Breaking News

cara ubah canvas di obs

Cara mengubah ukuran dan posisi canvas di OBS agar tampilan video lebih optimal. Ikuti langkah-langkahnya dengan mudah!

Bagaimana cara mengubah ukuran canvas di OBS? Ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para pengguna OBS. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengubah ukuran canvas di OBS.

Pertama-tama, sebelum kita mulai, mari kita bahas apa itu canvas di OBS. Canvas adalah ruang kerja virtual di mana Anda dapat menambahkan elemen-elemen seperti gambar, video, dan teks untuk membuat tampilan yang diinginkan. Sangat penting bagi para pengguna OBS untuk memahami bagaimana mengubah ukuran canvas, karena ini akan mempengaruhi bagaimana tampilan streaming atau video rekaman akan terlihat.

Jadi, tanpa membuang waktu lagi, mari kita lihat langkah-langkah untuk mengubah ukuran canvas di OBS. Pertama, buka aplikasi OBS dan klik pada menu Settings di bagian bawah kanan layar. Kemudian, pilih opsi Video dan ubah resolusi canvas sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mengklik tombol Apply untuk menyimpan perubahan.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengubah ukuran canvas di OBS! Mudah, bukan? Namun, jangan lupa bahwa Anda harus memastikan bahwa ukuran canvas cocok dengan resolusi output Anda agar hasilnya terlihat sempurna. Selamat mencoba!

Cara Mengubah Ukuran Canvas di OBS

Pengenalan

OBS adalah salah satu aplikasi perekam layar dan penyiaran langsung yang paling populer saat ini. Dalam penggunaannya, pengaturan ukuran canvas sangat penting untuk menyesuaikan tampilan dari rekaman atau siaran yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mengubah ukuran canvas di OBS.

Langkah 1: Buka OBS Studio

Langkah pertama dalam mengubah ukuran canvas di OBS adalah membuka aplikasi OBS Studio. Setelah itu, klik kanan pada panel Sources dan pilih Add.

Baca Juga  5 warna favorit Rasulullah Muhammad SAW

Langkah 2: Tambahkan Sumber

Setelah memilih Add, akan muncul beberapa pilihan sumber. Pilih Display Capture jika ingin merekam atau menyiarkan layar desktop, atau Video Capture Device jika ingin merekam atau menyiarkan video dari kamera.

Langkah 3: Atur Ukuran Canvas

Saat sudah menambahkan sumber, akan muncul jendela pengaturan untuk sumber yang dipilih. Pada jendela tersebut, bisa diatur ukuran canvas dengan memasukkan nilai lebar dan tinggi yang diinginkan. Pastikan juga untuk memilih Maintain Aspect Ratio agar proporsi gambar tidak terdistorsi.

Langkah 4: Ubah Ukuran Canvas yang Sudah Ada

Jika sudah menambahkan sumber dan mengatur ukuran canvas, tapi ternyata ukuran tersebut tidak sesuai, maka bisa mengubahnya lagi dengan cara klik kanan pada sumber yang sudah ada dan pilih Transform. Pada menu Transform, bisa diubah ukuran canvas dengan menggeser bilah lebar dan tinggi.

Langkah 5: Ubah Ukuran Canvas yang Sudah Ada (Bagian 2)

Selain itu, untuk mengubah ukuran canvas yang sudah ada, bisa juga menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Ctrl + F pada sumber yang ingin diubah. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan ukuran canvas seperti pada langkah sebelumnya.

Langkah 6: Ganti Resolusi Layar

Jika ukuran canvas masih tidak sesuai meskipun sudah diubah, maka bisa mencoba mengganti resolusi layar pada komputer atau laptop yang digunakan. Caranya adalah dengan klik kanan pada desktop dan pilih Display Settings. Kemudian, pilih resolusi layar yang diinginkan.

Langkah 7: Mengatur Skala Tampilan

Selain mengubah resolusi layar, bisa juga mengatur skala tampilan pada Windows untuk mengubah ukuran canvas di OBS. Caranya adalah dengan masuk ke Settings dan pilih System. Kemudian, pilih Display dan atur skala tampilan sesuai kebutuhan.

Langkah 8: Menggunakan Fitur Cropping

Jika masih belum bisa mendapatkan ukuran canvas yang sesuai, bisa mencoba menggunakan fitur Cropping pada OBS. Fitur ini memungkinkan untuk memangkas bagian tertentu dari gambar agar sesuai dengan ukuran canvas yang diinginkan.

Langkah 9: Menggunakan Filter

Selain menggunakan fitur Cropping, bisa juga mencoba menggunakan filter pada OBS untuk mengubah ukuran canvas. Caranya adalah dengan klik kanan pada sumber dan pilih Filters. Kemudian, pilih Crop/Pad dan atur nilai lebar dan tinggi yang diinginkan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara untuk mengubah ukuran canvas di OBS. Dalam penggunaannya, ukuran canvas yang tepat sangat penting untuk menghasilkan rekaman atau siaran yang berkualitas. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur ukuran canvas dengan benar sebelum memulai proses merekam atau menyiarkan.

