tips desain agar tak terlihat murahan

Agar desainmu terlihat profesional, hindari penggunaan font yang berlebihan, warna yang mencolok, dan layout yang tidak teratur.

#desain #profesional

Bagi seorang desainer, terlihat murahan adalah hal yang harus dihindari. Tapi seringkali, kesalahan dalam desain membuat produk atau karya jadi tampak tidak berkualitas. Jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips desain agar tak terlihat murahan.

Pertama-tama, perhatikan warna yang dipilih. Gunakan palet warna yang sesuai dan harmonis untuk menciptakan tampilan yang menarik dan elegan. Selain itu, pastikan ukuran font yang digunakan cukup besar dan mudah dibaca. Hal ini akan membantu memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas.

Tidak hanya itu, perhatikan juga penggunaan gambar dan elemen grafis. Pastikan kualitas gambar yang digunakan cukup tinggi dan tidak pecah saat diperbesar. Selain itu, pilih elemen grafis yang sederhana dan tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu fokus dari desain utama.

Jangan lupa, gunakan ruang negatif dengan bijak. Sebuah desain yang terlalu padat dan penuh akan memberikan kesan murahan dan tidak profesional. Sebaliknya, gunakan ruang kosong secara strategis untuk memberikan kesan elegan dan modern.

Dengan menerapkan tips desain ini, Anda dapat menciptakan karya yang menarik dan profesional. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kualitas dan estetika dalam setiap desain yang dibuat. Happy designing!

Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan

Sebagai seorang desainer, hal yang paling penting adalah membuat desain yang menarik dan memiliki kualitas yang baik. Namun, terkadang desain yang dibuat malah terlihat murahan dan tidak menarik. Berikut adalah tips desain agar tak terlihat murahan.

Pilih Warna yang Tepat

Warna yang salah dapat membuat desain terlihat murahan. Sebaiknya pilihlah warna yang sesuai dengan tema dan tujuan desain. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok atau kontras yang berlebihan.

Pilih Font yang Sesuai

Pilihan font yang tepat dapat memberikan kesan yang berbeda pada desain. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar. Pilihlah font yang sesuai dengan tema desain dan mudah dibaca oleh orang lain.

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Efek

Menggunakan efek pada desain dapat memberikan sentuhan yang menarik. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan efek, karena dapat membuat desain terlihat murahan. Gunakan efek dengan bijak dan sesuai dengan tema desain.

Baca Juga  cara membuat latar transparan di canva

Pilih Gambar yang Berkualitas

Gambar yang buruk kualitasnya dapat membuat desain terlihat murahan. Pilihlah gambar yang berkualitas dan sesuai dengan tema desain. Jangan menggunakan gambar yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena dapat memengaruhi kualitas desain.

Hindari Menggunakan Too Much Information

Too much information dalam desain dapat membuat desain terlihat penuh dan tidak menarik. Sebaiknya gunakan informasi yang penting dan sesuai dengan tema desain. Hindari menggunakan informasi yang tidak relevan dan terlalu banyak.

Pilih Background yang Tepat

Pemilihan background yang tepat dapat memberikan kesan yang berbeda pada desain. Hindari menggunakan background yang terlalu mencolok atau terlalu sederhana. Pilihlah background yang sesuai dengan tema desain dan mudah dibaca oleh orang lain.

Buatlah Desain yang Simpel

Desain yang terlalu rumit dapat membuat desain terlihat murahan. Sebaiknya buatlah desain yang simpel dan mudah dipahami oleh orang lain. Hindari penggunaan elemen yang terlalu banyak dan terlalu rumit.

Perhatikan Komposisi Desain

Komposisi desain yang baik dapat membuat desain terlihat menarik. Hindari membuat desain yang terlalu penuh atau terlalu kosong. Buatlah komposisi desain yang seimbang dan sesuai dengan tema desain.

Sesuaikan Ukuran Desain

Ukuran desain yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memengaruhi kualitas desain. Sesuaikan ukuran desain dengan kebutuhan dan tujuan desain. Jangan membuat desain yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena dapat membuat desain terlihat murahan.

Pertimbangkan Ukuran dan Spasi

Ukuran dan spasi yang tepat dapat membuat desain terlihat rapi dan menarik. Hindari penggunaan ukuran dan spasi yang terlalu kecil atau terlalu besar. Sesuaikan ukuran dan spasi dengan kebutuhan dan tema desain.

Desain grafis yang baik dan tidak murahan merupakan tujuan setiap desainer. Namun, terkadang sulit untuk mencapai kesan tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips agar desain Anda terlihat profesional dan tidak murahan.

1. Hindari Penggunaan Font yang Terlalu Dekat dengan Gaya Handwriting

Penggunaan font dengan gaya tulisan tangan atau handwriting dapat memberikan kesan yang unik pada desain. Namun, jika dipakai secara berlebihan atau terlalu dekat dengan font yang sebenarnya, maka desain tersebut dapat terlihat murahan. Oleh karena itu, hindari menggunakan font yang terlalu dekat dengan gaya tulisan tangan. Pilihlah font yang mudah dibaca dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dalam desain.

