Breaking News

Dalam upaya meningkatkan kerja sama diantara negara-negara asean, masyarakat asean akan bersama-sama berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan upaya…

Dalam upaya meningkatkan kerja sama diantara negara-negara asean, masyarakat asean akan bersama-sama berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan upaya…

Mapel IPS, Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

upaya untuk mewujudkan terbentuknya Masyarakat Sosial Budaya, telah disusun Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN (ASCC Blueprint).

Tujuannya sebagai pedoman bagi negara anggota ASEAN dalam melaksanakan langkah aksi menuju terbentuknya Masyarakat ASEAN tahun 2015.

#Semoga Bermanfaat Terimakasih 😉

Pertanyaan Baru di IPS


Nama benda yang mengunakan energi listrik dinamo

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Nama benda yang mengunakan energi listrik adalah dinamo sepeda.

Pembahasan

Dinamo merupakan suatu generator yang memiliki fungsi untuk mengubah energi kinetik (berupa gerakan) menjadi energi listrik. Dinamo memanfaatkan hukum Faraday bahwa pada kumparan yang digerakkan dalam medan magnet (terjadi perubahan fluks magnet), maka akan dihasilkan suatu arus induksi pada kumparan itu.

Prinsip kerja dinamo

Pada dinamo sepeda ada magnet berbentuk silinder kecil yang tertutup kumparan kawat. Ketika sepeda berjalan, poros dinamo yang dihubungkan pada poros sepeda juga ikut berputar. Hal ini menyebabkan magnet silinder di dalam dinamo ikut berputar di dalam kumparan kawat. Magnet yang berputar ini juga menyebabkan perubahan fluks magnet dan dihasilkanlah arus listrik untuk menghidupkan lampu pada sepeda.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang dinamo sepeda :
  • Materi tentang Hukum Faraday:
  • Materi tentang arus induksi:

______________

Detail jawaban

Mapel  : Fisika
Kelas   : IX
Bab     : Energi dan Daya Listrik
Kode   : 9.6.5


Karakteristik geografis negara Filipina adalah…

bantu jawab!besok mau dikumpulin

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban:

Filipina adalah kelompok atau gugus pulau-pulau yang berjajar di lepas pantai Indochina, membentuk batas timur laut bagi Malaysia. Kepulauan tropis ini, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Barat, Samudra Pasifik di sebelah Timur, Laut Sulawesi dan Laut Sulu di Selatan.

Penjelasan:

Kepulauan tropis ini, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Barat, Samudra Pasifik di sebelah Timur, Laut Sulawesi dan Laut Sulu di Selatan. Negara Filipina terdiri dari 7107 pulau, berpola rumit, terbenteng lebih dari jarak 1.800 km dari Selatan ke Utara. Pengaruh laut dirasakan di mana-mana.


Sebutkan dan jelaskan sifat kekhususan PTUN

IPS, Sekolah Menengah Atas

Hukum acara peradilan tata usaha negara (PTUN) merupakan suatu peraturan perundang-undangan yang mengatur keadilan dalam rangka penyelesaian sengketa tata usaha negara. Sifat kekhususan PTUN antara lain sebagai berikut:

  • Gugatan tidak dapat menunda terhadap pelaksanaan PTUN: segala tindakan tata usaha negara dianggap benar menurut hukum jika ada bukti sebaliknya dari pengadilan.
  • Tenggang waktu dalam pengajuan gugatan adalah 90 hari sejak diterimanya KTUN.
  • Adanya prosedur dismisal (rapat permusyawaratan) adalah suatu rapat yang bertujuan untuk menjaring apakah gugatan dan penggugat telah memenuhi syarat.
  • Peranan hakim aktif “aominis litis” yaitu dalam suatu proses persidangan peranan hakim bersifat aktif.

Pembahasan:

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Penduduk Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan kebudayaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan adanya hukum yang berfungsi untuk menciptakan ketertiban, kedamaian, dan persatuan. Salah satu hukum yang ada di Indonesia yaitu hukum acara peradilan tata usaha negara (PTUN). Hukum acara peradilan tata usaha negara (PTUN) merupakan suatu peraturan perundang-undangan yang mengatur keadilan dalam rangka penyelesaian sengketa tata usaha negara. Sifat kekhususan PTUN antara lain sebagai berikut:

  • Gugatan tidak dapat menunda terhadap pelaksanaan PTUN: segala tindakan tata usaha negara dianggap benar menurut hukum jika ada bukti sebaliknya dari pengadilan.
  • Tenggang waktu dalam pengajuan gugatan adalah 90 hari sejak diterimanya KTUN.
  • Adanya prosedur dismisal (rapat permusyawaratan) adalah suatu rapat yang bertujuan untuk menjaring apakah gugatan dan penggugat telah memenuhi syarat.
  • Peranan hakim aktif “aominis litis” yaitu dalam suatu proses persidangan peranan hakim bersifat aktif.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang pengertian hukum
  • Materi tentang fungsi dan tujuan hukum
  • Materi tentang pengertian hukum formil

