Breaking News

Jelaskan fenomena budaya di indonesia yang menjadi permasalahan

Jelaskan fenomena budaya di indonesia yang menjadi permasalahan

Mapel IPS, Jenjang Sekolah Menengah Atas

Poin pada soal ini membahas mengenai konsep permasalahan sosial pada bidang budaya.

Masalah sosial merupakan suatu kondisi ketidaksesuaian yang memiliki pengaruh pada kehidupan masyarakat sebagai keadaan yang tidak diinginkan. Semakin kompleks kehidupan sosial, maka permasalahan sosial akan semakin mudah timbul dalam masyarakat.

Pada bidang budaya ini, masalah sosial terjadi akibat adanya ketidaksesuaian nilai, norma, dan kepentingan sosial pada masyarakat yang heterogen atau multikultural.

Misalnya : Budaya populer. Adanya budaya populer mendorong masyarakat untuk meniru kehidupan masyarakat yang bertentangan dengan nilai dan norma masyarakat yang berlaku. Budaya populer juga dapat menimbulkan masalah sosial karena masyarakat dapat melupakan budaya aslinya seperti ketidaktahuan pada musik lokal/tradisional dan lebih menyukai musik modern.

Culture shock yaitu kebingungan adanya perbedaan ketika seseorang berpergian atau menetap di suatu daerah yang memiliki tatanan sosial dan budaya yang berbeda. Terjadinya culture shock ini biasanya ditandai oleh adanya perubahan budaya , seperti kebiasaaan ataupun kepercayaan akan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat. Norma yang sebelumnya berlaku dan dijadikan sebagai pedoman semakin memudar. Contohnya menghilangnya budaya membungkukan badan ketika berjalan melewati orang yang lebih tua, kemudian hilangnya kebiasaan memberi salam dan mencium tangan orang tua.

Diskriminasi, Adanya diskriminasi merupakan salah satu bentuk masalah sosial dalam bidang budaya. Diskriminasi ini merupakan suatu sikap pembedaan perlakuan yang tidak seimbang atau sama dilakukan seseorag/kelompok. contohnya perlakuan berbeda menjauhi teman yang berasal dari pulau sumatera.

Solusi dari masalah sosial tersebut dapat dilakukan dengan cara menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada. Dapat memilah dan mempelajari bahwa setiap daerah memiliki budaya yang berbeda, maka perlu dilakukan penyesuaian agar tidak menghilangkan budaya asalnya.

Pertanyaan Baru di IPS


Mengapa manusia selalu berinteraksi dengan alam​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Manusia membutuhkan lingkungan alam agar bisa melakukan interaksi sosial. Contohnya pakaian yang dibuat dari bahan alam, seperti sutra, dibutuhkan manusia untuk menjalin hubungan atau interaksi sosial. Contoh lainnya, manusia membutuhkan hujan untuk bisa bercocok tanam.

Penjelasan:

Semoga Membantu ):v


Salah satu penyebab terjasinya hubungan internasional antara negara berkembang dan negara maju

IPS, Sekolah Menengah Atas

Jawaban :

kekayaan alam dan perkembangan industri tidak merata.

Pembahasan

Ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya interaksi antarwilayah, yaitu:

– adanya peluang untuk saling melengkapi;

– adanya kesempatan untuk berintervensi; dan

– adanya kemudahan transfer.

Dalam konteks hubungan antara negara maju dan negara berkembang, negara maju lebih identik dengan negara industri, di mana industrialiasi pada negara maju berkembang pesat sehingga membutuhkan banyak bahan baku, bahan bakar, serta wilayah untuk pemasaran produk. Kebutuhan tersebut kemudian dapat dipenuhi oleh negara berkembang karena melimpahnya kekayaan alam di negara berkembang dan banyaknya populasi di negara berkembang. Di sisi lain, negara berkembang membutuhkan produk-produk hasil industri dari negara maju (terutama produk berteknologi tinggi) untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Adanya peluang untuk saling melengkapi kebutuhan tersebutlah yang mendorong terjadinya kerja sama antara negara maju dan negara berkembang. Jadi jawaban yang paling tepat adalah pilihan C. kekayaan alam dan perkembangan industri tidak merata.


Q. 1.Kepanjangan PLN
2.Kepanjangan PLTA
3.Kepanjangan PLTB
4.Kepanjangan PLTG
5.Kepanjangan PLTU​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Penjelasan:

Pertanyaan :

1.Kepanjangan PLN

2.Kepanjangan PLTA

3.Kepanjangan PLTB

4.Kepanjangan PLTG

5.Kepanjangan PLTU

Penyelesaian :

1. PLN

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara.

2. PLTA

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang biasanya disingkat PLTA adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan air dengan mengubahnya dari energi potensial dan energi kinetik air.

3. PLTB

  • Bayu atau angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang terdapat di daerah dengan potensi hembusan angin yang besar.
  • Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) mengonversikan energi bayu menjadi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin sebagai generator.

4. PLTG

  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) atau Gas Power Plant
  • PLTG merupakan jenis pembangkit yang menggunakan “udara panas” untuk memutar turbin. Udara panas ini dihasilkan melalui pemanasan udara dengan menggunakan gas di dalam ruang bakar. Udara panas kemudian dialirkan ke turbin.

5. PLTU

  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.
  • Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang seporos dengan turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering.


Upaya apa saja yang perlu dilakukan di dalam organisasi koperasi

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Untuk meningkatkan partisipasi anggota koperasi upaya yang dilakukan pengurus yaitu dengan pemberian bonus kepada anggota yang beruntung.


Bagaimana pimpinan dapat menciptakan tim yang handal dan mengelola konflik yang terjadi. ​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Pemimpin dapat mengelola tim dengan baik melalaui berbagai cara dan sikap. Contohnya kepemimpinan yang transparan dapat mencegah konflik terjadi dan kedekatan secara emosional juga membuat pemimpin mengerti akan anggota timnya sehingga dapat membuat keputusan yg adil, serta diskusi bersama anggota tim baik yang kelas terendah maupun kelas tertinggi dalam tim