Pengantar

Sebagai seorang pembuat konten, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan OBS. OBS atau Open Broadcaster Software merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk merekam dan melakukan siaran langsung ke platform streaming seperti YouTube atau Twitch. Dalam menggunakan OBS, Anda akan melihat adanya istilah canvas. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara mengubah canvas di OBS.

Apa itu OBS?

OBS adalah perangkat lunak open source yang digunakan untuk merekam dan melakukan siaran langsung ke platform streaming. Dengan OBS, Anda dapat merekam layar komputer Anda, mengambil gambar dari webcam, dan mengirimkan sinyal langsung ke berbagai platform streaming seperti YouTube dan Twitch.

Apa itu canvas di OBS?

Canvas di OBS merujuk pada area kerja di mana Anda dapat menampilkan sumber video yang ingin Anda siarkan. Dalam istilah sederhana, canvas adalah kanvas tempat Anda membuat konten siaran langsung Anda.

Baca Juga  cara menghilangkan opening tone micromax canvas 6

Mengapa perlu mengubah canvas?

Jika Anda ingin menghasilkan konten siaran langsung yang berkualitas, maka penting bagi Anda untuk mengubah canvas di OBS. Mengubah ukuran, posisi, rasio aspek, warna background, dan opacity (kecerahan) canvas dapat membantu Anda menyesuaikan konten siaran langsung Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara mengubah ukuran canvas di OBS

Untuk mengubah ukuran canvas di OBS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka OBS dan pilih sumber video

Buka OBS dan pilih sumber video yang ingin Anda siarkan. Kemudian, klik kanan pada sumber video tersebut dan pilih Transform.

Langkah 2: Pilih Edit Transform

Pada menu Transform, pilih Edit Transform.

Langkah 3: Ubah ukuran canvas

Pada menu Edit Transform, ubah ukuran canvas dengan menggeser tombol Width dan Height.

Langkah 4: Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah ukuran canvas, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Cara mengubah posisi canvas di OBS

Untuk mengubah posisi canvas di OBS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka OBS dan pilih sumber video

Buka OBS dan pilih sumber video yang ingin Anda siarkan. Kemudian, klik kanan pada sumber video tersebut dan pilih Transform.

Langkah 2: Pilih Edit Transform

Pada menu Transform, pilih Edit Transform.

Langkah 3: Ubah posisi canvas

Pada menu Edit Transform, ubah posisi canvas dengan menggeser tombol Position X dan Position Y.

Langkah 4: Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah posisi canvas, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Cara mengubah rasio aspek di OBS

Untuk mengubah rasio aspek di OBS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka OBS dan pilih sumber video

Buka OBS dan pilih sumber video yang ingin Anda siarkan. Kemudian, klik kanan pada sumber video tersebut dan pilih Transform.

Langkah 2: Pilih Edit Transform

Pada menu Transform, pilih Edit Transform.

Langkah 3: Ubah rasio aspek canvas

Pada menu Edit Transform, ubah rasio aspek canvas dengan menggeser tombol Aspect Ratio.

Langkah 4: Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah rasio aspek canvas, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Cara mengubah warna background di OBS

Untuk mengubah warna background di OBS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka OBS dan pilih sumber video

Buka OBS dan pilih sumber video yang ingin Anda siarkan. Kemudian, klik kanan pada sumber video tersebut dan pilih Filters.

Langkah 2: Tambahkan filter Color Correction

Pada menu Filters, klik tombol + dan pilih Color Correction.

Langkah 3: Ubah warna background

Pada menu Color Correction, pilih Image Mask/Blend dan ubah warna background dengan mengklik tombol Color.

Langkah 4: Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah warna background, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Cara mengubah opacity (kecerahan) canvas di OBS

Untuk mengubah opacity (kecerahan) canvas di OBS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka OBS dan pilih sumber video

Buka OBS dan pilih sumber video yang ingin Anda siarkan. Kemudian, klik kanan pada sumber video tersebut dan pilih Filters.

Langkah 2: Tambahkan filter Opacity

Pada menu Filters, klik tombol + dan pilih Opacity.

Langkah 3: Ubah opacity (kecerahan) canvas

Pada menu Opacity, ubah kecerahan canvas dengan menggeser tombol Opacity.

Baca Juga  cara membuat link canvas

Langkah 4: Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah opacity (kecerahan) canvas, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Kesimpulan

Nah, itulah cara mengubah canvas di OBS. Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat menyesuaikan konten siaran langsung Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa untuk menghasilkan konten siaran langsung yang berkualitas, maka perlu bagi Anda untuk mengubah ukuran, posisi, rasio aspek, warna background, dan opacity (kecerahan) canvas di OBS.

