Breaking News

cara setting kertas landscafe pada canva tube

cara setting kertas landscafe pada canva tube

Cara mudah setting kertas landscape di Canva Tube untuk membuat desain yang lebih keren dan profesional. Cek tutorial lengkapnya sekarang!

Bagi seorang desainer grafis atau pun mahasiswa desain, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva. Platform desain online yang satu ini memang sangat populer dan menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk membuat berbagai macam desain. Salah satu fitur yang ada di Canva adalah kemampuan untuk mengatur ukuran kertas, termasuk kertas landscape. Namun, bagaimana sih cara setting kertas landscape pada Canva? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah membuka Canva dan masuk ke halaman desainmu. Kemudian, klik pada opsi Size yang terletak di pojok kiri atas layar. Setelah itu, pilih opsi Custom Dimensions. Dalam menu ini, kamu bisa mengatur ukuran kertas sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin membuat desain dengan kertas landscape, pastikan untuk mengatur lebar (width) lebih besar dari tinggi (height). Misalnya, kamu bisa mengatur ukuran kertas menjadi 1920px x 1080px, yang artinya lebarnya lebih panjang dari tingginya. Setelah itu, klik Create new design dan voila! Kamu sudah berhasil membuat desain dengan kertas landscape pada Canva.

Nah, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat desain menggunakan kertas landscape dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk bereksperimen dengan berbagai ukuran kertas dan menghasilkan desain-desain yang menarik dan kreatif. Happy designing!

Cara Setting Kertas Landscape pada Canva Tube

Pengenalan

Canva merupakan platform desain grafis daring yang banyak digunakan oleh para desainer, blogger, hingga influencer. Canva menyediakan berbagai template yang siap pakai, sehingga memudahkan pengguna dalam membuat desain. Salah satu kelebihan Canva yaitu pengguna dapat mengatur ukuran kertas sesuai kebutuhan. Pada artikel ini, akan dibahas cara setting kertas landscape pada Canva Tube.

Langkah 1: Masuk ke Canva Tube

Pertama-tama, masuklah ke Canva Tube melalui website resmi Canva atau melalui aplikasi di smartphone. Setelah berhasil masuk, kita akan langsung diarahkan ke halaman awal Canva Tube.

Langkah 2: Buat Desain Baru

Setelah masuk ke halaman awal Canva Tube, pilihlah opsi Create a design. Kemudian pilihlah ukuran kertas yang diinginkan. Pada bagian ini, kita dapat memilih ukuran kertas sesuai kebutuhan, baik itu untuk poster, undangan, maupun media sosial.

Baca Juga  cara design infografis dengan canva

Langkah 3: Ubah Orientasi Kertas

Setelah memilih ukuran kertas, ubahlah orientasi kertas dari potrait menjadi landscape. Caranya adalah dengan menekan tombol Orientation dan pilih opsi Landscape. Setelah itu, kertas akan berubah menjadi landscape.

Langkah 4: Atur Margin

Setelah mengubah orientasi kertas, aturlah margin kertas. Margin digunakan untuk mengatur batas-batas desain yang akan dibuat agar tidak terpotong atau keluar dari kertas. Setelah itu, tekan tombol Done pada bagian atas layar.

Langkah 5: Mulai Desain

Setelah melakukan setting kertas, kita dapat mulai membuat desain sesuai kebutuhan. Canva menyediakan berbagai template desain yang siap pakai dan juga fitur untuk mengupload gambar atau logo sendiri.

Langkah 6: Mengatur Background

Pada bagian ini, kita dapat mengatur background desain. Canva menyediakan berbagai pilihan gambar atau warna latar belakang yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Langkah 7: Menambahkan Text

Setelah mengatur background, kita dapat menambahkan teks pada desain. Canva menyediakan berbagai font dan ukuran huruf yang dapat dipilih. Selain itu, kita juga dapat mengatur warna dan efek pada teks.

Langkah 8: Menambahkan Gambar

Selain teks, kita juga dapat menambahkan gambar pada desain. Canva menyediakan berbagai pilihan gambar yang dapat digunakan, atau kita juga dapat mengupload gambar sendiri pada desain.

Langkah 9: Menambahkan Icon

Canva juga menyediakan berbagai icon yang dapat digunakan sebagai tambahan pada desain. Icon tersebut dapat diubah warna dan ukurannya sesuai kebutuhan.

