Breaking News

Cara Mengurus Stnk Hilang Surabaya

Cara Mengurus Stnk Hilang Surabaya

Cara mengurus STNK hilang di Surabaya dengan mudah dan cepat. Simak langkah-langkahnya di sini dan jangan biarkan masalah STNK hilang mengganggu aktivitasmu.

Cara mengurus STNK hilang di Surabaya bisa menjadi hal yang membingungkan dan menyita waktu. Namun, jangan khawatir! Kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara mengurus STNK hilang dengan mudah dan cepat.

Pertama-tama, pastikan untuk segera melaporkan kehilangan STNK Anda ke pihak kepolisian. Hal ini akan sangat membantu proses pengurusan STNK baru nantinya. Setelah itu, siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat keterangan kehilangan dari kepolisian, fotokopi KTP dan BPKB, serta bukti pembayaran pajak kendaraan terakhir.

Setelah semua dokumen terkumpul, kunjungi Samsat terdekat untuk mengurus penggantian STNK. Jangan lupa membawa semua dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya, ikuti petunjuk dari petugas Samsat dengan baik dan patuhi semua aturan yang ada.

Terakhir, bayar biaya penggantian STNK sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah semua proses pengurusan selesai, Anda akan mendapatkan STNK baru yang dapat digunakan kembali. Ingatlah untuk selalu menjaga dokumen kendaraan dengan baik agar tidak hilang atau rusak lagi di masa depan.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mengurus STNK hilang di Surabaya dengan mudah dan cepat. Pastikan untuk melakukan semua proses dengan teliti dan sabar, sehingga tidak terjadi kendala atau masalah di kemudian hari. Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam mengurus STNK yang hilang.

Pendahuluan

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Namun, terkadang ada kejadian di mana STNK hilang dan membuat pemilik kendaraan merasa khawatir. Apabila Anda berdomisili di Surabaya, berikut adalah cara mengurus STNK hilang di Surabaya.

Baca Juga  Cara Mengurus Stnk Hilang Tidak Ada Fotokopi

Mencari STNK Yang Hilang

Sebelum mengurus penggantian STNK, pastikan terlebih dahulu bahwa STNK Anda benar-benar hilang. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari STNK yang hilang, antara lain:

Cek di Tempat Penyimpanan

Periksa kembali tempat penyimpanan STNK seperti bagasi kendaraan atau dompet Anda. Kadang-kadang STNK tercecer atau tertinggal di sana.

Cek di Kantor Polisi

Jika Anda kehilangan STNK bersama-sama dengan KTP atau dompet, kemungkinan besar orang yang menemukannya akan menyerahkannya ke kantor polisi. Coba periksa di kantor polisi terdekat dari tempat kehilangan Anda.

Cek di Jalan Raya

Jika Anda kehilangan STNK saat berkendara, coba periksa jalan raya sekitar area kehilangan. Mungkin saja STNK tercecer di jalan.

Melapor ke Kepolisian

Jika Anda tidak berhasil menemukan STNK yang hilang, segera lapor ke kantor polisi terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Siapkan Dokumen

Sebelum memulai proses melapor, pastikan Anda membawa dokumen-dokumen seperti KTP dan dokumen kendaraan yang sah.

Isi Formulir Laporan

Isi formulir laporan kehilangan yang disediakan oleh petugas polisi. Pastikan data yang Anda isi lengkap dan akurat.

Tunggu Surat Keterangan Kehilangan

Setelah mengisi formulir laporan, tunggu surat keterangan kehilangan dari petugas polisi. Surat ini diperlukan saat mengurus penggantian STNK di Samsat.

Mengurus Penggantian STNK di Samsat

Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kantor polisi, segera mengurus penggantian STNK di Samsat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Siapkan Dokumen

Sebelum mengurus penggantian STNK, pastikan Anda membawa dokumen-dokumen seperti surat keterangan kehilangan, KTP, BPKB, dan STCK.

Lengkapi Formulir

Isi formulir penggantian STNK yang disediakan oleh petugas Samsat. Pastikan data yang Anda isi lengkap dan sesuai dengan dokumen yang dibawa.

Bayar Biaya Penggantian

Setelah mengisi formulir, Anda akan diberikan informasi mengenai biaya penggantian STNK. Bayar biaya tersebut sesuai dengan yang ditentukan oleh petugas Samsat.

Tunggu STNK Baru

Setelah membayar biaya penggantian, tunggu STNK baru Anda dicetak oleh petugas Samsat. Biasanya STNK baru dapat diambil pada hari yang sama atau beberapa hari kemudian.

Kesimpulan

Mengurus STNK hilang memang memakan waktu dan biaya. Namun, sebagai pemilik kendaraan, STNK adalah dokumen penting yang harus dijaga keberadaannya. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati dalam menjaga dokumen kendaraan agar tidak hilang atau dicuri.

Baca Juga  Cara Mengurus Spt Tahunan

Cara Mengurus STNK Hilang di Surabaya

Anda kehilangan STNK di Surabaya? Jangan khawatir, berikut adalah cara mengurusnya:

1. Kunjungi Kantor Polisi

Pertama, kunjungi kantor polisi terdekat untuk melaporkan hilangnya STNK Anda. Polisi akan memberikan surat keterangan kehilangan yang nantinya akan dibutuhkan saat mengurus penggantian STNK.

2. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, fotokopi BPKB, dan fotokopi surat keterangan hilang dari kantor polisi.

