Breaking News

cara menghilangkan watermark dengan canva

Cara menghilangkan watermark dengan Canva: Upload gambar dengan watermark, tambahkan elemen atau background, lalu hapus watermark menggunakan crop tool.

Bagi seorang pengguna Canva, watermark bisa menjadi sebuah halangan untuk menciptakan desain yang sempurna. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara yang mudah dan cepat untuk menghilangkan watermark di Canva? Mari simak cara menghilangkan watermark dengan Canva berikut ini!

Pertama-tama, buka file desain Canva yang ingin Anda hilangkan watermarknya. Kemudian pilih opsi Unduh di kanan atas layar. Setelah itu, pilih opsi PNG dan centang kotak Transparent background.

Selanjutnya, unduh file PNG tersebut dan buka di aplikasi editing foto seperti Photoshop atau GIMP. Pilih opsi Magic Wand dan klik pada bagian watermark. Kemudian tekan tombol Delete pada keyboard Anda.

Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan watermark selesai. Jika sudah, simpan kembali file tersebut dan voila! Desain tanpa watermark siap digunakan.

Dengan cara menghilangkan watermark dengan Canva ini, Anda dapat menciptakan desain yang lebih profesional dan menarik tanpa harus khawatir dengan tanda air yang mengganggu. Coba sekarang juga dan temukan hasil yang memuaskan!

Cara Menghilangkan Watermark dengan Canva

Saat membuat desain menggunakan aplikasi atau situs Canva, terkadang kita perlu menghapus watermark yang muncul pada desain tersebut. Meskipun Canva menyediakan fitur untuk menghapus watermark, namun fitur tersebut hanya tersedia pada akun premium. Namun, ada beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menghapus watermark pada Canva. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Crop Gambar

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghapus watermark pada Canva adalah dengan memotong atau crop gambar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memilih gambar yang ingin dihapus watermarknya, kemudian klik tombol Crop dan sesuaikan ukuran potongan yang diinginkan. Setelah itu, simpan gambar tanpa watermark tersebut.

2. Edit Background

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengedit background pada desain. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan lapisan baru pada desain, kemudian pilih warna atau gambar yang sesuai dengan desain. Setelah itu, atur opasitas lapisan tersebut hingga watermark tidak terlihat lagi.

3. Menggunakan Photoshop

Jika Anda memiliki aplikasi Adobe Photoshop, maka Anda dapat menghapus watermark pada Canva dengan mudah. Caranya adalah dengan menyimpan desain dari Canva dalam format PNG atau JPEG, lalu buka file tersebut pada Photoshop dan hapus watermark menggunakan alat Clone Stamp atau Healing Brush. Setelah itu, Anda dapat menyimpan kembali desain tanpa watermark tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Online

Selain Canva, ada beberapa situs atau aplikasi online yang dapat digunakan untuk menghapus watermark pada gambar. Beberapa contohnya adalah Pixlr, Lunapic, dan Remove.bg. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunggah gambar yang ingin dihapus watermarknya, kemudian pilih opsi Remove Watermark atau Clone Stamp. Setelah itu, simpan gambar tanpa watermark tersebut.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Inpaint atau SoftOrbits Photo Stamp Remover untuk menghapus watermark pada gambar. Cara penggunaannya mirip dengan aplikasi online, yaitu dengan mengunggah gambar yang ingin dihapus watermarknya, kemudian pilih opsi Remove Watermark atau Clone Stamp. Setelah itu, simpan gambar tanpa watermark tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus watermark pada Canva. Meskipun beberapa cara tersebut memerlukan biaya atau aplikasi tambahan, namun cara-cara tersebut tetap bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki akun premium di Canva.