2. Pilih Kontras Warna yang Tepat untuk Memperjelas Pesan dalam Desain

Kontras warna yang tepat dapat membantu memperjelas pesan dalam desain dan membuatnya terlihat lebih profesional. Gunakan warna yang kontras antara teks dan latar belakang. Namun, jangan sampai menggunakan terlalu banyak warna yang malah membuat desain terlihat kacau. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan dalam desain.

3. Gunakan Ruang dengan Bijak di dalam Desain

Memiliki ruang kosong atau whitespace dalam desain dapat memberikan kesan yang elegan dan profesional. Hindari menumpuk elemen desain terlalu rapat sehingga sulit dibaca atau dilihat. Gunakan ruang dengan bijak untuk memperjelas dan memudahkan pembacaan pesan dalam desain.

4. Jangan Terlalu Mengandalkan Efek Bayangan atau Tekstur untuk Membuat Desain Terlihat Menarik

Penggunaan efek bayangan atau tekstur dapat memberikan kesan yang menarik pada desain. Namun, terlalu banyak mengandalkan efek tersebut justru dapat membuat desain terlihat murahan. Gunakan efek tersebut dengan bijak dan sesuai dengan tema desain.

Baca Juga  cara membuat thumbnail di canva

5. Gunakan Sistem Grid untuk Memudahkan Penataan dan Penempatan Elemen dalam Desain

Sistem grid dapat membantu memudahkan penataan dan penempatan elemen dalam desain. Hal ini dapat membuat desain terlihat lebih teratur dan profesional. Pilihlah sistem grid yang sesuai dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan dalam desain.

6. Perhatikan Proporsi Gambar dan Teks dalam Desain

Proporsi gambar dan teks dalam desain sangat penting untuk membuat desain terlihat seimbang dan teratur. Hindari menempatkan gambar atau teks yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikan proporsi gambar dan teks agar mudah dibaca dan dilihat oleh pembaca.

7. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Effek pada Gambar atau Teks

Terlalu banyak menggunakan efek pada gambar atau teks dapat membuat desain terlihat murahan dan tidak profesional. Gunakan efek dengan bijak untuk menambahkan nilai estetika pada desain.

8. Pilih Gambar dan Grafik yang Berkualitas Tinggi untuk Meningkatkan Kesan Profesional

Pilihlah gambar dan grafik yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan kesan profesional pada desain. Hindari menggunakan gambar atau grafik yang buram atau pecah sehingga sulit dibaca atau dilihat. Pilihlah gambar dan grafik yang sesuai dengan tema dan pesan dalam desain.

9. Terapkan Kreativitas dalam Menampilkan Ide dan Konsep pada Desain

Kreativitas adalah kunci untuk membuat desain terlihat unik dan menarik. Terapkan kreativitas dalam menampilkan ide dan konsep pada desain. Hal ini dapat membuat desain terlihat lebih menarik dan berbeda dari desain-desain lainnya.

10. Cermati Detail dalam Desain agar Terlihat Rapi dan Tidak Murahan

Terakhir, cermati setiap detail dalam desain agar terlihat rapi dan tidak murahan. Perhatikan keseluruhan desain dan pastikan setiap elemen terlihat seimbang dan mudah dibaca. Jangan sampai ada elemen yang kelihatan asal-asalan karena hal tersebut dapat membuat desain terlihat murahan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan desain Anda dapat terlihat profesional dan tidak murahan. Hindari penggunaan font yang terlalu dekat dengan gaya handwriting, pilih kontras warna yang tepat, gunakan ruang dengan bijak, jangan terlalu mengandalkan efek bayangan atau tekstur, gunakan sistem grid, perhatikan proporsi gambar dan teks, hindari menggunakan terlalu banyak effek, pilih gambar dan grafik yang berkualitas tinggi, terapkan kreativitas, dan cermati detail dalam desain agar terlihat rapi dan tidak murahan.

Sebagai seorang jurnalis, saya ingin memberikan beberapa tips desain agar tak terlihat murahan. Desain yang baik akan memberikan kesan profesional dan menarik bagi klien atau pembaca kita.

Berikut adalah beberapa tips desain agar tak terlihat murahan:

  • Pilih warna yang tepat. Warna yang cerah dan mencolok dapat memberikan kesan murahan. Sebaiknya pilih warna-warna netral dan elegan seperti putih, abu-abu, atau hitam.
  • Pilih font yang sesuai. Hindari menggunakan font yang terlalu dekoratif atau sulit dibaca. Pilihlah font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial atau Helvetica.
  • Pastikan tata letak yang rapi. Jangan terlalu banyak mengisi ruang kosong dengan elemen-elemen yang tidak perlu. Pastikan tata letak yang rapi dan mudah dipahami.
  • Gunakan gambar yang berkualitas tinggi. Hindari menggunakan gambar yang terlalu kecil atau buram. Gunakan gambar dengan resolusi tinggi dan sesuai dengan tema desain yang digunakan.
  • Gunakan elemen desain yang konsisten. Pastikan elemen desain seperti font, warna, dan gaya grafis konsisten dalam keseluruhan desain.
Baca Juga  cara mengunci objek di coreldraw

Meskipun tips desain agar tak terlihat murahan memiliki kelebihan, namun terdapat pula beberapa kekurangan.

