Breaking News

Cara Mengurus Kk Online Surabaya

Cara mengurus KK online Surabaya cepat dan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh pemerintah kota Surabaya. #KKSurabaya #Online

Cara mengurus KK online Surabaya sangatlah mudah dan praktis. Dalam era digital seperti saat ini, proses pengurusan dokumen bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa harus datang ke kantor. Bagi warga Surabaya yang ingin membuat atau memperbarui Kartu Keluarga (KK), Anda bisa melakukan secara online melalui website resmi Pemerintah Kota Surabaya. Berikut adalah panduan lengkap mengenai cara mengurus KK online Surabaya:

Cara Mengurus KK Online Surabaya

Persiapan

Sebelum mengurus KK online di Surabaya, pastikan kamu sudah memiliki KTP dan nomor handphone yang aktif. Selain itu, pastikan juga koneksi internetmu stabil.

Masuk ke Website

Buka website resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya di https://dispendukcapil.surabaya.go.id/.

Klik E-Layanan KK Online

Pada halaman utama website, cari menu E-Layanan. Kemudian, klik opsi KK Online.

Pilih Pilihan Layanan

Pada halaman KK Online, pilih layanan yang kamu butuhkan. Ada beberapa pilihan layanan, seperti permintaan KK baru atau penggantian KK rusak/hilang.

Isi Data Diri

Setelah memilih layanan, kamu akan diminta untuk mengisi data diri. Pastikan mengisi semua kolom dengan benar dan lengkap.

Unggah Dokumen Pendukung

Selanjutnya, kamu harus mengunggah dokumen pendukung seperti KTP dan akta kelahiran. Pastikan file yang diunggah jelas dan dalam format yang sesuai.

Bayar Biaya Administrasi

Setelah mengunggah dokumen, kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Lakukan pembayaran biaya administrasi sesuai dengan jumlah yang tertera.

Verifikasi Data

Setelah melakukan pembayaran, data yang kamu isi akan diverifikasi oleh petugas. Pastikan nomor handphone yang kamu gunakan aktif karena petugas akan menghubungi untuk verifikasi.

Tunggu Proses

Setelah data diverifikasi, kamu hanya perlu menunggu proses cetak KK selesai. KK akan dikirim ke alamat yang tertera pada formulir permohonan.

Periksa Status Permohonan

Kamu dapat memeriksa status permohonan KK online melalui website resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Gunakan nomor referensi yang diberikan saat mengajukan permohonan.

Selesai

Itulah cara mengurus KK online di Surabaya. Lebih mudah dan praktis, bukan? Dengan mengurus KK online, kamu tidak perlu lagi mengantri di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya.

Cara Mengurus KK Online Surabaya sangat mudah dan praktis. Pertama, pastikan Anda memiliki perangkat dengan koneksi internet yang stabil seperti laptop, tablet atau smartphone. Kemudian, akses halaman resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya di https://disdukcapil.surabaya.go.id/. Pilih menu layanan online dan klik pada pembuatan Kartu Keluarga (KK). Sebelum melanjutkan ke proses pengurusan, pastikan Anda membaca dan memahami syarat serta ketentuan yang berlaku. Jika Anda telah memiliki KK sebelumnya dan ingin melakukan perubahan data, masukkan nomor KK lama Anda. Isikan formulir dengan data yang benar dan lengkap sesuai dengan dokumen identitas yang Anda miliki. Jangan lupa unggah dokumen pendukung seperti KTP, Surat Nikah, dan Akta Kelahiran yang dibutuhkan untuk proses pengurusan. Setelah itu, pilih lokasi tempat Anda ingin mengambil KK setelah proses pengurusan selesai. Pastikan lokasi yang dipilih dekat dengan tempat tinggal Anda. Konfirmasi data yang telah diisi benar dengan melakukan konfirmasi. Setelah melakukan konfirmasi, Anda akan mendapatkan nomor resi serta jadwal pengambilan KK. Segera ambil KK Anda pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, proses mengurus KK online di Surabaya akan lebih cepat dan mudah dilakukan.

Cara mengurus KK online di Surabaya sangatlah mudah dan praktis. Berikut adalah panduan lengkapnya:

Langkah 1: Persiapkan Dokumen

  1. Siapkan KTP, akta kelahiran, dan surat nikah (jika sudah menikah).
  2. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah di-scan atau difoto dengan baik.

Langkah 2: Akses Website Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya

  1. Buka website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya di https://dukcapil.surabaya.go.id.
  2. Pilih menu Layanan Online.
  3. Pilih Pengajuan Kartu Keluarga Baru.

Langkah 3: Isi Formulir Online

  1. Isi formulir online sesuai dengan data pada dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Unggah dokumen yang sudah di-scan atau difoto.

Langkah 4: Verifikasi Data

  1. Setelah mengisi formulir, maka akan muncul halaman verifikasi data.
  2. Periksa kembali data yang telah diisi. Jika terdapat kesalahan, maka dapat mengubahnya di bagian Ubah Data.

Langkah 5: Konfirmasi dan Bayar

  1. Setelah data di-verifikasi, maka akan muncul halaman konfirmasi dan pembayaran.
  2. Bayar biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Langkah 6: Tunggu Pengiriman KK

  1. Setelah membayar biaya administrasi, maka KK akan segera diproses oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya.
  2. Tunggu pengiriman KK ke alamat yang sudah diisi pada formulir pendaftaran.

Dengan mengikuti panduan di atas, mengurus KK online di Surabaya menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang cara mengurus KK online di Surabaya. Kami harap informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam proses pengurusan KK secara online. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan persyaratan dan prosedur yang berlaku agar pengurusan KK dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi tambahan, pengurusan KK online di Surabaya memang memudahkan masyarakat dalam proses administrasi. Namun, pastikan bahwa data yang Anda berikan sudah benar dan sesuai dengan dokumen asli. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan atau penolakan dalam proses pengurusan KK.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam proses pengurusan KK online di Surabaya, jangan ragu untuk menghubungi pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Mereka akan siap membantu dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk memudahkan Anda dalam pengurusan KK online.

Video Cara Mengurus Kk Online Surabaya

Visit Video

Orang-orang sering bertanya tentang cara mengurus KK online di Surabaya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara mengurus KK online di Surabaya?

    Untuk mengurus KK online di Surabaya, Anda dapat mengunjungi situs web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya. Di sana, Anda dapat mengisi formulir permohonan dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Setelah itu, Anda akan menerima nomor pendaftaran dan dapat mengikuti proses pengambilan KK.

  2. Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mengurus KK online di Surabaya?

    Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus KK online di Surabaya antara lain:

    • Kartu identitas penduduk (KTP) atau surat keterangan domisili
    • Kartu keluarga (KK) lama
    • Akta kelahiran atau akta nikah
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus KK online di Surabaya?

    Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus KK online di Surabaya tergantung pada jumlah permohonan yang sedang diproses oleh Disdukcapil. Namun, biasanya proses ini memakan waktu sekitar 7-14 hari kerja.

  4. Apakah ada biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus KK online di Surabaya?

    Ya, untuk mengurus KK online di Surabaya, Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 25.000,-.

  5. Bisakah saya mengurus KK online di Surabaya jika saya tidak memiliki akses internet?

    Jika Anda tidak memiliki akses internet, Anda dapat mengunjungi kantor Disdukcapil Kota Surabaya untuk mengurus KK secara konvensional.