Breaking News

Indonesia merupakan negara yang terdiri atas pulau pulau besar ataupun pulau pulau kecil.hal ini sesuai dengan pernyataan UUD 1945 pasal

Indonesia merupakan negara yang terdiri atas pulau pulau besar ataupun pulau pulau kecil.hal ini sesuai dengan pernyataan UUD 1945 pasal​

Mapel PPKn, Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

pasal 25A UUD 1945

Penjelasan:

lebih lanjut menetapkan NKRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan Wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang

semoga membantu

tolong di follow jadikan jawaban terbaik di brainly ini ok

like tombol love terimakasih

Jawaban:

Pasal 25A UUD 1945, menetapkan: “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang- undang”

Pertanyaan Baru di PPKn


Pemilu merupakan salah satu wujud dari …​

PPKn, Sekolah Dasar

Jawaban:

Pemilu Umum

Penjelasan :

Pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan negara atau kepemimpinan daerah dalam periode tertentu.

**

semoga bermanfaat dan membantu

janlup like yya


27. Melaksanakan kewajiban harus disertai dengan sikap ….​

PPKn, Sekolah Dasar

Baca Juga  Tolong dijawab ya kak

Jawaban:

tanggung jawab

penjelasan :

Tanggung jawab merupakan kondisi wajib menanggung sesuatu. Dalam konteks hak dan kewajiban, sikap tanggung jawab diperlukan supaya manusia bisa menjalankan dan tidak meninggalkan kewajibannya. Alasan hak dan kewajiban harus dilaksanakan seimbang dengan tanggung jawab karena manusia sudah mempunyai porsi hak dan kewajibannya masing-masing.


Konsekuensi pembagian wilayah indonesia menurut unclos 1982​

PPKn, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Isi Konvensi PBB 1982

Agar lebih jelas, mari kita simak beberapa poin penting dalam UNCLOS 1982:

Negara pesisir (negara yang memiliki pantai) menjalankan dan menetapkan kedaulatan laut teritorialnya tidak boleh melebihi lebar 12 mil.

Kapal laut dan pesawat udara diperbolehkan melintas di selat yang digunakan untuk navigasi internasional.

Negara kepulauan memiliki kedaulatan sendiri atas wilayah laut, ditentukan oleh garis lurus yang ditarik di titik terluar pulau. Negara dapat menentukan jalur laut dan rute udara yang bisa dilintasi oleh negara asing.

Negara yang memiliki perbatasan langsung dengan laut, bisa menetapkan ZEE atau Zona Ekonomi Eksklusif sejauh 200 mil.

Negara asing memiliki kebebasan navigasi dan penerbangan di wilayah ZEE, termasuk pemasangan kabel dan pipa bawah laut.

Negara yang tidak memiliki pantai, mendapat hak untuk mengakses laut dan melakukan transit melalui negara transit.

Seluruh negara harus turut serta dalam mencegah dan mengendalikan pencemaran laut, termasuk bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh pelanggaran negara terhadap konvensi.

Penelitian ilmiah di kelautan ZEE dan landas kontinen haruslah tunduk pada negara pesisir. Jika penelitian ini dilakukan untuk tujuan perdamaian atau lainnya, maka harus meminta persetujuan dari negara lainnya yang tergabung dalam UNCLOS 1982.

Baca Juga  Suku suku bangsa yang tersebar di indonesia merupakan warisan tema mozaik

Permasalahan yang ada hendaknya diselesaikan dengan cara damai.

Untuk sengketa bisa diajukan ke pengadilan internasional atau ke pihak lainnya yang terkait dengan konvensi ini.

Penjelasan:

Konvensi PBB 1982 telah ditandatangani oleh lebih dari 100 negara peserta. Konvensi PBB 1982 dikenal sebagai United Nation Convention of Law of the Sea atau UNCLOS 1982.

Sesuai dengan namanya, UNCLOS 1982 membahas perihal hukum kelautan termasuk aturan di dalamnya. Konvensi ini ditandatangani pada 10 Desember 1982 di Montego Bay, Jamaika.

Dilansir dari United Nations, konvensi hukum laut ini mulai berlaku pada 16 November 1994. Pemberlakukan konvensi ini berarti seluruh negara peserta harus tunduk pada peraturannya, termasuk Indonesia.

Secara garis besar, konvensi ini terdiri atas 320 pasal dengan sembilan lampiran. Isinya berupa penetapan batas kelautan, pengendalian lingkungan, penelitian ilmiah terkait kelautan, kegiatan ekonomi dan komersial, transfer teknologi, serta penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan masalah kelautan.


Kehidupan sosial dan keberagaman kebudayaan yang dimiliki bangsa indonesia tentu menjadi kekayaan bangsa indonesia maka kita harus bersemangat untuk…

PPKn, Sekolah Dasar

Jawaban :

untuk menjaga dan melestarikan kekayaan bangsa Indonesia.

*semoga membantu


Nama yang melekat pada diri seseorang dan menjadi penanda untuk panggilan maupun
sapaan di sebut dengan
a. nama kecil
c. nama baik
b. nama besar
d nama diri

PPKn, Sekolah Dasar

Jawaban:

a. nama diri

**

maaf jika salah