Breaking News

Qwuizzzz

Qwuizzzz Dalam ilmu pengetahuan Alam istilah Rantai makanan juga dikatakan sebagai proses makan dan dimamam, buatlah satu contoh Rantai makanan tersebut!

(ー_ー゛)​

Mapel Biologi, Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Rantai Makanan~

Pengertian

Rantai makanan adalah siklus peristiwa makhluk hidup makan dan dimakan dengan tingkatan urutan yang terbentuk sesuai dengan ekosistem.

Tingkatan Rantai Makanan

  1. Produsen, organisme yang dapsat menghasilkan makanannya sendiri, seperti tumbuhan.
  2. Konsumen Primer, konsumen pertama yang akan memakan produsen.
  3. Konsumen Sekunder, konsumen kedua yang akan memakan Konsumen Primer.
  4. Konsumen Tersier, konsumen ketiga yang akan memakan Konsumen Sekunder.
  5. Konsumen Final, konsumen akhir yang akan memakan konsumen Tersier.
  6. Dekomposer (Pengurai), sebuah organisme yang akan membuat organisme bangkai menjadi komponen abiotik.
Baca Juga  Stek dan okulasi merupakan perkembangbiakan

Contoh :

Sawah (Produsen) → Belalang (Konsumen Primer) → Kodok (Konsumen Sekunder) → Ular (Konsumen Tersier) → Elang (Konsumen Final) → Jamur liar (Dekomposer).

  • Penjelasan

Sawah merupakan produsen yang dapat menghasilkan sendiri yaitu padi → karena padi yang dihasilkan sedikit, itu disebabkan oleh belalang yang memakannya → lalu belalang dimakan oleh kodok, karena kodok sering dijumpai di sawah → tak hanya kodok, tapi sawah uga sering menjadi tempat tinggal ular, dan kodok akan menjadi pengisi perut ular → karena berada di satu ekosistem, Elang akan memangsa ular → karena ular sering dimangsa oleh elang-elang lain dan presentase ular menjadi berkurang dan sulit ditemukan → karena kelaparan elang mati (menjadi bangkai) dan bangkai itu akan membusuk ditanah bersama jamur jamur liar yang tertanam disitu.

Pertanyaan Baru di Biologi


Jika kamu ingin mencari informasi tentang sakit sariawanmu yang lama tak kunjung sembuh, kata kunci apa yang tepat untuk memulai pencarian tentang informasi tersebut?

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

-Obat Sariawan

-Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan bahan Alami

-Cara Menyembuhkan Sariawan

-Cara cepat atasi Sariawan

-Obat Alami Sariawan

dan Banyak kata kunci lainnya

Penjelasan:

semoga membantu


Persebaran penduduk Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa. Tidak seimbangnya kepadatan penduduk ini dipicu oleh migrasi dalam bentuk ….​

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Perekonomian yang berkembang di Pulau Jawa menjaid pemicu banyak penduduk bermigrasi dari daerah asalnya ke Pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Migrasi tersebut dinamakan migrasi urbanisasi

Jawaban:

Migrasi urbanisasi

Penjelasan:

Perekonomian yang berkembang di Pulau Jawa menjaid pemicu banyak penduduk bermigrasi dari daerah asalnya ke Pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Migrasi tersebut dinamakan migrasi urbanisasi.

Baca Juga  Jika kamu ingin mencari informasi tentang sakit sariawanmu yang lama tak kunjung sembuh, kata kunci apa yang tepat untuk memulai pencarian tentang informasi tersebut?

jadikan sy jawaban terbaik biar sy naik lv

:v


Jika sense dari DNA basa nitrogennya terdiri atas sitosin (S), timin (T), adenin (A), dan guanin (G), maka antisensenya adalah …. a. S, T, A, dan G
b. T, A, S, dan G
c. S, T, G, dan A
d. G, A, T, dan S
e. S, G, A, dan T

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

G, A, T, C

Penjelasan:

sense ke antisense

untuk A ke T dan sebaliknya

untuk G ke S dan sebaliknya

maka sense STAG

adalah antisense GATS


Nelayan dilarang mencari atau menangkap ikan menggunakan bahan peledak. Pelarangan tersebut dilakukan untuk menjaqga keseimbangan lingkungan. Jelaskan hubungan antara larangan tersebut dengan keseimbangan lingkungan.