Pengenalan Tentang Canva dan Watermark

Canva adalah sebuah platform desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat desain-desain seperti poster, kartu nama, sampul buku, dan lain-lain. Namun, ketika kita menggunakan desain yang sudah ada di Canva, seringkali terdapat watermark yang mengganggu pada desain tersebut. Watermark adalah gambar atau teks kecil yang ditempatkan pada desain untuk melindungi hak cipta atau merek dari pemiliknya. Bagaimana caranya menghilangkan watermark tersebut pada Canva? Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Tahap Awal untuk Membuka Halaman Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Canva. Masuklah ke situs web Canva dan buat akun jika belum punya. Setelah berhasil masuk, akan muncul tampilan halaman awal Canva yang berisi berbagai macam jenis desain yang dapat dipilih. Pilihlah jenis desain yang ingin digunakan dan buka lembar kerja baru.

Mengunggah Desain dengan Watermark di Canva

Jika Anda sudah memiliki desain dengan watermark yang ingin dihilangkan, langkah selanjutnya adalah mengunggah desain tersebut ke dalam Canva. Klik pada tombol Uploads yang terletak di sebelah kiri halaman Canva dan klik Upload media. Pilih file desain dengan watermark yang ingin dihilangkan dan tunggu hingga proses upload selesai.

Memilih Opsi Transfer ke Desain Baru

Setelah proses upload selesai, klik pada desain dengan watermark yang sudah diunggah. Pada bagian atas halaman akan muncul opsi Transfer to new design. Klik opsi tersebut untuk memindahkan desain dengan watermark ke dalam desain baru tanpa watermark.

Membuat Salinan Background Tanpa Watermark

Jika desain Anda memiliki background yang ingin disalin dan dihapus watermark-nya, duplikatlah layer background dengan cara mengklik pada layer tersebut dan klik pada ikon salin yang terletak di sebelah kanan atas layer tersebut. Setelah itu, hapuslah layer lama yang memiliki watermark dengan mengklik pada layer tersebut dan klik pada ikon tong sampah yang terletak di sebelah kanan atas layer.

Mengubah Warna Background

Setelah menghapus watermark pada background, Anda dapat mengubah warna background sesuai dengan keinginan. Klik pada layer background dan pilih opsi Color pada bagian atas halaman Canva. Pilihlah warna yang diinginkan dan background akan berubah sesuai dengan warna yang dipilih.

Menambahkan Objek ke Desain

Setelah mengubah background, langkah selanjutnya adalah menambahkan objek ke dalam desain. Klik pada opsi Elements yang terdapat di sebelah kiri halaman Canva. Berbagai macam kategori objek akan muncul, seperti ikon, gambar, bentuk, dan lain-lain. Pilihlah objek yang ingin ditambahkan ke dalam desain dan seret objek tersebut ke dalam lembar kerja.

Mengatur Ukuran dan Penempatan Objek

Setelah menambahkan objek ke dalam desain, aturlah ukuran dan penempatan objek tersebut sesuai dengan keinginan. Klik pada objek yang sudah ditambahkan dan pilih opsi Size pada bagian atas halaman Canva. Ubahlah ukuran objek sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengatur penempatan objek, gunakanlah fitur Align dan Position yang terdapat di sebelah kanan atas halaman Canva.

Teknik Pengaburan Watermark

Jika Anda tidak ingin menghapus watermark secara total, tetapi ingin mengaburkannya agar tidak terlalu mencolok, Anda dapat menggunakan teknik pengaburan watermark. Pilihlah layer yang memiliki watermark dan pilih opsi Filter pada bagian atas halaman Canva. Pilihlah filter Blur dan aturlah intensitas pengaburan sesuai dengan keinginan. Setelah itu, klik pada layer background untuk menghilangkan fokus pada watermark yang sudah diaburkan.

Simpan Desain yang Sudah Selesai di Canva

Setelah desain selesai dibuat, klik pada opsi Unduh pada bagian atas halaman Canva. Pilih format file yang diinginkan, seperti JPG atau PNG, dan resolusi yang diinginkan. Setelah itu, klik Unduh dan simpan file desain yang sudah jadi pada perangkat Anda.

Demikianlah langkah-langkah cara menghilangkan watermark dengan Canva. Dengan menggunakan Canva, Anda dapat membuat desain-desain yang menarik tanpa harus khawatir dengan watermark pada desain tersebut. Selamat mencoba!

