Breaking News

cara mengubah ukuran di canva setelah diedit

Cara mudah mengubah ukuran desain di Canva setelah diedit. Ikuti langkah-langkah sederhana dan hasilkan desain yang sesuai dengan keinginanmu!

Bagi kamu yang sering menggunakan Canva untuk membuat desain grafis, tentu tidak asing lagi dengan fitur mengubah ukuran. Namun, bagaimana jika kamu sudah melakukan editing pada desainmu dan ingin mengubah ukuran tersebut? Tenang, di Canva hal itu masih bisa dilakukan dengan mudah.

Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa semua elemen atau objek pada desainmu sudah terkunci dan tergabung menjadi satu. Jika belum, kamu bisa melakukannya dengan cara menyeleksi semua objek tersebut lalu klik kanan dan pilih Group.

Setelah itu, klik tombol Resize di pojok kanan atas layar. Akan muncul jendela pop-up dengan opsi mengubah ukuran secara manual atau dengan memilih preset ukuran yang telah disediakan. Kamu juga bisa memasukkan ukuran kustom sesuai kebutuhanmu.

Tidak hanya itu, Canva juga menyediakan opsi untuk mengubah proporsi ukuran secara otomatis agar desainmu tidak terdistorsi. Kamu bisa memilih opsi Lock proportions atau Free proportions tergantung dari kebutuhanmu.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengubah ukuran desainmu di Canva setelah melakukan editing. Tidak perlu khawatir desainmu akan rusak atau terdistorsi karena Canva telah menyediakan opsi untuk mengatur proporsi ukuran secara otomatis. Yuk, coba segera!

Canva dan Fitur Mengubah Ukuran

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer dan mudah digunakan. Banyak orang menggunakan Canva untuk membuat desain poster, spanduk, atau bahkan presentasi. Namun, ada kalanya Anda perlu mengubah ukuran desain yang sudah dibuat, terutama jika Anda ingin mencetaknya dalam ukuran yang berbeda. Nah, di Canva, mengubah ukuran desain sangatlah mudah.

1. Buka Desain yang Ingin Diubah Ukurannya

Langkah pertama untuk mengubah ukuran desain di Canva adalah membuka desain yang ingin Anda ubah ukurannya. Setelah itu, pergi ke menu kanan atas dan klik pada tombol Resize.

Baca Juga  Desain Banner Natal file CDR bisa diedit

2. Pilih Ukuran yang Diinginkan

Selanjutnya, pilih ukuran yang diinginkan dari daftar ukuran yang muncul. Canva menawarkan banyak pilihan ukuran yang berbeda, termasuk ukuran standar untuk poster, spanduk, dan buku tahunan. Anda juga bisa memasukkan ukuran kustom sesuai kebutuhan Anda.

3. Pilih Apakah Ingin Meresize Keseluruhan Desain atau Tidak

Selanjutnya, Canva akan menanyakan apakah Anda ingin meresize keseluruhan desain atau hanya beberapa elemen saja. Jika Anda memilih untuk meresize keseluruhan desain, maka semua elemen desain akan diubah ukurannya secara proporsional. Jika tidak, maka Anda bisa memilih elemen mana yang ingin diubah ukurannya.

4. Sesuaikan Elemen yang Ingin Diubah Ukurannya

Jika Anda memilih untuk meresize hanya beberapa elemen saja, maka Canva akan menampilkan daftar elemen yang ada di desain Anda. Anda bisa memilih elemen mana yang ingin diubah ukurannya dan kemudian menyesuaikan ukuran mereka.

5. Sesuaikan Ukuran Font

Jika Anda mengubah ukuran desain secara keseluruhan atau hanya beberapa elemen saja, maka Anda juga harus menyesuaikan ukuran font agar sesuai dengan ukuran desain yang baru. Anda bisa mengubah ukuran font dengan mudah menggunakan menu font di Canva.

