, buka menu File dan pilih Import. Pilih gambar yang akan dijadikan latar belakang dan klik Import. Setelah gambar terbuka, klik kanan pada gambar dan pilih Order lalu To Back. Dengan melakukan langkah tersebut, gambar latar belakang sudah diletakkan di belakang objek lainnya.

Langkah kedua adalah mengatur tampilan latar belakang. Pilih gambar latar belakang dan atur ukuran gambar sesuai dengan dokumen. Setelah itu, ubah opacity gambar menjadi 50% atau sesuai dengan keinginan. Jika ingin menambahkan efek blur pada gambar, klik gambar latar belakang dan pilih Effects lalu Blur. Atur nilai blur sesuai dengan keinginan.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa langkah mudah untuk menambahkan background di CorelDRAW X7 tanpa menggunakan judul. Dengan menambahkan background yang tepat, desain Anda akan semakin menarik dan profesional. Selamat mencoba!

Video cara menambahkan background di coreldraw x7

Visit Video

Banyak orang yang bertanya tentang cara menambahkan background di CorelDRAW X7. Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan umum:

  1. Apakah saya bisa menambahkan gambar sebagai background di CorelDRAW X7?
  2. Ya, Anda bisa menambahkan gambar sebagai background di CorelDRAW X7. Caranya adalah dengan mengklik menu File dan memilih Import. Pilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai background dan tarik ke halaman kerja. Kemudian, klik kanan pada gambar dan pilih Order lalu To Back of Page.

  3. Bisakah saya menambahkan warna solid sebagai background?
  4. Tentu saja, Anda bisa menambahkan warna solid sebagai background. Caranya adalah dengan mengklik menu Window dan memilih Object Manager. Kemudian, buatlah kotak pada halaman kerja dan beri warna sesuai dengan keinginan. Setelah itu, geser kotak tersebut ke posisi paling belakang dengan cara klik kanan pada kotak dan pilih Order lalu To Back of Page.

  5. Bagaimana jika saya ingin menggunakan gradient sebagai background?
  6. Tidak masalah. Anda bisa menggunakan gradient sebagai background di CorelDRAW X7. Caranya adalah dengan membuat kotak di halaman kerja, lalu pilih Fill Tool. Pilih Linear Gradient atau Radial Gradient dan atur warna dan transparansi sesuai keinginan. Setelah itu, geser kotak tersebut ke posisi paling belakang dengan cara klik kanan pada kotak dan pilih Order lalu To Back of Page.

  7. Apakah saya bisa menambahkan teks sebagai background?
  8. Tentu saja, Anda bisa menambahkan teks sebagai background. Caranya adalah dengan membuat kotak di halaman kerja, lalu pilih Text Tool. Ketik teks yang ingin ditampilkan sebagai background, kemudian atur warna, ukuran, dan jenis font sesuai keinginan. Setelah itu, geser kotak tersebut ke posisi paling belakang dengan cara klik kanan pada kotak dan pilih Order lalu To Back of Page.