Breaking News

Luas lahan landfill Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah suatu kota sekitar 30 hektar.

Luas lahan landfill Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah suatu kota sekitar 30 hektar. Jumlah penduduk di kota tersebut sekitar 3 juta jiwa. Laju pertumbuhan penduduk 0,5% per

tahun. Volume sampah yang dihasilkan 4.400 m3 per hari.

a. Simpulkan kemampuan lahan TPA tersebut dalam mendukung timbunan sampah

tersebut?

b. Jelaskan keterkaitan timbunan sampah di landfill TPA suatu kota merupakan peristiwa

pemanasan global!

pliss bantu -_-​

Mapel Biologi, Jenjang Sekolah Menengah Atas

a. Diketahui:

  • Daya Tampung TPA yaitu 30 Hektar = 300,000 m2.
  • Tinggi rencana timbunan perkiraan = 10 Meter.
  • Kemampuan daya tampung TPA = 30,000 m2 x 10 m = 3,000,000 m3.

Tahun Pertama:

  • Jumlah sampah perhari dengan 3 juta jiwa   = 4,400 m3 = 0,00147 m3 / orang.
  • Volume Sampah 1 bulan yaitu 4,400 m3 x 30 hari = 132,000 m3.
  • Volume Sampah 1 tahun yaitu 4,400 m3 x 365 hari = 1,606,000 m3.

Maka,

Sisa Volume TPA yaitu pada tahun pertama berkisar 3,000,000 m3 – 1,606,000 m3 = 1,394,000 m3

Tahun Kedua:

  • Pertambahan penduduk 0,5 % x 3,000,000 jiwa  = 15,000 orang
  • Jumlah penduduk tahun kedua = 3,015,000 orang
  • Volume Sampah harian tahun kedua = 3,015,000 orang x 0,00147 m3 sampah/orang = 4,432 m3 sampah/hari

Sisa Volume TPA/sampah per hari yaitu  1,394,000 m3/4,432 m3 = 315 Hari

Kesimpulan Kemampuan Daya Tampung TPA kota A = 680 Hari

= 1 tahun 10 Bulan 15 Hari.

b. Sampah organik bisa mengalami perubahan yaitu melalui dekomposisi anaerobik, sehingga bisa saja menimbulkan bau busuk dan pelepasan gas metana yang berupa CH4 ke atmosfer. Gas CH4 pada lapisan stratosfer tersebut berperan sebagai gas rumah kaca atau GRK dan berefek pada terjadinya pemanasan global.

Pembahasan

Saat kita membuang sampah makanan dan kebun ke  tempat sampah, sampah tersebut dibawa dan dikubur di tempat pembuangan sampah. Ketika sampah terurai di bawah, gas metana dihasilkan. Gas metana  merusak lapisan ozon bumi karena merupakan gas rumah kaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim.

Baca Juga  Jelaskan lipoprotein metabolism trsebut ke dalam bentuk tulisan

Pembakaran sampah juga dapat menghasilkan gas rumah kaca seperti CO2, N2O, NOx, NH3, dan karbon organik. CO2 adalah gas utama yang dihasilkan saat membakar limbah, dan dihasilkan pada tingkat yang lebih tinggi daripada emisi gas lainnya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi penjelasan tentang sampah TPA yaitu pada link
  2. Materi penjelasan tentang pemanasan global yaitu pada link
  3. Materi penjelasan tentang contoh penyebab pemanasan global yaitu pada link

Detil jawaban

Kelas  : SMP/SMA

Mapel : Bahasa Inggris

Bab    : –

Kode  : –

#AyoBelajar

#SPJ2

Pertanyaan Baru di Biologi


Kalian tahu spons? Pastinya tahu yaa. Spons memiliki keunikan yaitu spons mampu memakan organisme2 kecil, spons melakukannya dengan cara menyedot air dari lubang pori-porinya lalu menyaring makanannya. Oleh karena itu spons di sebut dengan …. A. Filter Feeder
B. Apex predator
C. Micro organisme
D. Isi sendiri

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

| spons |

spons merupakan makhluk kecil yang memiliki banyak pori-pori sehingga air bisa keluar dan masuk dari pori-pori kecil tersebut. nama lain dari spons adalah porifera (D)

jawaban = D. isi sendiri ( spons )

penjelasan ⤵️

Spons adalah alat atau alat bantu pembersih yang terbuat dari bahan yang lembut dan berpori. Biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan yang kedap air, spons sangat baik dalam menyerap air dan larutan berbahan dasar air.

Pada awalnya sebuah spons terbuat dari spons laut alami, tetapi sekarang umumnya dibuat dari bahan sintetis.

kata spons adalah bunga karang. Arti lainnya dari spons adalah benda serupa bunga karang (dari karet busa dan sebagainya) yang dapat mengisap air.

# semoga membantu

Baca Juga  Mengapa batang tumbuhan Monocotyledoneae tidak mengalami pertumbuhan? Jelaskan.


Berikut ini adalah nama-nama yang memiliki pola pertumbuhan batang monacaulis, kecuali… A. Musa sp
B. Cocos nucifera
C. Arenga pinnata
D. Gleichenia sp
E. Tectona grandis

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Tectona grandis

Penjelasan:

Berdasarkan pertumbuhan dan perkembangannya, kuncup daun atau cabang batang pokok pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga tipe yaitu monocaulis, monopodial dan simpodial.

