Breaking News

Kesepakatan antara pengelola PT SDP dengan Suroto dilakukan dalam Akte

Kesepakatan antara pengelola PT SDP dengan Suroto dilakukan dalam Akte Notaris. Tetapi perjanjian antara keduanya tidak berjalan dengan baik. Suroto tidak pernah
memenuhi kewajibannya. Setelah menunggak selama 10 tahun pihak pengelola PT. X menutup
Panda Furniture secara paksa, dan menggugat Suroto di Pengadilan Negeri.
Pertanyaan :
a. Dari analisa saudara terhadap kasus di atas siapakah diantara kedua belah pihak tersebut
yang melanggar perjanjian?
b. Jelaskan bagaimana sistem hukum perjanjian yang dianut oleh KUHPerdata!
c. Berikan analisis saudara apakah PT. X dapat mengajukan permohonan ke Pengadilan Niaga
agar Suroto dinyatakan pailit!

Mapel IPS, Jenjang Sekolah Menengah Atas

a. Berdasarkan kasus pada soal tersebut, maka pihak yang melanggar perjanjian adalah Suroto. Disebabkan karena ia tidak pernah memenuhi kewajibannya sehingga Panda Furniture secara paksa di tutup oleh pihak pengelola PT. X.

b. Pada dasarnya menurut asasnya suatu perjanjian berlaku bagi pihak yang mengadakan perjanjian itu. Asas ini merupakan asas pribadi (Pasal 1315 jo 1340 KUH Perdata). para pihak tidak dapat mengadakan perjanjian yang mengikat pihak ketiga.

c. PT. X dapat mengajukan permohonan ke Pengadilan Niaga agar Suroto dinyatakan pailit. Hal tersebut dapat dilakukan karena telah memenuhi 2 syarat permohonan pailit yaitu terdapat debitur (orang/badan yang berhutang) serta kreditur (orang/badan yang memberikan hutang/dihutangi) dan terdapat hutang yang sudah jatuh tempo atau tidak dapat dibayar.

Pembahasan

Pengertian perjanjian adalah suatu perbuatan hukum dimana seorang berjanji kepada seorang lain atau dimana kedua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan suatu hal (Menurut pasal 1313 KUH Perdata). Pengertian perjanjian ini hanya terletak dalam lapangan harta kekayaan,artinya sesuatu yang dapat dinilai dengan uang.

Baca Juga  Jelaskan secara singkat kegiatan ekonomi yang ada di indonesia

Pihak yang berhak menuntut atau pihak yang aktif disebut pihak yang berpiutang atau “kreditor”,sedangkan yang diwajibkan memenuhi tuntutan itu adalah pihak yang pasif yang disebut pihak yang berhutang atau “debitur” maka mereka ini disebut subjek perikatan.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang kepanjangan dari KUHP pada link

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Pertanyaan Baru di IPS


Apakah teh termasuk tanaman industri?

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban:

ya

Penjelasan:

karena teh diproduksi dalam skala industri besar / secara besar besaran

maaf ya kalo salah


1. pancasila sebagai ideologi nasional adalah implikasi politis dari kedudukan pancasila sebagai dasar (filsafat) negara indonesia. jika kita tidak melaksanakan implikasi ini, maka dikhawatirkan bangsa indonesia mudah terjadi perselisihan dan dapat memecah persatuan bangsa. mengapa bisa demikan berikan analisis saudara, dengan memberikan satu contoh nyata dalam kehidupan berbagsa dan bernegara, serta berikan lah solusinya sesuai dengan merelevansikan pancasila sebagai sistem filsafat bagi bangsa indonesia! jawaban :

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Dari pertanyaan di atas jika kita tidak melaksanakan implikasi pancasila maka dikhawatirkan bangsa akan terjadi perselisihan dan terpecah belah :

  • Analisis dengan memberikan satu contoh : di kehidupan sehari-hari dengan budaya, agama dan tradisi di Indonesia yang multikultural sering terjadi perbedaan pendapat dalam memahami suatu permasalasan akibat perbedaan pendapat, pemikiran, dan latar belakang. Hal semacam ini rentang terjadinya perselisihan yang berakhir pada perpecahan bangsa Indonesia
  • Solusi dengan relevansi pancasila : contoh di atas terdapat solusi untuk menghindari perselisihan dan perpecahan yakni dengan musyawarah. Musyawarah merupakan bentuk relevansi nilai pancasila pada sila keempat “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan”
Baca Juga  Menjadi petani garam adalah satu jenis pekerjaan masyarakat yang tinggal di sekitar?

Pembahasan

Musyawarah adalah usaha mencari keadilan dan kebenaran dalam proses pengambilan keputusan. Setelah diadakan musyawarah, keputusan yang diambil haruslah disetujui, dihormati, dan dilaksanakan oleh semua pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan musyawarah. Perilaku bermusyawarah sangat relevan nilai pancasila sila keempat, karena musyawarah adalah salah satu nilai yang terkandung serta sebagai bentuk implikasi dari sila keempat Pancasila. Selain itu, dalam sila keempat Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan” juga memuat kata musyawarah. Sehingga kata ini juga dapat diartikan bahwa musyawarah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari nilai pancasila sila keempat.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang Ideologi Pancasila pada

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1


Tambak garam biasanya Di mana​

IPS, Sekolah Dasar

Jawaban:

tambak garam biasanya terletak didekat laut karena laut merupakan salah satu pusat penghasilan garam.


Apa yang terjadi seandainya tidak ada wawasan nusantara mengapa indonesia membutuhkan wawasan nusantara

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

  • yang terjadi seandainya tidak ada wawasan nusantara adalah pemimpin nusantara akan bingung bagaimana cara memimpin nusantara yang baik dan benar serta akan mudah dipecah bangsa lain.
  • indonesia membutuhkan wawasan nusantara adalah agar indonesia tidak mudah dipecah bangsa lain.

semoga membantu (:


Tindakan ekonomi yang berpedoman pada prinsip ekonomi ?​

IPS, Sekolah Dasar

  • Soal

tindakan ekonomi yang berpedoman pada prinsip ekonomi ?

  • Jawaban & Penjelasan

tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi, yaitu guna mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin, memastikan pengorbanan yang dilakukan sesuai dengan hasil yang diharapkan, serta mendapatkan hasil yang maksimal .

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1