Breaking News

Mengapa pengumpulan data awal mutlak diperlukan

Mengapa pengumpulan data awal mutlak diperlukan​

Mapel B. Indonesia, Jenjang Sekolah Menengah Atas

Teknik pengumpulan data merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh seorang peneliti untuk mengumpulkan data dalam menanggapi masalah penelitian yang akan dilakukannya. Pengumpulan data awal adalah suatu keharusan karena merupakan alat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data.

Pembahasan

Dalam melakukan penelitian, peneliti harus mampu menjelaskan  proses dan hasil penelitiannya secara runtut. Ada beberapa isu penting yang berdampak signifikan terhadap keberlangsungan  penelitian, seperti hipotesis, identifikasi masalah, dan teknik akuisisi data. Singkatnya, teknik pengumpulan data adalah  metode yang digunakan peneliti untuk  mengumpulkan data dan informasi, dan dijadikan sebagai fakta pendukung untuk menjelaskan penelitiannya nanti. Langkah pertama dalam memutuskan metode akuisisi data adalah menentukan  metodologi yang dipilih dan ditentukan oleh peneliti. Artinya, apabila peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, maka metode pengumpulan data yang digunakan dapat berupa observasi, focus group discussion (FGD), wawancara mendalam, dan studi kasus. Teknik-teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah

  1. Observasi. Metode pertama ini adalah metode akuisisi data  langsung. Untuk melakukan observasi, peneliti perlu menggunakan panca inderanya untuk mengamati objek penelitian yang akan diamati di lapangan dan mencatatnya pada memo atau alat perekam.
  2. Kuisioner (daftar pertanyaan). Teknik  kedua adalah dengan menggunakan survei. Survei atau survei adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait survei yang  diberikan kepada responden.
  3. Wawancara. Secara konseptual, ada persamaan antara survei dan wawancara, namun perbedaannya terletak pada waktu  proses pertukaran. Wawancara akan dilakukan secara langsung dalam bentuk sesi tanya jawab atau wawancara. Wawancara Dalam metode wawancara, narasumber berperan sebagai informan, bertindak sebagai sumber informasi.
  4. Studi literatur. Untuk menerapkan teknik pengumpulan data studi sastra, peneliti mengumpulkan studi literatur yang relevan dan konsisten yang relevan dengan apa yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian.
Baca Juga  Tentukan gagasan pokok DAN GAGASAN PENDUKUNG SETIAP PARAGRAF DARI BACAAN TARI SAMAN.

Pelajari Lebih Lanjut

  • Materi tentang cara mengumpulkan data
  • Materi tentang kegiatan pengumpulan data
  • Materi tentang teknik pengumpulan data

Detail Jawaban

Kelas : 11

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Menulis Karya Ilmiah

Kode : –

#AyoBelajar #SPJ2

Pertanyaan Baru di B. Indonesia


Perhatikan teks berikut ! 1. Mengelompokkan informasi dengan menggunakan kata tanya

2. Membaca teks dengan cermat

3. Menjawab pertanyaan yang diberikan menggunakan jawaban yang diajukan.

4. Menggaris bawahi gagasan pokok setiap paragraf

Susunan langkah-langkah cara menggali informasi dalam suatu teks narasi sejarah yang benar adalah

A.1-2-3-4
B.2-4-1-3
C.2-4-3-1
D.2-1-4-3

B. Indonesia, Sekolah Dasar

Jawaban:

B

Penjelasan:


Perbedaan ketua dega sama pratama (Pramuka) itu apa ya??

bantu jawab, jgn ngasal. mksh ​

B. Indonesia, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

artinya praja muda karana (pramuka) lambang tunas kelapa


Maksud dari jati diri adalah​

B. Indonesia, Sekolah Dasar

Jawaban:

Jati diri adalah suatu hal yang ada didalam diri kita, yang meliputi karakter,sifat,watak,dan kepribadian.