6. Sesuaikan Rasio Aspek

Ketika Anda mengubah ukuran desain di Canva, pastikan bahwa rasio aspek desain tetap sama. Ini penting untuk memastikan bahwa desain tetap terlihat proporsional dan tidak terdistorsi. Jika rasio aspek desain berubah, maka Anda bisa mengubahnya dengan mudah menggunakan menu rasio aspek di Canva.

7. Periksa Kembali Desain Anda

Setelah Anda selesai mengubah ukuran desain di Canva, pastikan untuk memeriksa kembali desain Anda dan memastikan bahwa semuanya terlihat baik-baik saja dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menyimpan desain Anda setelah selesai.

8. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Canva

Canva menawarkan banyak fitur dan alat desain yang sangat berguna. Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang Canva dan cara menggunakannya, ada banyak tutorial online dan sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda.

9. Gunakan Canva dengan Bijak

Canva adalah platform desain yang sangat mudah digunakan, tetapi itu bukan berarti Anda bisa sembarangan menggunakan gambar atau konten yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa Anda memiliki hak cipta atau izin penggunaan sebelum menggunakan gambar atau konten apa pun di Canva.

10. Berbagi Desain Anda dengan Dunia

Setelah Anda selesai membuat desain di Canva, jangan ragu untuk membagikannya dengan dunia. Anda bisa mencetaknya, mengirimkannya melalui email, atau membagikannya di media sosial. Canva adalah alat yang sangat berguna untuk membuat desain yang menarik dan efektif, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.

Baca Juga  cara ukuran canvas sesuai ukuran foto photoshop

Cara Mengubah Ukuran di Canva Setelah Diedit

Langkah Pertama

Untuk mengubah ukuran desain yang telah diedit di Canva, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka file yang ingin diubah ukurannya. Pastikan file tersebut sudah tersimpan terlebih dahulu di dalam akun Canva Anda.

Klik Tombol Resize

Setelah file terbuka, perhatikan panel desain Canva yang terletak di atas file. Di panel tersebut, Anda akan menemukan tombol Resize. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pengubahan ukuran desain.

Pilih Opsi Ukuran

Setelah mengklik tombol Resize, pilih salah satu opsi ukuran yang tersedia di Canva atau buat ukuran kustom sesuai keinginan Anda. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar desain tetap terlihat proporsional dan tidak terdistorsi.

Terapkan Perubahan

Setelah memilih ukuran yang diinginkan, klik tombol Apply size untuk menerapkan perubahan pada desain. Pastikan semua elemen desain tetap proporsional dengan ukuran yang baru.

Ubah Ukuran Elemen Individu

Jika Anda ingin mengubah ukuran elemen desain secara individual, klik elemen tersebut dan pilih opsi Resize. Atur ukuran elemen sesuai keinginan dengan menyeret kotak ukuran atau memasukkan angka secara manual. Pastikan elemen tersebut tetap proporsional dengan ukuran desain yang baru.

Ubah Ukuran Latar Belakang atau Canvas

Jika diperlukan, Anda juga dapat mengubah ukuran latar belakang atau canvas. Pastikan semua elemen desain tetap proporsional dengan ukuran yang baru.

Periksa Proporsi dan Konsistensi Desain

Setelah mengubah ukuran desain, jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali proporsi dan konsistensi desain. Hal ini bertujuan agar desain tetap terlihat estetis dan tidak terdistorsi.

Simpan dan Unduh Desain

Terakhir, simpan dan unduh desain dengan ukuran baru yang telah diubah tadi. Pastikan file tersebut tersimpan dengan format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran desain di Canva setelah diedit.