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Larangan itu akan memberikan peluang bagi terumbu karang (bukan target nelayan tetapi terpengaruh oleh peledak) menjadi tidak rusak. Maka keberlangsungan hidup hewan dan tanaman air terjaga dan terbentuklah keseimbangan lingkungan.

Penjelasan:

Peledak mengakibatkan :

  1. Ikan mati tidak wajar (kandungan kimia bisa saja ada dalam ikan)
  2. Selain ikan, misal karang bisa rusak dan tidak bisa menyediakan makanan dan tempat hidup bagi ikan, dan akhirnya keberlangsungan hidup ikan lain pun akan menurun bahkan punah
  3. Polutan hasil ledakan bisa mencemari hewan dan tanaman laut lain.

Di dalam daur materi, organisme yang menjadi kunci berjalannya daur adalah… a.produsen
b.konsumen 1
c.decomposer
d.konsumen 2

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Di dalam daur materi, organisme yang menjadi kunci berjalannya daur adalah dekomposer (C). Mengingat pentingnya dekomposer sebagai organisme pengurai materi untuk menyediakan bahan makanan bagi produsen.

Pembahasan

Daur materi didefinisikan sebagai rantai makanan di mana bagian antara produsen dan konsumen akhir dihubungkan oleh mikrobia atau dekomposer. Adapun rantai makanan sendiri merupakan urutan peristiwa dalam suatu ekosistem, di mana satu organisme hidup memakan organisme lain (dari produsen sampai konsumen tingkat akhir). Berikut adalah contoh rantai makanan :

Baca Juga  Bantu jawab ya teman²...>_< nnti aku follow yg jawab yg no 1, 2, 3, 5, 6, 7, dan 8

Rantai makanan terdiri dari tiga komponen besar yaitu matahari, produssen, dan konsumen. Adapun pada daur materi ada 4 bagian besar, sebagai berikut:

  • Matahari
    Matahari adalah sumber energi awal, yang menyediakan energi untuk segala sesuatu di bumi.
  • Produsen
    Produsen dalam rantai makanan mencakup semua autotrof seperti fitoplankton, cyanobacteria, alga, dan tumbuhan hijau. Produsen merupakan tingkat pertama dari rantai makanan karena mampu memanfaatkan energi dari matahari untuk membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.
  • Konsumen
    Konsumen adalah semua organisme yang bergantung pada tanaman atau organisme lain untuk makan. Konsumen adalah bagian terbesar dari rantai makanan, karena mengandung hampir semua organisme hidup. Termasuk di dalamnya herbivora yaitu hewan yang memakan tumbuhan, karnivora yaitu hewan yang memakan hewan lain, parasit yang hidup pada organisme lain dan terakhir scavenger yaitu hewan yang memakan bangkai hewan yang sudah mati.
  • Pengurai (dekomposer)
    Pengurai adalah organisme yang mendapatkan energi dari bahan organik berupa bangkai dari konsumen maupun produsen. Pengurai adalah komponen terakhir dan sekaligus komponen terpenting dalam daur mater mengingat peranannya dalam mengubah limbah organik menjadi bahan anorganik, untuk memperkaya tanah dengan nutrisi sehingga produsen dapat hidup dan memulai tahap pertama dalam rantai makanan dan/atau daur materi.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang daur materi:
  • Materi tentang rantai makanan:
  • Materi tentang dekomposer:

______________

Detail jawaban

Mapel  : Biologi
Kelas   : X
Bab     : Ekosistem
Kode   : 10.4.9

#SolusiBrainlyCommunity