Breaking News

Sebutkan 5 tanaman yang perkembang biakan secara generatif

Sebutkan 5 tanaman yang perkembang biakan secara generatif​

Mapel Biologi, Jenjang Sekolah Dasar

  1. Tanaman kacang tanah.
  2. Tanaman jagung.
  3. Tanaman mentimun.
  4. Tanaman salak.
  5. Tanaman mangga.

Jawaban:

1.kacang tanah

2.Jagung

3.Mentimun

4.Rambutan

5.Mangga

Penjelasan:

maaf kalo salah

Pertanyaan Baru di Biologi


Apa itu klorofil ???

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Klorofil adalah zat hijau pada daun.

Pembahasan ☁️

klorofil adalah zat hijau daun.

berasal dari fotosintesis untuk menyerap sinar matahari dan karbon dioksida yang dihasilkan oleh tumbuhan

____________________________

╭┈─────── ೄྀ࿐ ˊˎ-

╰┈➤ Tidak Copas . Ayo Berhenti Copas..

.

╭━─━─━─≪✠≫─━─━─━╮

Dengan Hastag :

#LearnWithBrainly

#BelajarBersamaBrainly

╰━─━─━─≪✠≫─━─━─━╯

.

━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━

Semoga membantu ✅


^’hewan yang berkembang biak dengan bertelur disebut juga

Biologi, Sekolah Menengah Atas

Hewan berkembang biak dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan cara bertelur. Hewan yang cara berkembangbiaknya dengan bertelur disebut dengan ovipar.

Pembahasan

Berkembang biak merupakan cara dari suatu makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya. Secara umum perkembangbiakan pada hewan terdiri dari vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan yang dimaksud pada soal merupakan perkembangbiakan secara generatif.

Berikut ini yang termasuk perkembangbiakan hewan secara generatif:

  • Ovipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan dengan cara bertelur.
  • Vivipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ini memiliki ciri-ciri diantaranya adalah mempunyai daun telinga, kelenjar susu, dan kulitnya dilindungi oleh rambut.
  • Ovovivipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan dengan cara bertelur juga melahirkan. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah iguana, platipus, dan lainnya.

Perkembangbiakan secara generatif merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan proses perkawinan atau seksual. Sedangkan perkembangbiakan hewan yang dilakukan dengan cara vegetatif merupakan perkembangbiakan yang dilakukan tanpa proses perkawinan atau aseksual. Biasanya hewan yang berkembangbiak dengan cara vegetatif adalah hewan tingkat rendah.

Baca Juga  Jelaskan perbedaan autoekologi dan syanekologi!

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang vegetatif buatan =>
  • Materi tentang perkembangbiakan makhluk hidup =>
  • Materi tentang keuntungan mencangkok =>

=========================================================

Detail jawaban

Kelas: 6

Mapel: Biologi

Bab: Perkembangan Makhluk Hidup

Kode: 6.4.2

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6


Sebutkan 5 tanaman yang perkembang biakan secara generatif​

Biologi, Sekolah Dasar

  1. Tanaman kacang tanah.
  2. Tanaman jagung.
  3. Tanaman mentimun.
  4. Tanaman salak.
  5. Tanaman mangga.

Jawaban:

1.kacang tanah

2.Jagung

3.Mentimun

4.Rambutan

5.Mangga

Penjelasan:

maaf kalo salah


Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk​

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Perlakuan khusus yang diberikan pada serangga jantan agar tidak dapat memproduksi sperma dilakukan untuk: mengontrol dan mengurangi jumlah populasi serangga. Perlakuan khusus ini disebut sebagai pensterilan.

Pembahasan

Ada kalanya di suatu daerah, populasi suatu jenis hewan, misalnya serangga, menjadi terlalu banyak. Hal ini mengakibatkan keseimbangan populasi di daerah tersebut menjadi terganggu. Biasanya, ketika jumlah serangga melebihi ambang batas normal, akan terjadi kerusakan pada lahan pertanian. Banyak spesies serangga yang suka memakan daun, sehingga banyak tanaman petani akan mengalami kerusakan.

