Breaking News

Mengapa manusia selalu berinteraksi dengan alam

Mengapa manusia selalu berinteraksi dengan alam​

Mapel IPS, Jenjang Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Manusia membutuhkan lingkungan alam agar bisa melakukan interaksi sosial. Contohnya pakaian yang dibuat dari bahan alam, seperti sutra, dibutuhkan manusia untuk menjalin hubungan atau interaksi sosial. Contoh lainnya, manusia membutuhkan hujan untuk bisa bercocok tanam.

Penjelasan:

Semoga Membantu ):v

Pertanyaan Baru di IPS


4.menyampaikan segala laporan pemeriksaan atas tata kehidupan koperasi kepada rapat anggota, merupakan kewajiban dari

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban: Pengawas

Pembahasan:

Fungsi pengawas antara lain melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan koperasi oleh pengurus dan membuat laporan tertulis mengenai hasil pengawasan yang telah dilakukan dan menyampaikannya kepada rapat anggota.


Nama benda yang mengunakan energi listrik dinamo

IPS, Sekolah Menengah Pertama

Nama benda yang mengunakan energi listrik adalah dinamo sepeda.

Pembahasan

Dinamo merupakan suatu generator yang memiliki fungsi untuk mengubah energi kinetik (berupa gerakan) menjadi energi listrik. Dinamo memanfaatkan hukum Faraday bahwa pada kumparan yang digerakkan dalam medan magnet (terjadi perubahan fluks magnet), maka akan dihasilkan suatu arus induksi pada kumparan itu.

Prinsip kerja dinamo

Pada dinamo sepeda ada magnet berbentuk silinder kecil yang tertutup kumparan kawat. Ketika sepeda berjalan, poros dinamo yang dihubungkan pada poros sepeda juga ikut berputar. Hal ini menyebabkan magnet silinder di dalam dinamo ikut berputar di dalam kumparan kawat. Magnet yang berputar ini juga menyebabkan perubahan fluks magnet dan dihasilkanlah arus listrik untuk menghidupkan lampu pada sepeda.

Baca Juga  Menanam stroberi dalam jumlah besar termasuk usaha di bidang.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang dinamo sepeda :
  • Materi tentang Hukum Faraday:
  • Materi tentang arus induksi:

______________

Detail jawaban

Mapel  : Fisika
Kelas   : IX
Bab     : Energi dan Daya Listrik
Kode   : 9.6.5


Q. 1.Kepanjangan PLN
2.Kepanjangan PLTA
3.Kepanjangan PLTB
4.Kepanjangan PLTG
5.Kepanjangan PLTU​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Penjelasan:

Pertanyaan :

1.Kepanjangan PLN

2.Kepanjangan PLTA

3.Kepanjangan PLTB

4.Kepanjangan PLTG

5.Kepanjangan PLTU

Penyelesaian :

1. PLN

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara.

2. PLTA

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang biasanya disingkat PLTA adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan air dengan mengubahnya dari energi potensial dan energi kinetik air.

3. PLTB

  • Bayu atau angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang terdapat di daerah dengan potensi hembusan angin yang besar.
  • Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) mengonversikan energi bayu menjadi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin sebagai generator.

4. PLTG

  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) atau Gas Power Plant
  • PLTG merupakan jenis pembangkit yang menggunakan “udara panas” untuk memutar turbin. Udara panas ini dihasilkan melalui pemanasan udara dengan menggunakan gas di dalam ruang bakar. Udara panas kemudian dialirkan ke turbin.

5. PLTU

  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.
  • Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang seporos dengan turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering.


Minimal 3 aspek yang harus diobservasi oleh pak Andre dalam tugas kelompok tersebut

IPS, Sekolah Menengah Atas

Pertanyaan kurang lengkap karena tidak ada artikelnya mungkin artikel yang dimaksud seperti gambar diatas dengan menyebutkan minimal 3 aspek yang harus diobservasi oleh pak Andre dalam tugas kelompok tersebut adalah aspek kerjasama , Aspek Kualitas hasil karya , Aspek Kecocokan gambar dengan tema kliping.

Baca Juga  Bantu jawab makasiih

PEMBAHASAN

Observasi adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Tujuan observasi adalah mendapatkan informasi yang bersifat objektif, nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada contoh soal tersebut 3 aspek yang harus diamati Pak Andre antara lain:

  • Kerjasama karena tugas tersebut merupakan tugas kelompok.
  • Hasil karya dari kliping seperti kerapian dan keindahan.
  • Kecocokan gambar dengan tema karena tugas tersebut adalah tugas kliping berati gambar yang dipilih harus sesuai dengan tema yang di tentukan

Kliping adalah kegiatan menggunting dan menempel bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti koran untuk dijadikan bahan dokumentasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang observasi

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

3 aspek observasi yang dilakukan oleh pak Andre:

  • Menentukan tujuan observasi yaitu target atau harapan yang akan dicapai dalam observasi.
  • Menentukan kegiatan observasi agar observasi lebih terarah dan mengetahui dari bentuk kegiatan observasi.
  • Menentukan tempat observasi.

Pembahasan

Observasi adalah proses pengumpulan data dalam sebuah penelitian. Sementara itu, pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara. Observasi adalah alat yang sangat penting dalam penelitian, dan sering digunakan bersama dengan teknik lain seperti observasi partisipan, desain penelitian eksperimental, dan wawancara.

Menurut Johnson (1975), setiap orang dapat melakukan pengamatan, dari yang paling sederhana hingga tingkat pengamatan yang paling kompleks. Metode observasi yang digunakan dalam setiap kegiatan penelitian berbeda-beda, tergantung pada setting, kebutuhan dan tujuan penelitian.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang observasi

#BelajarBersamaBRainly #SPJ1


Mengapa manusia selalu berinteraksi dengan alam​

IPS, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Manusia membutuhkan lingkungan alam agar bisa melakukan interaksi sosial. Contohnya pakaian yang dibuat dari bahan alam, seperti sutra, dibutuhkan manusia untuk menjalin hubungan atau interaksi sosial. Contoh lainnya, manusia membutuhkan hujan untuk bisa bercocok tanam.

Baca Juga  Interaksi setiap anggota keluarga

Penjelasan:

Semoga Membantu ):v