Breaking News

Cara Mengurus Pirt Surabaya

Cara mudah mengurus PIRT di Surabaya. Dapatkan informasi lengkap mengenai persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan.

Cara mengurus PIRT Surabaya sangatlah penting bagi para pelaku usaha makanan dan minuman. Sebab, dengan memiliki sertifikat PIRT, produk Anda akan dianggap aman dan halal oleh konsumen. Namun, tahapan pengurusannya bisa jadi membingungkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, berikut ini kami akan memberikan instruksi lengkap tentang cara mengurus PIRT Surabaya secara mudah dan cepat.

Pendahuluan

Pembuatan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) Surabaya merupakan salah satu hal yang harus dilakukan bagi pengusaha yang ingin memproduksi makanan dan minuman secara massal. PIRT Surabaya diperlukan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku. Berikut adalah langkah-langkah mengurus PIRT Surabaya.

Mengajukan Permohonan PIRT

Langkah pertama dalam mengurus PIRT Surabaya adalah mengajukan permohonan PIRT ke Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Permohonan ini dapat diajukan secara online melalui website resmi Dinas Kesehatan Kota Surabaya atau langsung datang ke kantor Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

1. Persyaratan saat mengajukan permohonan PIRT

Saat mengajukan permohonan PIRT, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Surat permohonan dari pemilik usaha
  • KTP pemilik usaha
  • NPWP
  • Bukti kepemilikan tempat usaha
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • Denah lokasi dan gambar bangunan
  • Daftar peralatan produksi

2. Biaya pengajuan permohonan PIRT

Untuk mengajukan permohonan PIRT Surabaya, pengusaha harus membayar biaya administrasi sebesar Rp75.000. Selain itu, ada juga biaya uji sampel sebesar Rp350.000 untuk setiap produk yang akan diuji.

Pemeriksaan dan Uji Sampel

Setelah permohonan PIRT diajukan, Dinas Kesehatan Kota Surabaya akan melakukan pemeriksaan dan uji sampel terhadap produk yang akan diproduksi. Pemeriksaan dan uji sampel dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

1. Persyaratan saat pemeriksaan dan uji sampel

Saat pemeriksaan dan uji sampel, pengusaha harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Menyiapkan produk sampel
  • Menyiapkan peralatan produksi
  • Menyiapkan bahan baku yang digunakan

2. Biaya pemeriksaan dan uji sampel

Untuk pemeriksaan dan uji sampel, pengusaha harus membayar biaya uji laboratorium sebesar Rp350.000 untuk setiap produk yang akan diuji. Biaya ini harus dibayarkan sebelum pemeriksaan dan uji sampel dilakukan.

Penerbitan Sertifikat PIRT

Jika produk yang dihasilkan lolos pemeriksaan dan uji sampel, Dinas Kesehatan Kota Surabaya akan menerbitkan sertifikat PIRT. Sertifikat ini menandakan bahwa produk yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

1. Persyaratan saat pengambilan sertifikat PIRT

Saat pengambilan sertifikat PIRT, pengusaha harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Membawa surat permohonan PIRT
  • Membawa bukti pembayaran biaya administrasi dan uji sampel
  • Membawa KTP pemilik usaha
  • Membawa NPWP

2. Biaya pengambilan sertifikat PIRT

Untuk pengambilan sertifikat PIRT, pengusaha tidak dikenakan biaya apapun.

Kesimpulan

Mengurus PIRT Surabaya tidaklah sulit jika pengusaha memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Dengan memiliki sertifikat PIRT, pengusaha dapat memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

Cara Mengurus PIRT Surabaya

Halo! Jika Anda ingin mengurus PIRT di Surabaya, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Persiapkan Dokumen

Pastikan Anda memiliki dokumen yang lengkap, seperti KTP, NPWP, sertifikat pendirian usaha, dan dokumen izin usaha lainnya.

2. Kunjungi Dinas Kesehatan Kota Surabaya

Kunjungi Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk melakukan pendaftaran dan pengajuan permohonan PIRT.

3. Isi Formulir Permohonan PIRT

Siapkan formulir permohonan PIRT dan lengkapi dengan data lengkap sesuai yang diminta. Sebelum mengisi formulir, pastikan Anda membaca dan memahami prosedur pengajuan PIRT di Surabaya.

4. Lampirkan Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir, jangan lupa lampirkan dokumen pendukung lainnya yang diminta.