  1. Keterbatasan kreativitas. Dalam penggunaan warna dan font yang netral, kita mungkin merasa sulit untuk mengekspresikan kreativitas dalam desain.
  2. Tidak sesuai untuk beberapa jenis desain. Terkadang, desain tertentu membutuhkan penggunaan warna dan font yang mencolok untuk menarik perhatian pembaca atau klien.
  3. Kesulitan dalam membedakan dari desain lainnya. Dalam penggunaan elemen desain yang konsisten, kita mungkin merasa kesulitan untuk membedakan desain kita dengan desain lain yang menggunakan elemen yang sama.

Secara keseluruhan, tips desain agar tak terlihat murahan dapat memberikan kesan profesional dan menarik bagi klien atau pembaca kita. Namun, kita juga harus mempertimbangkan kekurangan-kekurangan yang ada sebelum menerapkan tips tersebut dalam desain kita.

Sebagai seorang desainer, tampilan desain tentu sangat penting bagi Anda. Terlebih lagi jika desain tersebut akan digunakan untuk keperluan bisnis atau pun personal branding. Namun, bagaimana jika desain yang telah Anda buat justru terlihat murahan dan tidak profesional? Hal ini tentu akan membuat kepercayaan orang lain pada Anda menjadi menurun. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips desain agar tak terlihat murahan yang dapat Anda terapkan.

Pertama, hindari menggunakan terlalu banyak warna dalam desain Anda. Terlalu banyak warna justru akan membuat desain terlihat kacau dan tidak teratur. Gunakanlah warna-warna yang harmonis dan sesuai dengan tema yang Anda gunakan. Selain itu, hindari juga menggunakan terlalu banyak font dalam desain Anda. Cukup gunakan 2-3 jenis font yang sesuai dengan tema dan gaya desain Anda.

Selain itu, pastikan juga bahwa desain yang Anda buat memiliki kualitas gambar yang baik. Hindari menggunakan gambar yang blur atau pecah karena hal tersebut akan memberikan kesan murahan pada desain Anda. Pilihlah gambar yang memiliki resolusi tinggi dan sesuai dengan tema desain Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa komposisi gambar dan teks dalam desain Anda seimbang dan teratur.

Dengan menerapkan tips desain agar tak terlihat murahan di atas, diharapkan desain Anda akan terlihat lebih profesional dan menarik perhatian. Ingatlah bahwa desain yang baik bukan hanya tentang keindahan visual, namun juga tentang kualitas dan kesesuaian dengan tema yang diinginkan. Terapkanlah tips ini dan jadilah desainer yang handal dan profesional.

Video tips desain agar tak terlihat murahan

Visit Video

Banyak orang yang ingin menciptakan desain yang menarik untuk berbagai keperluan, mulai dari desain spanduk hingga desain poster. Namun, seringkali mereka merasa kesulitan untuk membuat desain yang terlihat profesional dan tidak terkesan murahan. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips desain agar tak terlihat murahan.

  1. Gunakan warna yang tepat
  2. Warna adalah salah satu elemen penting dalam desain. Untuk menghindari kesan murahan, hindari penggunaan warna-warna cerah dan neon yang terlalu mencolok. Gunakan warna yang lebih soft dan elegan seperti abu-abu, putih, atau krem.

  3. Pilih font yang sesuai
  4. Pemilihan font yang tepat juga sangat penting dalam desain. Hindari penggunaan font yang terlalu banyak variasi dan sulit dibaca. Pilihlah font yang simpel dan mudah dibaca, seperti Arial dan Times New Roman.

  5. Jangan terlalu banyak menggunakan efek
  6. Terlalu banyak menggunakan efek seperti shadow, emboss, dan gradient dapat membuat desain terlihat berlebihan dan kurang profesional. Gunakan efek dengan bijak dan jangan terlalu banyak menggunakannya.

  7. Sesuaikan ukuran dan proporsi
  8. Ukuran dan proporsi elemen dalam desain harus disesuaikan agar tidak terlihat aneh dan tidak proporsional. Hindari penggunaan elemen yang terlalu besar atau terlalu kecil.

  9. Perhatikan tata letak
  10. Tata letak adalah susunan elemen dalam desain. Tata letak yang baik dapat membuat desain terlihat rapi dan profesional. Hindari penggunaan tata letak yang acak-acakan dan tidak teratur.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, diharapkan Anda dapat menciptakan desain yang menarik dan tidak terkesan murahan. Selamat mencoba!