Selain itu, populasi serangga yang berlebihan juga dapat mengakibatkan keresahan di masyarakat. Tentu saja kita akan terganggu dengan segerombolan serangga yang beterbangan memenuhi jalan. Belum lagi jika serangga tersebut membawa penyakit seperti nyamuk, tentunya akan menambah risiko penularan penyakit kepada manusia.

Maka dari itu, dilakukan pensterilan kepada beberapa serangga untuk mengontrol populasinya. Jika beberapa serangga jantan sudah disterilkan, maka mereka tidak akan dapat membuahi sel telur betina. Oleh karena itu, betinanya tidak akan dapat menghasilkan keturunan baru. Sehingga jumlah populasi serangga di daerah tersebut dapat dikontrol dengan baik sampai jumlahnya kembali di ambang batas normal.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang tujuan sterilisasi dan pembagian sterilisasi
  2. Materi tentang pengertian disterilisasi
  3. Materi tentang yang dimaksud dengan sterilisasi

Detail jawaban

Kelas : 9

Mapel : Biologi

Bab : Bioteknologi

Kode: 9.4.7

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6

Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk mereduksi angka kelahiran dari kumpulan serangga dalam ekosistem. Ketika seekor pejantan tidak mampu lagi memproduksi sperma maka proses fertilisasi tidak akan terjadi dan kelahiran dari serangga-serangga sebagai hama pengganggu itu dapat berkurang.

Baca Juga  Kalian tahu spons? Pastinya tahu yaa. Spons memiliki keunikan yaitu spons mampu memakan organisme2 kecil, spons melakukannya dengan cara menyedot air dari lubang pori-porinya lalu menyaring makanannya. Oleh karena itu spons di sebut dengan ....

Pembahasan

Teknik sterilisasi serangga (pemandulan) adalah metode pengendalian hama serangga ramah lingkungan yang melibatkan pemeliharaan massal dan sterilisasi. Teknik ini menggunakan radiasi, dari hama sasaran, diikuti dengan pelepasan jantan steril secara sistematis melalui udara di atas area tertentu, di mana mereka kawin dengan betina liar sehingga tidak menghasilkan keturunan dan populasi hama menurun.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang serangga :
  • Materi tentang pengertian serangga :
  • Materi tentang teknik pemandulan serangga :

Detail jawaban

Kelas   : IX
Mapel : Biologi
Bab     : 4 – Bioteknologi
Kode  : 9.4.7


Jelaskan tahap-tahap perkembangan manusia dari bayi sampai dengan manusia usia lanjut

Biologi, Sekolah Menengah Pertama

Manusia sering sekali disebut aebgaia makhluk sosial. Hal ini disebabkan setiap manusia memerlukan adanya peran serta manusia lain dalam melangsungkan kehidupan. Tahap-tahap Perkembangan pada Manusia yaitu :

Balita

Bayi mempunyai kaki namun belum bisa berjalan dan mempunyai tangan namun belum dapat memegang dengan baik. Bayi memperoleh makanan dan minuman dari ASI (air susu ibu). Seiring dengan bertambahnya usia, organ-organ pada bayi juga akan berkembang.Pada usia 1 atau 2 tahun, bayi akan mulai belajar berjalan dan mengendalikan fungsi anggota tubuh lainnya seperti tangan, kepala, mulut.Organ-organtersebut akan semakin matang pada saat usia anakanak. Pada saat usia masuk sekolah (sekitar usia 5 tahun).

Anak-anak

Masa anak-anak, yaitu usia 5 hingga 12 tahun. Dalam periode ini, pertumbuhan fisik mulai meningkat baik tinggi badan maupun berat badan disertai perkembangan koordinasi otot-otot dan kemampuan mental. Beberapa anak dapat membaca angka-angka dan huruf-huruf tertentu.Di atas usia ini, anak telah berkembang dalam kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan beralasan. Pada usia yang sama, anak telah matangemosinya dan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain.

