Latar sejarah kelahiran Pancasila masa kerajaan nusantara? bantu jawab ya

Latar sejarah kelahiran Pancasila masa kerajaan nusantara?
bantu jawab ya​

Mapel PPKn, Jenjang Sekolah Menengah AtasAda dua buku yang terkenal di zaman Kerajaan Majapahit, kedua buku itu adalah Negarakertagama dan Sutasoma.
Buku Negarakertagama dibuat oleh Mpu Prapanca, sedangkan buku Sutasoma ditulis oleh Mpu Tantular. Mereka berdua hidup di masa Kerajaan Majapahit.

Pancasila yang saat ini menjadi dasar negara Indonesia ternyata berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya lima batu karang atau lima prinsip moral.
Pancasila juga ada di dalam buku Nagarakertagama dan buku Sutasoma. Jadi, Pancasila sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Pertanyaan Baru di PPKn


. sebutkan tujuan hukum agraria nasional. ada 3 yaitu sebutkan :

PPKn, Sekolah Menengah Pertama

Tujuan hukum agraria nasional sejalan dengan tujuan dari UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai dasar hukum pembentukan UUPA, yakni “melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Untuk mencapai tujuan negara sebagaimana yang dimaksudkan di atas, maka dalam bidang keagrariaan perlu mengadakan:

1. Kesatuan hukum agraria yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Menyederhanakan hukum agraria, dan menghilangkan sifat dualisme.

3. Memberikan jaminan kepastian hukum dari apa yang menjadi hak seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga  Masuknya negara Indonesia menjadi anggota PBB adalah untuk ….*


Jelaskan perbedaan konsep demokrasi pancasila dengan demokrasi liberal terkait dengan sila pertama Pancasila, dan kemukakan contohnya.

PPKn, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

Demokrasi Liberal: Kepentingan serta hak warga negara lebih diutamakan dibanding kepentingan negara. Demokrasi Pancasila: Dalam menjalankan kegiatan ketatanegaraan harus berlandaskan pada UUD 1945 dan Pancasila.


Berapa banyak provinsi dan kota administratif yang dimiliki indonesia

PPKn, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

Jumlah kabupaten di Indonesia ada 416 dan 98 kota. Ditotal ada 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Berikut daftar kabupaten yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki 34 provinsi yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga Papua.


Apakah pemisahan kekuasaan saat ini masih relevan untuk digunakan

PPKn, Sekolah Menengah Atas

Jawaban:

Indonesia menganut sistem pembagian kekuasaan, karena Indonesia merupakan negara yang kedaulatan tertingginya berada pada rakyat. Sehingga, segala jenis penjalanan pemerintahan— baik dari sistem legislatif, eksekutif, dan yudikatif harus sesuai dengan keinginan rakyat


Jelaskan teorinya Jeremy Bentham terkait dengan kemanfaatan/utilitiarisme.

PPKn, Sekolah Menengah Pertama

Jawaban:

Teori utilitarianisme yang digagas oleh Jeremy Bentham (juga John Stuart Mill dan Rudolf von Jhering) adalah bentuk reaksi terhadap konsepsi hukum alam pada abad ke delapan belas dan sembilan belas. Bentham mengecam konsepsi hukum alam, karena menganggap bahwa hukum alam tidak kabur dan tidak tetap