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini semakin banyak orang yang gemar mengedit gambar dan video. Namun, terkadang hasil editan kita tidak bisa diposting atau dipublikasikan karena adanya watermark. Untuk mengatasi masalah ini, Canva menawarkan opsi untuk menghilangkan watermark pada gambar dan video.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan watermark dengan Canva:

  1. Masuk ke akun Canva dan buka editor desain.
  2. Pilih gambar atau video yang ingin dihilangkan watermarknya.
  3. Klik pada opsi Efek di sisi kanan editor desain.
  4. Pilih opsi Hapus Latar Belakang dan seret cursor ke area watermark.
  5. Klik tombol Hapus dan watermark akan hilang.

Meskipun cara ini cukup mudah dan praktis, namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari menghilangkan watermark dengan Canva:

Pros:

  • Cara ini sangat mudah dan praktis digunakan.
  • Tidak perlu membayar atau menggunakan software tambahan.
  • Hasil akhir cukup memuaskan dan tidak meninggalkan bekas.

Cons:

  • Tidak semua gambar atau video dapat dihilangkan watermarknya.
  • Hasil akhir masih terlihat sedikit berbeda dari gambar atau video asli.
  • Menghilangkan watermark tanpa izin bisa dianggap sebagai tindakan pelanggaran hak cipta.

Meskipun Canva menyediakan opsi untuk menghilangkan watermark, namun kami sangat menyarankan untuk menggunakan gambar atau video yang sudah bebas dari watermark atau membeli lisensi resmi dari pemiliknya.

Bagi seorang desainer grafis, watermark mungkin menjadi hal yang sangat mengganggu. Terkadang, saat kita menemukan gambar atau desain yang sangat cocok untuk proyek kita, watermark yang ada pada gambar tersebut bisa mengganggu estetika dari hasil akhir yang kita buat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Canva memiliki fitur untuk menghilangkan watermark pada gambar yang Anda inginkan.

Untuk menghilangkan watermark pada gambar dengan Canva, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Canva terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah gambar yang ingin Anda gunakan dan klik kanan pada gambar tersebut. Kemudian, pilih opsi Make a copy untuk membuat salinan dari gambar tersebut. Setelah itu, Anda dapat mengeklik opsi Effects dan memilih Remove Watermark. Dalam beberapa detik, watermark pada gambar akan hilang dan Anda dapat menggunakan gambar tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Jadi, itulah cara mudah untuk menghilangkan watermark pada gambar dengan Canva. Dengan fitur ini, desainer grafis dapat dengan mudah menggunakan gambar yang diinginkan tanpa harus khawatir tentang watermark yang mengganggu. Jangan lupa untuk selalu memeriksa lisensi gambar sebelum menggunakannya untuk proyek Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Video cara menghilangkan watermark dengan canva

Visit Video

Banyak orang bertanya-tanya tentang cara menghilangkan watermark dengan Canva. Berikut beberapa jawaban yang mungkin membantu.

  • Apakah mungkin untuk menghapus watermark Canva?

    • Maaf, tidak ada cara legal untuk menghapus watermark Canva setelah Anda menambahkannya ke desain Anda.
  • Bagaimana jika saya membayar untuk akun Canva Pro?

    • Tidak akan ada perbedaan jika Anda memiliki akun Canva Pro atau tidak. Anda masih tidak dapat menghapus watermark setelah menambahkannya ke desain Anda.
  • Apakah ada alternatif untuk Canva yang tidak memiliki watermark?

    • Ya, ada banyak platform desain grafis online yang tersedia tanpa watermark, seperti Adobe Spark, PicMonkey, dan Fotor. Namun, beberapa dari platform ini memerlukan biaya berlangganan atau berbayar.

Jadi, saat ini tidak ada cara yang sah untuk menghapus watermark Canva. Namun, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan platform desain grafis online lainnya yang tidak memiliki watermark atau membayar untuk langganan Canva Pro untuk menikmati fitur tambahan yang ditawarkan.