Pengenalan Coreldraw

Pada artikel ini, kita akan melihat garis besar pada Coreldraw. Ini adalah solusi desain grafis 2D digital terbaik. Sederhana! Corel Draw adalah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Corel Corporation untuk mengembangkan grafik vektor untuk memasukkannya ke dalam definisi yang lebih formal.

Iklan online dan cetak, desain produk, desain tata letak arsitektur, seniman sketsa online di berbagai bidang dan hampir semua visual cantik yang kita lihat di sekitar kita baik di ponsel atau majalah, pada suatu saat, dirancang di Corel Draw.

Alat di CorelDraw

Jadi jendela CorelDraw khas terlihat seperti ini.

Apa itu CorelDraw 1-1

Di sinilah Anda akan menemukan Toolbox.

kotak peralatan

Ada juga Menu Drop Down Alat di bilah Menu, tetapi hampir semua yang penting tercakup dalam ToolBox.

Saat Anda memilih setiap alat, selanjutnya akan memiliki opsi drop-down, dan juga, mereka juga akan menampilkan propertinya secara tunggal di Bilah Alat di bawah Bilah Menu seperti ini. Mari kita telusuri setiap alat terlebih dahulu.

Apa itu CorelDraw 1-3

  • Pick Tool:  Ini sebenarnya adalah alat pilih dan berperilaku seperti Alat Pindah di Photoshop, ke sudut kanan bawah alat, Anda akan menemukan berbagai pilihan seperti freehand pick dan free transform. Opsi ini memungkinkan Anda mengubah ukuran gambar yang memperluas atau mempersempitnya atau bahkan membuat gambar cermin dengan mouse.
  • Alat Bentuk:  Pada gambar, bentuk, atau bahkan teks yang dipilih, alat ini akan memberikan simpul dan pegangan. Jadi setelah simpul dipilih, bagian objek itu dapat dilengkungkan menjadi tekstur yang berbeda seperti noda, noda, putaran, dll.
  • Crop Tool:  Seperti namanya, ini akan membantu memangkas gambar, bentuk, atau teks yang dipilih. Ini juga akan memungkinkan Anda memotong gambar seperti pisau (membagi bentuk menjadi irisan berbeda yang dapat diedit secara terpisah) dan bahkan dihapus (menggunakan Penghapus).
  • Alat Zoom:  Memungkinkan Anda memperbesar ke bagian kecil mana pun dari bentuk atau teks yang sedang dibuat atau diedit sehingga perancang dapat memperbaiki perbedaan yang sesuai.
  • Freehand Tool: Alat  ini adalah tempat sebagian besar keajaiban terjadi. Alat ini memiliki sejumlah opsi menggambar yang memungkinkan Anda membuat dan menggambar desain apa pun. Jadi alat ini memainkan peran yang sangat penting dalam tahap pertama desain grafis.
  • Alat Media Artistik: Alat ini seperti sikat tangan atau semprotan atau pena. Jadi, jika Anda ingin membuat Teks Kaligrafi atau Graffiti, alat ini akan berguna.
  • Rectangle Tool: Alat  ini akan membantu membuat bentuk persegi panjang. Ini juga memiliki opsi persegi panjang 3 titik. Ini hanya berarti persegi cepat dapat dibuat hanya dengan menyeret mouse setelah dua simpul persegi panjang digambar.
  • Ellipse Tool: Alat ini memungkinkan Anda membuat bentuk elips seperti lingkaran. Ini juga membantu dengan pembuatan bentuk cepat menggunakan 3 titik Ellipse seperti yang ada di alat persegi panjang.
  • Polygon Tool: Pada dasarnya, polygon tool digunakan untuk membuat bentuk dengan lebih dari 4 sisi. Tapi Corel Draw memungkinkan Anda membuat sejumlah bentuk siap pakai seperti bentuk spanduk, bintang, bentuk spiral, panah, kotak kertas grafik di bawah judul yang sama.
  • Alat Teks: Alat  teks di sini akan membantu membuat karakter teks dan kotak teks. Anda dapat mengeditnya menggunakan properti dan opsi pemformatan yang ditampilkan di bilah alat. Anda juga dapat langsung menambahkan tabel dengan alat ini jika Anda perlu membuat teks dalam bentuk tabel.
  • Alat Dimensi Paralel:  Banyak insinyur sipil dan arsitek menggunakan Corel Draw. Jadi, inilah alat yang siap untuk menampilkan dimensi dalam berbagai bentuk seperti ini.
  • Alat konektor garis lurus: Alat ini akan membantu menghubungkan sisi yang berbeda dalam bentuk apa pun di antara sisi atau sudut siku-siku sambil menjaga sisi-sisinya tetap terpisah.
  • Drop shadow Tool: Ini adalah alat pemberi efek. Ini akan membuat bevel, emboss, drop shadow, extrude, dll., setiap bagian dari bentuk yang dipilih atau teks yang sedang dirancang.
  • Eye Dropper Tool:  Ini adalah alat pemetik warna biasa. Bagian kerennya di sini adalah Attributes Eyedropper. Jadi Anda juga dapat memilih ketebalan, ukuran dan semua efek dan atribut bentuk lainnya dan langsung menyalinnya ke dalam bentuk Anda.
  • Alat Isi Interaktif: Ini hampir seperti alat isian biasa, tetapi opsi seperti gradien dan semuanya dapat diterapkan di sini, karena itulah namanya. Ini juga memiliki alat Mesh. Alat ini akan membuat kisi-kisi di sekitar bentuk, dan kemudian setiap kisi dapat diwarnai jika diperlukan pewarnaan atau bayangan yang rumit, misalnya dalam lukisan buah atau pemandangan.
  • Smart Fill Tool: Alat ini akan membantu mengisi warna dalam bentuk yang merupakan jalur tertutup. Sangat cepat untuk digunakan. Sangat mirip dengan alat ember cat di MS Paint.
Baca Juga  Desain Banner Harap Tenang Ada Ujian cdr

Fitur Corel Draw

Salah satu fitur utama, menurut saya, adalah menyediakan UI yang ramah yang dapat dipelajari untuk digunakan dengan cepat, sehingga untuk pemula dapat mengembangkan kreativitas mereka, dan profesional dapat membuat beberapa desain dan tata letak yang memukau. Ini memiliki alat serbaguna langsung seperti pembentukan simpul dan pengisian jala dll., yang berguna hampir di mana-mana dalam mendesain. Menjadi perangkat lunak grafik vektor tidak membuat desainnya menjadi piksel yang menjamin pencetakan berkualitas tinggi. Oleh karena itu banyak printer definisi tinggi diprogram untuk menerima file format Corel untuk dicetak.

Fitur lainnya termasuk menerima banyak format file untuk diedit, mampu berjalan di semua prosesor dan sebagainya.

Kesimpulan

Saat belajar desain grafis, Corel Draw lebih mudah daripada perangkat lunak kompleks lainnya dan masih lebih berguna daripada kebanyakan. Salah satu hal baiknya adalah mereka terus memperbarui fitur, jadi selalu ada sesuatu yang lebih menarik di dalam toko.