3. Unduh Formulir

Unduh formulir pengajuan penggantian STNK dari website Samsat Surabaya atau dapatkan langsung di kantor Samsat Surabaya.

4. Isi Formulir

Isi formulir dengan lengkap dan jangan lupa cantumkan nomor surat keterangan hilang dari kantor polisi.

5. Lampirkan Dokumen

Lampirkan dokumen yang telah disiapkan ke dalam map dan bawa ke kantor Samsat Surabaya.

6. Kesan Sidik Jari

Lakukan kesan sidik jari di kantor Samsat Surabaya dengan cara meminta petugas untuk melakukan scan sidik jari.

7. Bayar Biaya Penggantian

Bayar biaya penggantian STNK sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Biaya ini dapat dilihat di website Samsat Surabaya atau di kantor Samsat Surabaya.

8. Tunggu Cetak STNK Baru

Tunggu hingga STNK baru Anda dicetak. Waktu pembuatan STNK baru adalah sekitar 5-7 hari kerja.

9. Ambil STNK Baru

Setelah STNK baru Anda selesai dicetak, ambil di kantor Samsat Surabaya dengan membawa surat keterangan hilang dari kantor polisi dan kwitansi pembayaran.

10. Pasang STNK Baru

Pasang STNK baru di kendaraan Anda sesuai aturan yang berlaku.Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurus penggantian STNK hilang dengan mudah dan cepat di Surabaya. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang dibutuhkan agar proses penggantian STNK Anda berjalan lancar. Semoga informasi ini dapat membantu Anda!

Berikut adalah cara mengurus STNK hilang di Surabaya:

  1. Siapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan, yaitu:
    • KTP asli dan fotokopi;
    • Surat tanda bukti kepemilikan kendaraan (STNK) yang hilang;
    • Bukti lapor kehilangan dari kepolisian;
    • Fotokopi BPKB kendaraan;
    • Pajak kendaraan yang terakhir dibayarkan.
  2. Datang ke Samsat atau kantor Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya untuk mengurus pengurusan STNK yang hilang.
  3. Isi formulir permohonan penggantian STNK yang hilang.
  4. Bayar biaya administrasi penggantian STNK yang hilang sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
  5. Tunggu proses penggantian STNK yang hilang selama kurang lebih 5-7 hari kerja.
  6. Setelah proses penggantian selesai, ambil STNK baru di kantor Samsat atau Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya dengan membawa KTP asli dan fotokopi, serta bukti pembayaran biaya administrasi.
Baca Juga  Cara Mengurus E Ktp Malang

Dalam mengurus penggantian STNK yang hilang di Surabaya, pastikan Anda mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian dan Samsat setempat. Pastikan juga untuk membawa seluruh persyaratan yang diperlukan agar proses pengurusan berjalan lancar. Penting juga untuk memastikan bahwa biaya administrasi sudah terbayar dengan benar.

Dalam mengikuti prosedur tersebut, pastikan Anda menggunakan suara yang sopan dan ramah kepada petugas yang bertugas. Jangan lupa untuk selalu menjaga sikap santun dan sabar dalam menghadapi setiap kendala yang mungkin terjadi selama proses pengurusan STNK hilang di Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkannya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang cara mengurus STNK hilang di Surabaya. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kehilangan STNK. Kami harap Anda dapat mengikuti instruksi yang telah kami sampaikan dengan baik.

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk mengurus STNK hilang, seperti fotokopi KTP dan BPKB. Kemudian, pergi ke kantor Samsat terdekat dengan membawa dokumen tersebut dan melaporkan kehilangan STNK Anda. Jangan lupa untuk membayar biaya administrasi yang diperlukan.

Jika Anda mengalami kesulitan atau memerlukan bantuan tambahan dalam mengurus STNK hilang Anda, jangan ragu untuk menghubungi petugas Samsat setempat atau mencari bantuan dari agen layanan jasa pengurusan STNK. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kesulitan dan mempercepat proses pengurusan STNK hilang Anda.

Video Cara Mengurus Stnk Hilang Surabaya

Visit Video

People Also Ask Tentang Cara Mengurus STNK Hilang di Surabaya

  1. Berapa lama proses pengurusan STNK hilang di Surabaya?
  2. Proses pengurusan STNK hilang di Surabaya memakan waktu sekitar 14-21 hari kerja.

  3. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus STNK hilang di Surabaya?
  4. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus STNK hilang di Surabaya antara lain:

    • KTP asli dan fotokopi
    • Surat kehilangan dari kepolisian
    • Fotokopi BPKB dan STNK yang hilang
    • Formulir pengurusan STNK hilang yang telah diisi
    • Bukti pembayaran pajak kendaraan terakhir
  5. Apakah harus datang langsung ke SAMSAT untuk mengurus STNK hilang di Surabaya?
  6. Ya, Anda harus datang langsung ke SAMSAT Surabaya untuk mengurus STNK hilang.

  7. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus STNK hilang di Surabaya?
  8. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus STNK hilang di Surabaya bervariasi, tergantung pada jenis kendaraan. Namun, secara umum biayanya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

  9. Bagaimana cara mengurus STNK hilang di Surabaya jika tidak memiliki surat kehilangan dari kepolisian?
  10. Jika tidak memiliki surat kehilangan dari kepolisian, Anda harus membuat laporan kehilangan terlebih dahulu di kepolisian setempat. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan surat kehilangan dan melanjutkan proses pengurusan STNK hilang di SAMSAT Surabaya.