Breaking News

Jelaskan perbedaan antara penanggulangan pencemaran secara administratif dengan secara edukatif. Buatlah salah satu contoh tindakan edukatif tersebut.

Jelaskan perbedaan antara penanggulangan pencemaran secara administratif dengan secara edukatif. Buatlah salah satu contoh tindakan edukatif tersebut.

Mapel Biologi, Jenjang Sekolah Menengah Atas

Pencemaran merupakan masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan. Pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip dasar yaitu penanggulangan secara administratif, penanggulangan secara teknologis, dan penanggulangan secara edukatif. Perbedaan penanggulangan secara administratif dan edukatif adalah :

  1. Penanggulangan secara administratif dilakukan dengan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sebelum membangun pabrik atau proyek lain. Jika dampak negatif lebih besar daripada dampak positifnya, maka pemerintah tidak mengeluarkan izin untuk melanjutkan proyek.
  2. Penanggulangan secara edukatif dilakukan atas dasar kesadaran masing-masing individu. Setiap individu hendaknya tidak mencemari lingkungan, misalnya tidak membuang limbah rumah tangga ke sembarang tempat.

Contoh tindakan edukatif terhadap penanggulangan pencemaran yaitu tidak membuang limbah rumah tangga sembarangan dan memasukkan bungkus permen terlebih dahulu ke dalam tas atau saku sebelum menemukan tempat sampah. 

Pertanyaan Baru di Biologi


Agar limbah rumah tangga yang masuk ke sungai tidak mencemari ekosistem sungai, harus dilakukan …. A. penyaringan terlebih dahulu agar zat kimia yang terdapat dalam limbah tidak masuk ke sungai
B. pembuangan limbah sedikit demi sedikit tetapi terus-menerus
C. pembuangan yang dilakukan secara besar-besaran agar tidak terlalu sering melakukan pembuangan
D. pembuangan dilakukan malam hari agar tidak mengenai penduduk yang beraktivitas di sungai
E. pembuangan limbah secara terus-menerus

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

a. penyaringan terlebih dahulu agar zat kimia yang terdapat dalam limbah tidak masuk ke sungai

Pembahasan

Limbah rumah tangga adalah buangan atau zat sisa yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga. Limbah ini biasanya bersifat tidak memiliki nilai guna lagi, sehingga biasanya limbah akan di buang.

Nah, sebelum membuang limbah ke sungai agar tidak mencemari ekosistem sungai, maka seseorang harus melakukan penyaringan terlebih dahulu terhadap sampah itu, sehingga tidak ada lagi zat kimia yang di kandung, dan ekosistem sungai pun tetap terjaga.


Sel-sel apa saja yang berperan dalam sistem imun?

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

sel T helper, sel T inducer,Sel T Sitotoksik, Sel T penekanan, sel B, sel plasma, sel mast, monosit, makrofag, sel natural killer.

Penjelasan:

sel-sel di atas adalah sel-sel yang berperan dalam sistem imun dengan fungsi dan tugasnya masing – masing.


Berikut ini adalah nama-nama yang memiliki pola pertumbuhan batang monacaulis, kecuali… A. Musa sp
B. Cocos nucifera
C. Arenga pinnata
D. Gleichenia sp
E. Tectona grandis

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Tectona grandis

Penjelasan:

Berdasarkan pertumbuhan dan perkembangannya, kuncup daun atau cabang batang pokok pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga tipe yaitu monocaulis, monopodial dan simpodial.

1. Batang monocaulis

Monocaulis adalah batang yang pertumbuhannya didominasi oleh kuncup ujung. Sementara itu, kuncup lateral akan tereduksi atau berkembang menjadi perbungaan. Akibatnya batang yang terbentuk adalah struktur batang tunggal. Batang monocaulis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu monocaulis monocarpi dan monocaulis policarpi.

Pada pertumbuhan monocaulis monocarpi, pertumbuhan batang berhenti ketika kuncup di ujung berubah menjadi perbungaan pada usia tertentu. Contoh tumbuhan yang mengalaminya adalah famili pisang (Musaceae), empon (Zingiberaceae), garut, ganyong (Cannaceae) dan jenis palem sagu (


Kalian tahu spons? Pastinya tahu yaa. Spons memiliki keunikan yaitu spons mampu memakan organisme2 kecil, spons melakukannya dengan cara menyedot air dari lubang pori-porinya lalu menyaring makanannya. Oleh karena itu spons di sebut dengan …. A. Filter Feeder
B. Apex predator
C. Micro organisme
D. Isi sendiri

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

| spons |

spons merupakan makhluk kecil yang memiliki banyak pori-pori sehingga air bisa keluar dan masuk dari pori-pori kecil tersebut. nama lain dari spons adalah porifera (D)

jawaban = D. isi sendiri ( spons )

penjelasan ⤵️

Spons adalah alat atau alat bantu pembersih yang terbuat dari bahan yang lembut dan berpori. Biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan yang kedap air, spons sangat baik dalam menyerap air dan larutan berbahan dasar air.

Pada awalnya sebuah spons terbuat dari spons laut alami, tetapi sekarang umumnya dibuat dari bahan sintetis.

kata spons adalah bunga karang. Arti lainnya dari spons adalah benda serupa bunga karang (dari karet busa dan sebagainya) yang dapat mengisap air.

# semoga membantu


Teori Darwin memiliki kesamaan dengan teori evolusi yang dikemukakan oleh …. a. Charles Lyell
b. E. Darwin
c. R. Maltus
d. A. R. Wallace
e. A. Weisman

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

e. A. Weisman

Penjelasan:

Menurut Charles Darwin evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam.

Menurut August Weissman evolusi adalah proses seleksi alam terhadap faktor genetika.