Dalam dunia penyiaran, perangkat lunak Open Broadcaster Software (OBS) telah menjadi pilihan utama untuk melakukan siaran langsung ke platform penyiaran seperti YouTube, Twitch, dan Facebook Live. Salah satu fitur terbaik dari OBS adalah kemampuannya untuk mengubah ukuran tampilan layar atau canvas. Namun, sebelum melakukan perubahan ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa pro dan kontra.

Pro:

  • Mengubah ukuran canvas di OBS memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan siaran langsung mereka agar sesuai dengan preferensi mereka, termasuk ukuran, aspek rasio, dan orientasi potret atau lanskap.

  • Kemampuan untuk mengubah canvas secara real time memudahkan pengguna untuk membuat perubahan sesuai dengan kebutuhan siaran langsung mereka, seperti menyesuaikan tata letak overlay atau menambahkan elemen baru ke dalam siaran.

  • Mengubah ukuran canvas juga memungkinkan pengguna untuk menampilkan lebih banyak elemen atau informasi dalam siaran langsung mereka, seperti grafik, logo, atau teks.

Kontra:

  1. Memperbesar ukuran canvas dapat mempengaruhi kualitas video dan memperburuk kualitas gambar yang ditampilkan pada siaran langsung. Ini terutama terjadi ketika pengguna memperbesar ukuran canvas melebihi resolusi yang diperbolehkan oleh perangkat keras mereka.

  2. Perubahan ukuran canvas dapat membutuhkan lebih banyak sumber daya dari komputer pengguna, seperti CPU dan RAM. Ini dapat memperlambat kinerja OBS dan menyebabkan jeda atau stuttering dalam siaran langsung.

  3. Jika pengguna mengubah ukuran canvas terlalu sering atau terlalu drastis, ini dapat membuat siaran langsung terlihat tidak profesional atau mengganggu bagi pemirsa.

Dalam kesimpulannya, mengubah ukuran canvas di OBS dapat memberikan manfaat besar bagi pengguna dalam menyesuaikan tampilan siaran langsung mereka. Namun, penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra sebelum melakukan perubahan ini agar dapat menghasilkan siaran langsung yang berkualitas tinggi dan memuaskan bagi pemirsa.

Dalam dunia siaran langsung, OBS atau Open Broadcaster Software adalah salah satu aplikasi yang paling populer digunakan. OBS adalah platform siaran langsung yang dapat digunakan untuk melakukan siaran langsung di berbagai platform seperti YouTube, Facebook, dan Twitch. Namun, permasalahan yang sering terjadi ketika menggunakan OBS adalah ketika Anda ingin mengubah ukuran canvas tanpa judul.

Cara untuk mengubah ukuran canvas di OBS tanpa judul cukup mudah dilakukan. Pertama, buka OBS dan klik kanan pada layer yang ingin Anda ubah dan pilih Transform. Selanjutnya, pilih Edit Transform dan atur ukuran canvas sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menggeser posisi canvas dengan menyeretnya ke tempat yang diinginkan. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan transformasi yang sudah Anda buat agar bisa digunakan kembali pada kesempatan lain.

Dalam mengubah ukuran canvas di OBS tanpa judul, pastikan untuk tidak mengubah proporsi aslinya. Hal ini akan memastikan bahwa tampilan video yang ditampilkan tetap terlihat proporsional dan tidak mengalami distorsi. Selain itu, pastikan juga untuk selalu memeriksa hasil akhir dari pengaturan Anda sebelum memulai siaran langsung. Dengan melakukan hal ini, Anda akan memastikan bahwa siaran langsung Anda terlihat profesional dan menarik perhatian penonton.

Demikianlah tips sederhana tentang cara mengubah ukuran canvas di OBS tanpa judul. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan membantu meningkatkan kualitas siaran langsung Anda. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang membutuhkan.

Video cara ubah canvas di obs

Visit Video

Banyak orang yang bertanya tentang cara mengubah canvas di OBS. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dan jawabannya:

  1. Bagaimana cara mengubah ukuran canvas di OBS?

    • Buka OBS dan klik pada menu Settings.
    • Pilih tab Video dan ubah resolusi yang diinginkan di bagian Base (Canvas) Resolution.
    • Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  2. Bagaimana cara mengubah rasio aspek di OBS?

    • Buka OBS dan klik pada menu Settings.
    • Pilih tab Video dan ubah rasio aspek yang diinginkan di bagian Output (Scaled) Resolution.
    • Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  3. Bagaimana cara mengubah warna latar belakang canvas di OBS?

    • Buka OBS dan klik pada menu Settings.
    • Pilih tab General dan pilih warna latar belakang yang diinginkan di bagian Appearance.
    • Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengubah canvas di OBS. Jika masih ada pertanyaan atau masalah, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan OBS untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.