5. Serahkan Dokumen ke Petugas Dinas Kesehatan

Setelah semua persyaratan dipenuhi, serahkan dokumen ke petugas Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

6. Tunggu Proses Pengecekan

Tunggu proses pengecekan dan verifikasi dokumen oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

7. Dapatkan Sertifikat PIRT

Jika dokumen sudah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, Anda akan diberikan sertifikat PIRT oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

8. Ikuti Aturan dan Standar

Pastikan Anda selalu mengikuti aturan dan standar yang sudah ditetapkan untuk menjaga keamanan dan kualitas produk yang dihasilkan.

9. Perbaharui Sertifikat PIRT

Jangan lupa untuk memperbaharui sertifikat PIRT Anda secara berkala agar bisnis Anda selalu memenuhi standar dan mengikuti peraturan yang berlaku.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengurus PIRT di Surabaya. Jangan ragu untuk menghubungi Dinas Kesehatan Kota Surabaya jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut. Terima kasih!

Cara Mengurus PIRT Surabaya

PIRT atau Penyuluhan Industri Rumah Tangga merupakan sebuah sertifikat yang diberikan kepada produk makanan dan minuman hasil produksi rumah tangga. Sertifikat ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan pangan bagi konsumen.

Jika Anda ingin mengurus PIRT di Surabaya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mengisi formulir permohonan PIRT yang dapat diunduh dari situs web resmi Dinas Kesehatan Kota Surabaya.
  2. Melampirkan fotokopi KTP pemilik usaha dan fotokopi KK sebagai bukti alamat usaha.
  3. Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter atau tenaga medis lainnya yang sudah memiliki izin praktik di Surabaya.
  4. Menyerahkan surat izin usaha dari instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surabaya.
  5. Menyerahkan contoh produk makanan/minuman yang akan didaftarkan untuk dilakukan uji laboratorium. Contoh produk harus diambil dari produksi terakhir dan tidak lebih dari 3 bulan.
  6. Membayar biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Menyerahkan berkas permohonan PIRT beserta persyaratan yang telah dilampirkan ke Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Proses pengurusan PIRT membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja. Setelah permohonan disetujui, Anda akan mendapatkan sertifikat PIRT yang berlaku selama 1 tahun dan dapat diperpanjang.

Tone yang digunakan dalam instruksi ini adalah formal dan jelas. Instruksi disusun secara sistematis dengan menggunakan bullet dan numbering agar mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, pada instruksi ini juga ditambahkan penjelasan singkat mengenai apa itu PIRT dan tujuannya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik bagi pembaca.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai cara mengurus PIRT Surabaya. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat membantu Anda dalam mengurus izin produk makanan di Surabaya.

Sebagai penutup, pastikan untuk memperhatikan semua persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan dalam pengurusan PIRT Surabaya. Jangan lupa untuk membayar biaya administrasi yang telah ditentukan oleh pemerintah kota Surabaya. Dengan mengikuti prosedur yang benar, Anda dapat dengan mudah mendapatkan izin PIRT dan menjalankan bisnis kuliner Anda dengan aman dan legal.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk menghubungi instansi terkait jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengurusan PIRT Surabaya. Selamat mengurus izin PIRT dan sukses dalam bisnis kuliner Anda!

Video Cara Mengurus Pirt Surabaya

Visit Video

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Mengurus PIRT Surabaya

  1. Apakah PIRT itu?

    PIRT adalah singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Sertifikat PIRT mengindikasikan bahwa makanan yang diproduksi di rumah tangga telah memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan.

  2. Bagaimana cara mengurus PIRT di Surabaya?

    Untuk mengurus PIRT di Surabaya, Anda harus mengajukan permohonan ke Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Anda juga perlu melakukan tes lab untuk memastikan bahwa makanan yang Anda produksi aman dan sehat dikonsumsi. Setelah itu, Anda akan diberikan sertifikat PIRT jika memenuhi standar yang ditentukan.

  3. Berapa biaya untuk mengurus PIRT di Surabaya?

    Biaya untuk mengurus PIRT di Surabaya bervariasi tergantung pada jenis makanan yang diproduksi dan jumlah produk. Namun, biaya umumnya berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

  4. Berapa lama proses pengurusan PIRT di Surabaya?

    Proses pengurusan PIRT di Surabaya dapat memakan waktu sekitar 1-2 minggu, tergantung pada volume dan jenis produk makanan yang dihasilkan. Pastikan untuk mengajukan permohonan dengan waktu yang cukup agar proses pengurusan dapat dilakukan secara tepat waktu.

  5. Apakah PIRT harus diperbaharui setiap tahun?

    Ya, sertifikat PIRT harus diperbaharui setiap tahun untuk memastikan bahwa makanan yang diproduksi tetap memenuhi standar keamanan dan kesehatan pangan yang ditetapkan. Anda akan diberi tahu oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya ketika waktu perpanjangan tiba.