Apa perbedaan antara desain produk dan desain industri?

Apa perbedaan antara desain produk dan desain industri?

Terima kasih atas permintaan jawabannya.

Saya bukan ahli di bidang ini (hanya suka mempelajari dan masih sedikit mempraktikkan), tapi saya coba menjelaskan menurut pandangan saya.

Desain berkaitan erat dengan tujuan. Misalnya desain produk kursi dengan tujuan meningkatkan kenyamanan dalam bekerja, dan kursi yang bertujuan membuat nyaman pengguna saat membaca buku.
Desain yang pertama memperhatikan elemen lain yang digunakan bersamaan dengan kursi, yaitu meja dan komputer, sehingga tinggi kursi, fitur pemanjangan kaki kursi menjadi hal yang krusial. Sedangkan kursi untuk membaca buku bisa saja tidak memerlukan kaki kursi dan memiliki desain yang lebih santai.

Melihat contoh di atas, desain produk dan desain industri juga memiliki tujuan yang berbeda.

Desain produk mempunyai tujuan untuk membuat pengguna nyaman dan mendapatkan manfaat dari menggunakan produk tersebut. Jadi aspek yang diperhatikan adalah bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk tersebut, apakah nyaman, mudah digunakan, memberikan solusi atas masalah pengguna, sehingga bisa memberi dampak positif secara emosi.

Desain industri berfokus pada bagaimana suatu produk bisa diproduksi secara masal.[1]

Mass-production is how a product can be made in high volume at a low cost through an heavily automated process.

Bisa dibilang desain industri lebih banyak melibatkan orang atau elemen, misalnya sumber daya dan bahan baku, pandangan masyarakat tentang produk untuk keperluan pemasaran dan penciptaan permintaan, prediksi masa depan untuk memperkirakan kemungkinan inovasi, dan sebagainya.
Desain industri menyentuh aspek yang sama dengan desain produk ditambah aspek yang lebih luas seperti bagaimana kegunaan produk akan dipasarkan, pembangunan citra produk, keberlangsungan produk (apakah produk akan bertahan lama di pasaran atau tidak). Namun desain industri ini tidak sedetail desain produk, di mana desain produk juga memperhatikan sisi psikologis dan lebih teknis.

Baca Juga  Apa rekomendasi merek laptop untuk kuliah desain interior dengan anggaran 15-20 jt dan apa spek minimalnya?

Sekian pendapat saya. Silakan dikoreksi apabila ada kesalahan 😀

Catatan Kaki