Remaja

Masa remaja ditandai dengankematangan organ reproduksi. Perubahan fisik yang terjadi merupakan tanda kematangan organ-organ reproduksi. Pada umumnya, organ reproduksi anak perempuan lebih cepat matang dibandingkan organ reproduksi anak laki-laki.Beberapa tanda matangnya organ reproduksi pada anak perempuan adalah tumbuhnya rambut di daerah kemaluan, membesarnya buah dada, dan terjadi menstruasi. Adapun pada anak laki-laki, tampak dari membesarnya jakun (sehingga suara menjadi besar), tumbuhnya rambut di wajah, otot-otot membesar, dan mimpi yang diiringi dengankeluarnya sperma (mimpi basah).Penyebab munculnya pubertas adalah karena kerja hormon estrogen yang dihasilkan ovarium (pada perempuan) dan testosteron yang dihasilkan testis (pada anak laki-laki). Akibatnya, organ-organ reproduksi berfungsi dan tubuhmu mengalami perubahan. Salah satu ciri pubertas pada anak perempuan adalah menstruasi.

Baca Juga  Para petani biasanya memberikan pupuk urea pada lahan pertaniannya saat awal masa tanam. Pemberian pupuk urea tersebut terutama untuk memenuhi kebutuhan....

Masa Dewasa

Setelah melewati masa remaja, akan memasuki masa dewasa sebagai tahapan selanjutnya dari perkembangan manusia. Pada masa ini pertumbuhan tubuhmu mencapai ukuran maksimal. Tinggi badan akan terhenti pada usia sekitar dua puluh tahunan.Selama masa dewasa, pemahaman emosional akanterus berkembang, berpotensi untuk terus belajar, mengembangkan diri dalam hal keterampilan, dan aktualisasi diri, bekerja, membina hubungan sosial, dan terus berprestasi.

Masa Tua

Segala potensi pada masa dewasa akan mengalamikemunduran ketika memasuki masa tua. Ini terjadi pada usia sekitar 60 – 65 tahun. Tubuh semakin rentan, wajah dan tangan mulai keriput, kesehatan menurun, kecerdasan menurun.Bahkan pada usia lanjut orang mudah lupa dan membutuhkan banyak istirahat, sehingga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat. Pada masa ini aktivitasnya menurun dan mulai sulit melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan danaktivitas seperti biasanya.Demikian penjelasan tentang Tahap-tahap Perkembangan pada Manusia, Baca juga materi biologi tentang Sel.

Pembahasan

Manusia sering sekali disebut aebgaia makhluk sosial. Hal ini disebabkan setiap manusia memerlukan adanya peran serta manusia lain dalam melangsungkan kehidupan. Manusia tentu saja tidak dapat berdiri sendiri, mengingat kebutuhannya juga yang sangat banyak, menyebabkan manusia saling beketergantungan antar satu sama lain.

Setiap manusia memiliki perannya masing-masing. Sebagai contoh, kita sebagai murid memiliki peran untuk belajar agar di masa depan kita mampu membangin diri sendiri bahkan negara sehingga menjadi lebih maju. Apakah kita sebagai murid tidak memerlukan orang lain dalam menjalankan peran kita? Tentu kita memerlukannya. Yang paling dekat adalah guru, mereka yang memberikan jasa kepada kita sebagai murid. Memberikan berbagai ilmu. Dari sisi guru, apakah guru dapat menjalankan peran dan hidupnya jika mengajar tanpa murid? Tentu tidak. Inilah ketergantungan dari manusia sebagai makhluk sosial.

Pelajari Lebih Lanjut :

  • Materi tentang contoh makluk sosial dan makhluk ekonomi
  • Materi tentang manusia sebagai makluk sosial
  • Materi tentang pengrtian makluk sosial sekaligus makhluk ekonomi

Detail Jawaban

Mapel : IPS

Kelas : 7 SMP

Bab : Bab 4 – Dinamika Interaksi Sosial

Kode : 10.7.4

#AyoBelajar

#SPJ2