Langkah 10: Menyimpan Desain

Setelah selesai membuat desain, kita dapat menyimpannya dengan menekan tombol Unduh pada bagian atas layar. Canva menyediakan berbagai opsi format file yang dapat dipilih, seperti PNG, JPG, maupun PDF.Itulah cara setting kertas landscape pada Canva Tube. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat desain dengan ukuran kertas yang sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Pengenalan Cara Setting Kertas Landscape pada Canva Tube

Canva Tube adalah platform desain grafis online yang memudahkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain dengan menggunakan template dan elemen desain yang sudah tersedia. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan di Canva Tube adalah setting kertas landscape. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara setting kertas landscape pada Canva Tube dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

Langkah Pertama: Buat Akun di Canva Tube

Untuk mengakses Canva Tube dan menggunakan berbagai fitur yang tersedia, pertama-tama buatlah akun terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kunjungi situs web Canva Tube di www.canva.com dan klik tombol Sign up di pojok kanan atas halaman. Kemudian, isi formulir pendaftaran dengan alamat email dan password yang ingin digunakan untuk login ke akun Canva Tube Anda.

Langkah Kedua: Pilih Jenis Kertas

Selanjutnya, setelah berhasil login ke akun Canva Tube, pilih jenis kertas yang ingin digunakan untuk desain Anda. Ada banyak pilihan kertas yang tersedia di Canva Tube, mulai dari kertas kosong, kertas bergaris, kertas gambar, hingga kertas kado. Pilihlah jenis kertas yang sesuai dengan kebutuhan desain Anda.

Baca Juga  cara membuat brosur canva

Langkah Ketiga: Ubah Orientasi Kertas menjadi Landscape

Setelah memilih jenis kertas yang diinginkan, ubahlah orientasi kertas menjadi landscape. Caranya cukup mudah, klik ikon Orientation di bagian atas halaman dan pilih opsi Landscape. Setelah itu, kertas akan berubah menjadi posisi horizontal.

Langkah Keempat: Atur Ukuran Kertas

Setelah mengubah orientasi kertas menjadi landscape, atur ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Canva Tube menyediakan beberapa pilihan ukuran kertas yang sudah tersedia, namun jika ingin menggunakan ukuran kertas yang spesifik, bisa mengatur ukuran kertas secara manual. Caranya, klik ikon Size di bagian atas halaman dan pilih opsi Custom dimensions. Kemudian, masukkan ukuran kertas yang diinginkan pada kolom panjang dan lebar kertas.

Langkah Kelima: Tambahkan Element Desain

Setelah mengatur ukuran kertas, tambahkan elemen desain pada kertas. Canva Tube menyediakan banyak pilihan elemen desain yang bisa digunakan, seperti bentuk, garis, ikon, dan masih banyak lagi. Pilihlah elemen desain yang ingin ditambahkan dengan cara men-drag dan drop elemen tersebut ke kertas. Kemudian, ubahlah warna atau ukuran elemen desain sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah Keenam: Atur Tampilan Kertas

Setelah menambahkan elemen desain pada kertas, atur tampilan kertas agar lebih menarik dan sesuai dengan tema desain Anda. Canva Tube menyediakan banyak pilihan background dan efek tampilan kertas yang bisa digunakan untuk mempercantik desain. Pilihlah background dan efek tampilan kertas yang sesuai dengan tema desain Anda.

Langkah Ketujuh: Tambahkan Teks

Teks merupakan elemen penting dalam desain grafis, karena bisa digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam desain. Setelah mengatur tampilan kertas, tambahkan teks pada kertas dengan men-drag and drop elemen teks ke kertas. Kemudian, ubahlah jenis font, ukuran, dan warna teks agar sesuai dengan tema desain Anda.

Langkah Delapan: Tambahkan Gambar atau Foto

Selain elemen desain dan teks, gambar atau foto juga bisa digunakan untuk mempercantik desain. Canva Tube menyediakan banyak pilihan gambar dan foto yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Pilihlah gambar atau foto yang sesuai dengan tema desain Anda dan tambahkan ke kertas dengan cara men-drag and drop elemen tersebut ke kertas.

Langkah Terakhir: Simpan Hasil Desain dan Unduh

Setelah selesai menambahkan elemen desain, teks, dan gambar atau foto, simpan hasil desain Anda dan unduh ke komputer atau perangkat lain. Caranya cukup mudah, klik tombol Unduh di bagian atas halaman dan pilih format file yang ingin digunakan untuk menyimpan desain Anda, seperti JPG, PNG, PDF, atau SVG.