Berikut ini adalah pandangan jurnalis tentang cara mengubah ukuran di Canva setelah diedit:

Proses Mengubah Ukuran di Canva Setelah Diedit

  1. Buka desain Canva yang ingin diubah ukurannya.
  2. Klik tombol Ukuran di bagian atas tampilan.
  3. Pilih salah satu opsi ukuran yang tersedia atau tetapkan ukuran kustom.
  4. Tekan tombol Terapkan ke Semua untuk mengubah ukuran desain secara keseluruhan.
  5. Atur ulang elemen desain agar sesuai dengan ukuran baru jika diperlukan.
Baca Juga  cara membuat landscape aplikasi canva

Pro dan Kontra Cara Mengubah Ukuran di Canva Setelah Diedit

Keuntungan:

  • Menghemat waktu karena tidak perlu membuat desain baru dari awal ketika ingin mengubah ukurannya.
  • Memudahkan pengguna untuk membuat variasi ukuran pada desain yang sama, seperti untuk keperluan media sosial yang memerlukan ukuran berbeda-beda.
  • Memungkinkan pengguna untuk melihat hasil akhir desain dalam berbagai ukuran sebelum memutuskan untuk mencetak atau mempublikasikannya.

Kerugian:

  • Tidak selalu memberikan hasil yang optimal jika desain asli dibuat untuk ukuran tertentu dan diubah secara drastis.
  • Dapat mengubah proporsi visual dan memengaruhi estetika desain jika tidak dilakukan dengan hati-hati.
  • Mungkin perlu melakukan penyesuaian manual pada beberapa elemen desain untuk membuatnya sesuai dengan ukuran baru, yang dapat memakan waktu dan mengganggu produktivitas.

Bagi seorang desainer grafis, Canva menjadi salah satu platform yang sangat membantu dalam membuat desain-desain kreatif. Namun, seringkali kita mengalami kesulitan ketika ingin mengubah ukuran desain yang sudah diedit di Canva. Nah, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan tips cara mengubah ukuran di Canva setelah diedit.

Pertama-tama, setelah kamu selesai mengedit desain di Canva, klik tombol Unduh pada bagian kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi All Pages dan PDF – Print untuk mengunduh desain dalam format PDF. Setelah itu, buka file PDF tersebut menggunakan Adobe Acrobat Reader atau software sejenisnya. Pada menu Print, pilih opsi Poster dan atur ukuran poster yang diinginkan. Jangan lupa untuk memeriksa preview agar ukuran desain sesuai dengan keinginanmu.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa kamu coba. Setelah mengedit desain di Canva, klik tombol File dan pilih opsi Save as Template. Kemudian, buka template baru dan pilih desain yang ingin diubah ukurannya. Setelah itu, klik tombol Resize pada bagian kanan atas layar dan atur ukuran yang diinginkan. Dengan cara ini, kamu bisa mengubah ukuran desain secara langsung tanpa perlu mengunduh file PDF terlebih dahulu.

Jadi, itulah tips cara mengubah ukuran di Canva setelah diedit yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat desain-desain yang kreatif. Selamat mencoba!

Video cara mengubah ukuran di canva setelah diedit

Visit Video

Pertanyaan yang Sering Diajukan: Cara Mengubah Ukuran di Canva Setelah Diedit

Jawaban:

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang mudah digunakan dan populer di kalangan pengguna internet. Canva menyediakan berbagai macam template desain yang memudahkan penggunanya dalam membuat desain grafis seperti poster, kartu ucapan, dekorasi kamar, dan banyak lagi.

Namun, bagaimana jika setelah kita membuat desain grafis di Canva, kita ingin mengubah ukurannya? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengubah ukuran di Canva setelah diedit:

  1. Buka desain grafis yang ingin diubah ukurannya.
  2. Pilih menu “Resize” di bagian atas halaman.
  3. Pilih opsi “Custom Dimensions”.
  4. Masukkan ukuran baru yang diinginkan.
  5. Klik tombol “Apply” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna Canva dapat dengan mudah mengubah ukuran desain grafis yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah ukuran elemen tertentu pada desain grafis dengan memilih elemen tersebut dan memilih opsi “Resize”.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengubah ukuran desain grafis di Canva setelah diedit, cukup ikuti langkah-langkah di atas dan desain grafis Anda akan siap digunakan dengan ukuran yang diinginkan.