Penjelasan:

Jati Diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri kita, yang meliputi karakter, sifat, watak dan kepribadian nya. Bisa dibilang jati diri adalah segala hal tentang diri kita. Dengan proses yang panjang dan penuh lika-liku, jati diri secara alami akan ada di dalam diri kita, baik itu saat usia muda maupun dewasa.

# semoga membantu


Semua siswa Kelas V sedang memperhatikan dengan seksama tentang materi “Keragaman Suku bangsa dam Budaya di Indonesia” yang dijelaskan oleh Bu Endah. Bu Endah menskenariokan dalam proses pembelajarannya, bahwa nanti akan menerapkan keterampilan bertanya lanjut kepada siswa-siswanya yang bertujuan untuk mengundang siswa berpikir sebagai proses mental yang terjadi dalam diri siswa. Bu Endah menginginkan agar kemampuan siswa-siswanya dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan uraian di atas, tuliskan 4 komponen keterampilan bertanya tingkat lanjut yang dapat digunakan oleh Bu Endah disertai dengan soalnya (masing-masing komponen 1 soal​

B. Indonesia, Sekolah Menengah Atas

4 komponen keterampilan bertanya tingkat lanjut yaitu:

  1. Menjawab pertanyaan karena adanya pengubahan tuntutan kognitif.  Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru mendorong siswa untuk berpikir tentang apa yang telah mereka pelajari, menerapkan apa yang telah mereka pelajari, menganalisis informasi, dan memunculkan ide-ide mereka sendiri. Guru harus mencoba untuk mengajukan pertanyaan yang termasuk dalam tingkat kognitif yang tinggi. Contoh pertanyaan: Berikan alasan kenapa Indonesia memiliki keragaman suku bangsa dan budaya?
  2. Pertanyaan harus diajukan dalam urutan yang memungkinkan siswa untuk berpikir lebih efektif dan adil. Pertanyaan tingkat tertentu harus diajukan dengan lebih kuat dan kemudian beralih ke pertanyaan yang lebih sulit. Contoh pertanyaan:  1) Sebutkan karakteristik dari tari piring?, 2)Sebutkan karakteristik dari tari jaipong?, 3) Sebutkan perbedaan antara tari piring dengan tari jaipong?
  3. Menggunakan pertanyaan pelacak. Jika guru mengajukan pertanyaan tingkat tinggi dan tanggapan yang diberikan siswa pada umumnya benar, guru dapat mengajukan pertanyaan pelacakan yang dapat membantu membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang mereka berikan. Contoh pertanyaan:  Apa pendapatmu tentang buaya di Indonesia, mengapa bisa pendapat seperti itu?
  4. Peningkatan terjadinya interaksi. Tujuan dari upaya ini adalah untuk meningkatkan frekuensi interaksi antar siswa, dalam rangka meningkatkan keterlibatan intelektual mental mereka. Caranya: kurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh satu siswa, dorong siswa untuk bertanya, dan beri kesempatan siswa lain untuk menjawab pertanyaan temannya. Contoh pertanyaan diajukan oleh siswa dan dijawab oleh siswa yang lain.

Pembahasan

Bertanya adalah alat komunikasi yang digunakan untuk memperoleh sesuatu dari seseorang yang memberikan jasa. Respon yang diberikan didasarkan pada pertimbangan berbagai faktor. Dengan demikian, bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berpikir. Dalam setiap proses pembelajaran, mengajukan pertanyaan adalah bagian penting dari proses.

Pertanyaan yang baik dapat membantu siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran, menyumbangkan upaya penuh mereka. Bertanya dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan berpikir mereka. Hal ini juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan membantu mereka menentukan jawaban atas pertanyaan dan membantu siswa meningkatkan produktivitas belajar.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang keterampilan bertanya

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


Tuliskan gagasan pokok paragraf di atas​

B. Indonesia, Sekolah Dasar

Jawaban:

Letak geografis Indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional.

Penjelasan:

SEMOGAMEMBANTU