Demikianlah cara setting kertas landscape pada Canva Tube dengan langkah-langkah yang mudah dipahami. Dengan menggunakan Canva Tube, Anda bisa membuat berbagai jenis desain dengan cepat dan mudah tanpa harus memiliki kemampuan desain grafis yang tinggi. Selamat mencoba!

Sebagai seorang jurnalis, saya ingin membahas tentang cara setting kertas landscape pada Canva Tube. Dalam dunia jurnalistik, visualisasi yang menarik dan informatif sangat penting dalam memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, Canva Tube menjadi salah satu platform yang populer digunakan untuk membuat desain grafis, terutama dalam membuat infografis.

Baca Juga  cara menggabungkan elemen di canva

Berikut adalah beberapa pros dan cons tentang cara setting kertas landscape pada Canva Tube:

Pros:

  1. Dapat memperluas ruang kerja dan memungkinkan lebih banyak informasi yang dapat dimasukkan ke dalam desain.
  2. Meningkatkan kemudahan dalam pembuatan desain grafis dengan ukuran yang lebih besar.
  3. Membuat desain menjadi lebih menarik dan mudah dibaca oleh audiens.

Cons:

  1. Penggunaan kertas landscape pada Canva Tube dapat memakan waktu lebih lama dalam proses pembuatan desain.
  2. Ukuran yang lebih besar dapat mempengaruhi kualitas gambar jika tidak diperhatikan dengan baik.
  3. Dalam beberapa kasus, penggunaan kertas landscape pada Canva Tube dapat mempersulit proses cetak.

Secara keseluruhan, penggunaan kertas landscape pada Canva Tube dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam memperkuat pesan visual yang ingin disampaikan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan ini juga memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan dengan baik.

Berikut adalah cara setting kertas landscape pada Canva tanpa harus menambahkan judul. Pertama-tama, buka Canva dan pilih ukuran kertas yang diinginkan. Kemudian, klik opsi Background yang terletak di sebelah kiri layar. Pilih warna atau gambar latar belakang yang diinginkan.

Selanjutnya, klik opsi Elements dan pilih opsi Line. Tarik garis horizontal dari ujung kiri ke ujung kanan kertas. Kemudian, klik dua kali pada garis tersebut untuk membuka menu pengaturan. Pada bagian Thickness, atur ketebalan garis hingga mencapai 0 pixel.

Terakhir, klik opsi Unduh dan pilih format file yang diinginkan. Jika ingin menyimpan desain tanpa judul, cukup kosongkan kolom Title sebelum mengunduh file. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat desain dengan kertas landscape pada Canva tanpa harus menambahkan judul. Selamat mencoba!

Demikianlah informasi tentang cara setting kertas landscape pada Canva tanpa harus menambahkan judul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain dengan kertas landscape di Canva. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi seputar dunia desain grafis. Sampai jumpa!

Video cara setting kertas landscafe pada canva tube

Visit Video

Sebagai seorang jurnalis, saya seringkali mendapat pertanyaan dari pembaca mengenai berbagai hal terkait dunia media. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah cara setting kertas landscape pada Canva Tube.

Berikut ini adalah jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang mengenai cara setting kertas landscape pada Canva Tube:

  1. Apa itu Canva Tube?
    • Canva Tube adalah salah satu platform desain grafis online yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam desain grafis seperti poster, spanduk, kartu nama, dan sebagainya.
  2. Apa itu kertas landscape pada Canva Tube?
    • Kertas landscape pada Canva Tube adalah jenis kertas yang digunakan untuk membuat desain grafis dengan orientasi horizontal atau lebar.
  3. Bagaimana cara setting kertas landscape pada Canva Tube?
    • Pertama-tama, buka halaman desain pada Canva Tube.
    • Pilih opsi Custom Dimensions pada bagian kanan atas halaman desain.
    • Pada opsi Width, masukkan angka yang lebih besar daripada angka pada opsi Height.
    • Klik tombol Create new design.
    • Desain grafis Anda sekarang akan memiliki orientasi landscape atau lebar.
  4. Apakah ada opsi preset untuk kertas landscape pada Canva Tube?
    • Ya, Canva Tube menyediakan beberapa opsi preset untuk kertas landscape seperti Facebook Cover, YouTube Channel Art, dan sebagainya. Anda dapat memilih opsi preset ini untuk membuat desain grafis dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Dengan mengetahui cara setting kertas landscape pada Canva Tube, Anda dapat membuat desain grafis dengan orientasi horizontal atau lebar sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!