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: PPKN

Bab: Sistem Hukum dan Peradilan Nasional

Kode: 10.9.2

#AyoBelajar

#SPJ2


Faktor apa saja yang merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional, adalah ditandai dengan adanya

IPS, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

a. Faktor Sejarah

  • Masyarakat mengalami sejarah yang sama. Merasa sama-sama merasakan penjajahan dari Belanda, misalnya. Ini yang membuat Indonesia bersatu. Wilayah Indonesia seperti diketahui bersama adalah semua wilayah bekas jajahan Hindia Belanda.

b. Adanya ideologi nasional

  • Pancasila sebagai ideologi nasional tidak dapat digantikan oleh ideologi mana pun. Walalupun Indonesia terdiri dari banyak kepercayaan, arti penting dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat.
  • Pemaknaan ideologi nasional yaitu Pancasila dilakukan melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan integrasi nasional di Indonesia. Melalui pemaknaan ideologi nasional yaitu Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, integrasi nasional akan lebih mudah untuk diwujudkan.

c. Adanya sikap tekad dan keinginan untuk

  • kembali bersatu Perbedaan dan kemajemukan di Indonesia bukanlah salah satu alasan untuk dijadikan faktor penyebab konflik sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Justru perbedaan inilah yang membuat masyarakat Indonesia mempunyai keinginan untuk mempersatukan perbedaan di dalam satu kesatuan bangsa yang utuh. Dalam masyarakat tradisonal dan modern, keinginan untuk mempersatukan perbedaan di dalam kehidupan sehari-hari pasti ada.
  • Dalam kehidupan berbangsa negara dan berbangsa Indonesia, keinginan untuk mempersatukan bangsa merupakan salah satu perwujudan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara.

d. Adanya ancaman dari luar

  • Walupun Indonesia sudah merdeka selama 71 tahun, bukan tidak mungkin ancaman dari luar itu masuk ke Indonesia. Ancaman-ancaman dari luar di era globalisasi sekarang ini tidak dapat diartikan sebagai ancaman yang menjajah seperti pada masa kemerdekaan Indonesia. Untuk mengantisipasi ancaman dari luar dalam kaitannya dengan bahaya globalisasi dan modernisasi, integrasi nasional perlu diwujudkan di setiap lapisan masyarakat yang ada tinggal di wilayah Indonesia.

Faktor Penghambat Integrasi Nasional.

1. Masyarakat yang Beraneka Ragam

  • Faktor penghambat integrasi nasional yang pertama adalah karena masyarakat Indonesia yang beraneka ragam. Kita tahu bahwa masyarakat yang tinggal di Indonesia terdiri dari berbagai macam kelompok suku, agama, ras, dan golongan lainnya.
  • Tercatat, Indonesia memiliki ribuan suku bangsa. Selain menjadi kekayaan negeri yang jarang dimiliki negara lain, faktor ini juga dapat menjadi penghambat integrasi nasional karena adanya perbedaan yang mencolok antarmasyarakat.

2. Wilayah yang Luas

  • Faktor penghambat integrasi nasional yang kedua yaitu karena wilayah di Indonesia yang luas. Negara Indonesia terdiri dari ribuan pulau-pulau, baik yang besar mau pun yang kecil. Hal ini membuat negara Indonesia memiliki wilayah yang begitu luas, dan bisa menjadi faktor yang dapat menghambat integrasi nasional.

3. Paham Etnosentrisme yang Kuat

  • Faktor penghambat integrasi nasional yang ketiga yakni adanya paham etnosentrisme yang kuat. Etnosentrisme adalah fanatisme suku bangsa di mana masyarakatnya mempersepsikan kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari kebudayaan lainnya.

4. Pembangunan yang Tidak Merata

  • Faktor penghambat integrasi nasional yang keempat adalah pembangunan yang tidak merata. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa negara Indonesia memiliki wilayah yang luas yang terdiri dari ribuan pulau-pulau. Hal ini bisa menghambat pembangunan menjadi tidak merata, sehingga dapat menjadi penghambat integrasi nasional.

5. Tergerusnya Budaya Asli

  • Faktor penghambat integrasi nasional yang terakhir yaitu tergerusnya budaya asli. Mulai tergerusnya budaya asli di Indonesia juga bisa menghambat integrasi nasional. Nilai-nilai budaya bangsa yang melemah dapat terjadi ketika kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Masuk melewati kontak langsung maupun tidak langsung.

>Detail Jawaban<

Kls: 1 Smp.

Materi: Faktor-Faktor terciptanya pendorongan integrasi nasional.

Tema: bahayanya integrasi nasional.

kode kategorasi: –

kata kunci: integrasi nasional

Penjelasan:

Semoga Membantu ):v


Perhatikan gambar! Kelapa sawit termasuk sumber daya alam yang

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban: alam

Penjelasan:tumbuhan industri sebagai bahan baku penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar. Kelapa sawit ini memiliki peranan yang penting dalam industri minyak yaitu dapat menggantikan kelapa sebagai sumber bahan bakunya

Mff kalau salah yya

Jawaban:

kelapa sawit termasuk sumber daya alam yang dapat di perbaharui