Breaking News

Jelaskan skema pembentukan urin dalam nefron ginjal adalah

Jelaskan skema pembentukan urin dalam nefron ginjal adalah

Mapel Biologi, Jenjang Sekolah Menengah Atas

Proses pembentukan urin terdiri dari tiga tahap, yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali) dan augmentasi (pengeluaran zat). Proses pembentukan urine yang satu ini dilakukan dengan bantuan dari ginjal. Setiap ginjal mempunyai sekitar satu juta nefron ,yaitu tempat pembentukan urine.

#jadikantercerdas

Pertanyaan Baru di Biologi


Jika kamu ingin mencari informasi tentang sakit sariawanmu yang lama tak kunjung sembuh, kata kunci apa yang tepat untuk memulai pencarian tentang informasi tersebut?

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

-Obat Sariawan

-Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan bahan Alami

-Cara Menyembuhkan Sariawan

-Cara cepat atasi Sariawan

-Obat Alami Sariawan

dan Banyak kata kunci lainnya

Penjelasan:

semoga membantu


Soal masa prenatal beserta pembahasan

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Berikut contoh soal terkait masa prenatal:

Baca Juga  Daur krebs kan berlangsung dlm 8 tahapan, nah.. Tahapannya itu apa aja.. Trus jelasinnya gmn ? (Liat gambar nya di internet yg lingkaran gtu)

Sebutkan 2 fase pada masa prenatal?

Berikut adalah pembahasan soal tersebut :

Masa prenatal terdiri dari dua fase, yaitu fase embrio dan fase fetus.

Pembahasan

Masa prenatal adalah masa janin di dalam kandungan semenjak embrio sampai menjadi bentuk bayi. Pada masa inilah bayi mengalami perberkembangan dan pertumbuhan baik fisik, emosi, dan juga mental. Masa prenatal ada dua fase, yaitu :

  1. Fase embrio
    Fase embrio dimulai dari sejak embrio terbentuk sampai dengan 8 minggu pertama. Pada fase ini sel-sel embrio mulai bertambah melalui pembelahan sel dan mulai mengalami perbedaan antara jaringan endoterm dan ektoderm, serta terbentuknya lapisan mesoderm. Di tahap akhir, janin sudah memiliki jantung yang telah berdetak.
  2. Fase fetus
    Fase ini dimulai dari 9 minggu massa janin sampai janin siap dilahirkan. Pada tahap ini janin mengalami peningkatan fungsi organ tubuh, termasuk fungsi jaringan otot dan jaringan subkutan. Janin juga mengali pertambahan ukuran maupun massa badan.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang perkembangan janin:
  • Materi tentang masa neonatal:
  • Materi tentang pertumbuhan embrio:

______________

Detail jawaban

Mapel  : Biologi
Kelas   : 12
Bab     : Pertumbuhan Perkembangan
Kode   : 12.4.1

#SolusiBrainlyCommunity


Di dalam daur materi, organisme yang menjadi kunci berjalannya daur adalah… a.produsen
b.konsumen 1
c.decomposer
d.konsumen 2

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Di dalam daur materi, organisme yang menjadi kunci berjalannya daur adalah dekomposer (C). Mengingat pentingnya dekomposer sebagai organisme pengurai materi untuk menyediakan bahan makanan bagi produsen.

Pembahasan

Daur materi didefinisikan sebagai rantai makanan di mana bagian antara produsen dan konsumen akhir dihubungkan oleh mikrobia atau dekomposer. Adapun rantai makanan sendiri merupakan urutan peristiwa dalam suatu ekosistem, di mana satu organisme hidup memakan organisme lain (dari produsen sampai konsumen tingkat akhir). Berikut adalah contoh rantai makanan :

Baca Juga  Apakah perbedaan manusia, hewan, dan tumbuhan

Rantai makanan terdiri dari tiga komponen besar yaitu matahari, produssen, dan konsumen. Adapun pada daur materi ada 4 bagian besar, sebagai berikut:

  • Matahari
    Matahari adalah sumber energi awal, yang menyediakan energi untuk segala sesuatu di bumi.
  • Produsen
    Produsen dalam rantai makanan mencakup semua autotrof seperti fitoplankton, cyanobacteria, alga, dan tumbuhan hijau. Produsen merupakan tingkat pertama dari rantai makanan karena mampu memanfaatkan energi dari matahari untuk membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.
  • Konsumen
    Konsumen adalah semua organisme yang bergantung pada tanaman atau organisme lain untuk makan. Konsumen adalah bagian terbesar dari rantai makanan, karena mengandung hampir semua organisme hidup. Termasuk di dalamnya herbivora yaitu hewan yang memakan tumbuhan, karnivora yaitu hewan yang memakan hewan lain, parasit yang hidup pada organisme lain dan terakhir scavenger yaitu hewan yang memakan bangkai hewan yang sudah mati.
  • Pengurai (dekomposer)
    Pengurai adalah organisme yang mendapatkan energi dari bahan organik berupa bangkai dari konsumen maupun produsen. Pengurai adalah komponen terakhir dan sekaligus komponen terpenting dalam daur mater mengingat peranannya dalam mengubah limbah organik menjadi bahan anorganik, untuk memperkaya tanah dengan nutrisi sehingga produsen dapat hidup dan memulai tahap pertama dalam rantai makanan dan/atau daur materi.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang daur materi:
  • Materi tentang rantai makanan:
  • Materi tentang dekomposer:

______________

Detail jawaban

Mapel  : Biologi
Kelas   : X
Bab     : Ekosistem
Kode   : 10.4.9

#SolusiBrainlyCommunity


Nelayan dilarang mencari atau menangkap ikan menggunakan bahan peledak. Pelarangan tersebut dilakukan untuk menjaqga keseimbangan lingkungan. Jelaskan hubungan antara larangan tersebut dengan keseimbangan lingkungan.

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Larangan itu akan memberikan peluang bagi terumbu karang (bukan target nelayan tetapi terpengaruh oleh peledak) menjadi tidak rusak. Maka keberlangsungan hidup hewan dan tanaman air terjaga dan terbentuklah keseimbangan lingkungan.

Baca Juga  Merupakan bagian kornea yang mudah rusak dan tidak dapat dibentuk kembali?

Penjelasan:

Peledak mengakibatkan :

  1. Ikan mati tidak wajar (kandungan kimia bisa saja ada dalam ikan)
  2. Selain ikan, misal karang bisa rusak dan tidak bisa menyediakan makanan dan tempat hidup bagi ikan, dan akhirnya keberlangsungan hidup ikan lain pun akan menurun bahkan punah
  3. Polutan hasil ledakan bisa mencemari hewan dan tanaman laut lain.

Yang tidak termasuk ciri sindrom Klinefelter adalah …. a. terjadi pada pria dan wanita
b. payudara tumbuh pada pria
c. intelegensia rendah
d. memiliki kelainan kelamin sekunder dan mandul
e. memiliki sifat psikopat dan kecenderungan bersifat kriminal

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

E. memiliki sifat psikopat dan kecenderungan bersifat kriminal

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU:)