1. Batang monocaulis

Monocaulis adalah batang yang pertumbuhannya didominasi oleh kuncup ujung. Sementara itu, kuncup lateral akan tereduksi atau berkembang menjadi perbungaan. Akibatnya batang yang terbentuk adalah struktur batang tunggal. Batang monocaulis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu monocaulis monocarpi dan monocaulis policarpi.

Pada pertumbuhan monocaulis monocarpi, pertumbuhan batang berhenti ketika kuncup di ujung berubah menjadi perbungaan pada usia tertentu. Contoh tumbuhan yang mengalaminya adalah famili pisang (Musaceae), empon (Zingiberaceae), garut, ganyong (Cannaceae) dan jenis palem sagu (


Jelaskan pa yang dimaksud reboisasi?​

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

menebang pohon tua lalu menanam kembali

Penjelasan:

reboisasi ini bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

karena dapat mencegah:

  1. banjir
  2. tanah longsor

| Reboisasi|

reboisasi merupakan penanaman suatu hutan. kebun Dan ladang penanaman tersebut adalah menumbuhkan tanaman untuk memberikan kesegaran dan kesejukan agar makhluk hidup tidak punah. reboisasi bisa dilakukan secara berkelompok dengan beberapa orang untuk membantu. reboisasi juga disebut dengan istilah penanaman kembali

___

manfaat dari reboisasi yaitu menyegarkan atau mengasrikan daerah-daerah yang tidak memiliki banyak tumbuhan dan tumbuhan tersebut sudah mati. dan dapat mencegah yg namanya tanah longsor dan banjir


1. Dengan terjadinya bencana wabah covid- 19, jelaskan dengan komprehensif, apa efek yang ditimbulkan dari bencana di lihat dari berbagai bidang! 2. Menurut anda upaya apa yang harus dilakukan untuk menghindari bencana alam. Jelaskan!

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Baca Juga  Berikut ini adalah beberapa kondisi yang diduga meningkatkan kadar di udara.

1. Di bidang pendidikan menimbulkan bencana dalam proses belajar mengajar dan kurangnya keoptimalisasian kegiatan belajar dari rumah. Di bidang perdagangan tentu mengubah cara jual beli sehingga memaksa pedagang untuk menggunakan hp sehungga menyulitkan pedagang desa. Dari bidang kesehatan tentunya itu bencana besar karna banyaknya masyarakat yang terpapar covid-19 dan kekurangan tenaga medis.

2. Tentunya pertama adalah memahami penyebab dari bencana alam itu sendiri, karena dengan memahami penyebab dapat ditemukannya solusi. Selain memahami penyebab kerja sama dari berbagai pihak juga dibutuhkan untuk pengoptimalisasian kegiatan


Daur krebs kan berlangsung dlm 8 tahapan, nah.. Tahapannya itu apa aja.. Trus jelasinnya gmn ? (Liat gambar nya di internet yg lingkaran gtu) Yg ngerti cara jelasinnya tlg bantu dong..
Makasih..
Cepet yaa..
Soalnya bsk disuruh jelasin..
🙂

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Daur krebs adalah suatu siklus yang digunakan oleh suatu organisme untuk menghasilkan energi. Tahapan-tahapan dalam daur krebs antara lain sebagai berikut:

  1. Tahap pertama yaitu proses pembentukan sitrat dan terjadi penggabungan molekul Asetil ko-A dengan oksaloasetat sehingga terbentu asam sitrat yang dibantu oleh enzim asam sitrat sintase.
  2. Sitrat yang dihasilkan diubah menjadi isositrat dibantu enzim akotinase yang mengandung Fe2+
  3. Terjadi dekarboksilasi (perombakan) pertama kali. Isositrat dioksidasi menjadi oksalosuksinat dan alfa-ketoglutarat oleh enzim yang sama dan dibantu NADH.
  4. Terjadi pengubahan alfa-ketoglutarat menjadi suksinil ko-A oleh enzim alfa-ketoglutarat dengan proses oksidasi.
  5. Suksinil-koA kemudian diubah menjadi suksinat dibantu oleh Mg2+ dan GDP yang dengan fosfat membentuk GTP yang akan diubah menjadi ATP sehingga terbentuk energi.
  6. Pada tahapan ini, suksinat dioksidasi menjadi fumarat oleh bantuan enzim suksinat dehidrogenase.
  7. Tahap ketujuh yaitu proses hidrasi yang terjadi penambahan atom hidrogen pada ikatan karbon (C=C) dan menghasilkan produk berupa malat.
  8. Malat kemudian dioksidasi untuk menghasilkan oksaloasetat dibantu enzim malat dehidrogenase. Oksaloasetat menangkap asetil-koA maka daur krebs dapat terus-menerus terjadi.

Pembahasan:

Manusia dapat melakukan berbagai macam aktivitas karena memiliki energi. Energi diperoleh dari makanan. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Energi dihasilkan dari suatu proses yang dikenal dengan istilah daur krebs. Daur krebs adalah suatu siklus yang digunakan oleh suatu organisme untuk menghasilkan energi.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang pengertian energi
  • Materi tentang pengertian siklus krebs
  • Materi tentang tahap-tahap siklus krebs

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel Pada Sistem Pencernaan

Kode: 11.4.6

#AyoBelajar

#SPJ2